Sejarah, Fungsi, dan Arti pada Windows

7 Apr 2022 19:00 1337 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Microsoft windows atau yang kita kenal dengan sebutan windows adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Microsoft windows atau yang kita kenal dengan sebutan windows adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbassis modus teks an command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalakan pada 10 Noveber tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan diatas MS-DOS, sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS.

Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0 Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai program windows (jendela program). Windows versi 2 adalah versi windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah microsoft word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi windows yang bisa mengoptimalisai penggunaannya pada prosesor 32-bit. Windows versi 3.11 adalah versi windows terakhir sebelum era start menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukunh networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus dinstalasi melalui DOS terlebih dahulu, aplikasinya pun berbeda. Ada beberapa fungsi Windows diantara berikut:

  1. Menhubungkan antara aplikasi dan perangkat keras, sehingga dapat terintegrasi bekerja scara konsisten dan stabil.
  2. Mengendalikan dan mengelola sumber daya yang sedang dijalankan, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer
  3. Mengelola proses yang terdiri dari persiapan, penjadwalan, serta pemantauan program yang sedang dijalankan.
  4. Mengelola data input dan output serta mengendalikannya.

Setelah Windows 3.1, Windows mengeluarkan yang terbaru yaitu Windows 95. Windows 95 diperkenalkannya tombol start dan Menu start, yang sampai saat ini masih ada dan terletak dipojok kiri bawah layar. Windows 95 juga memperkenalkan sistem 32-bit, yang dapat melakukan multi tasking.

Tidak hanya itu, windows 95 juga dibekali dengan taskbar sehingga akan mempermudah pengguna dalam mengoperasikan OS ini. MS-DOS masih memiliki peran penting bagi Windows 95, yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai program. Internet Explorer mulai dikenalkan pada versi windows ini.

Windows 98 diluncurkan pada tahun 1998, Windows versi ii sudah dilengkapi dengan Internet Explorer 4, Outlook Express, Windows Addres Book, Microsoft Chat, dan NetShow Player NetShow Player kemudian digantikan dengan Windows Media Player pada Windows 98 edisi ke-2 pada tahun 1999. Pengguna USB mulai berkembang pesat pada Windows 98, termasuk USB hubs dan USB mice. Salah satu perubahan besar yang juga terjadi pada Windows 98 adalah adanya Windows Driver Model untuk komponen komputer dan accesories, yaitu sebuah drivr yang mendukung semua versi Windows di mada setelahnya. Windows 2000, dapat dikatakan sebagai kembaran Windows ME, karena lahir pada tahun yang sama. Windows 2000 selanjutnya dikembangkan menjadi Windows XP. Pada Windows 2000, hal yang paling menonjol adalah mulai diperkenalkan sistem hibernation yang terletak bersamaan dengan shutdown, restart, dan stand by. Windows XP merupakan salah satu versi Windows yang paling banyak disukai oleh pengguna. Berdasarkan Windows 2000 dan juga elemen yang ramah pengguna dari Windows ME, pada Winows XP, menu Start berwarna hijau dan taksbar memiliki tampilan visual yang sangat baik. Pada windows XPm diperkenalkanlah ClearType, sebuah program yang didesain untuk memudahkan sebuah teks dibaca pada layar, juga beberapa inovasi lainnya seperti CD burning, dan fitur autoplay dari sebuah CD

Tags

About The Author

Berlian Ramadhan 16
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel