Apa itu WordPress?

21 Jun 2022 17:00 601 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mengenal Apa Itu WordPress

Semakin hari semakin ramai situs-situs baru yang bermunculan. Banyak cara untuk membuat situs di internet tanpa perlu ngoding. Salah satu caranya yaitu mengunakan WordPress.

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang paling sering digunakan daripada CMS lainnya. Meskipun begitu masih banyak yang belum mengetahui tentang WordPress ini. Tanpa berlama-lama langsung saja ke pembahasannya.

 

Apa itu WordPress

WordPress adalah salah satu aplikasi CMS atau Content Mangement System yang berfungsi sebagai platform pembuatan website. CMS ini merupakan software open source yang diminati banyak orang untuk membuat website karena kemudahan dalam penggunaanya.

Dengan menggunakan WordPress anda dapat membangun sebuah website pribadi, perusahaan, situs blog, sampai ecommerce hanya dalam beberapa menit.

Karena WordPress bersifat open source anda dapat memodifikasi WordPress sesuai dengan kebutuhan, misalnya membuat fitur tambahan untuk memudahkan pembuatan website.

Oleh karena itu, bisa dikatakan WordPress merupakan salah satu CMS paling populer diantara yang lainnya.

 

Kelebihan WordPress

1. Gratis

Berbeda dengan  CMS lainnya, WordPress merupakan platform website yang gratis sehinga sangat cocok bagi anda yang ingin membuat website tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Walapun gratis, kualitas WordPress tetap saja tidak bisa diragukan karena dikembangkan oleh banyak pengembang.

2. Fleksibel

CMS ini bisa dibilang lebih fleksibel karena anda dapat membuat website di WordPress untuk berbagai kepentingan, seperti web pribadi, toko,  blog, toko online, dan lain-lain.

Sisanya, anda hanya perlu menyesuaikan fitur-fitur yang tersedia sesuai kebutuhan anda.

3. Mudah Digunakan

WordPress merupakan salah satu CMS yang tampilannya mudah dipahami. Pengguna dapat mengelola website seperti mengedit atau menambahkan konten tanpa perlu memahami bahasa pemrograman. Karena pengelolaan dapat dilakukan dengan fitur drag-and-drop.

Hal ini membuat WordPress dapat digunakan di berbagai kalangan, mulai dari pemula hingga bahkan orang yang sudah mahir bahasa pemrograman sekalipun.

4. Tersedia banyak tutorial

WordPress memiliki komunitas yang besar. Dengan adanya komunitas yang besar itu berarti anda dapat menemukan banyak sekali tutorial membuat website menggunakan WordPress atau jika menemukan kendala.

5. SEO friendly (Search Engine Optimization)

Dengan mengoptimasi aspek SEO, website anda dapat muncul di halaman pertama pencarian Google sehingga akan lebih banyak pengunjung. WordPress merupakan platform CMS yang dikenal ramah bagi SEO.

WordPress menyediakan plugin SEO gratis, sehingga anda dapat memanfaatkan plugin ini sebaik mungkin untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

 

Contoh Website yang Menggunakan WordPress

  1. BBC America
  2. Sony Music
  3. The Walt Disney Company
  4. Usain Bolt

 

Itulah tadi penjelasan mengenai WordPress. Setelah mengetahui pengertian, kelebihan, dan website apa saja yang memakai WordPress, Dapat disimpulkan bahwa WordPress tidak hanya bagi anda yang masih pemula saja, namun digunakan juga pada perusahaan-perusahaan besar.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel