12 Fungsi Tombol Windows pada Keyword

28 Jun 2022 15:15 647 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fungsi tombol windows pada keyword

Walau sering melihatnya, masih banyak yang belum mengetahui fungsi-fungsi tombol windows pada keyword.  Padahal tombol windows ini mempunyai banyak manfaat loh. Tombol windows berada di bawah kiri diantara tombol alt dan fn.

Apa saja manfaat dari tombol windows ini? Berikut beberapa fungsi dan shortcut tombol windows.

 

1. Membuka dan Menutup Start Menu (Windows)

Jika anda menekan tombol windows maka akan membuka Start Menu. Dan jika anda menekannya sekali lagi maka akan menutup Start Menu.

2 Membuka Menu Action Center atau Notifikasi (Windows + A)

Icon notifikasi biasanya berada di pojok kanan bawah yang berisi notifikasi atau aksi-aksi yang dapat dilakukan seperti mode pesawat, bluetooth, internet, dan lain-lain. Anda dapat menekan kombinasi Windows + A untuk membukanya.

3. Membuka Cortana di Windows 10 (Windows + C)

Jika anda menggunakan windows 10 anda dapat membuka cortana menggunakan kombinasi Windows + C. Sedangkan bagi pengguna windows dibawahnya maka akan keluar Charm Bar.

4. Membuka Halaman Dekstop (Windows + D)

Dengan menekan Windows + D maka secara otomatis jendela yang aktif akan diminimize sehingga yang terlihat hanya tampilan dekstop. Jika anda menekan Windows + D sekali lagi maka akan kembali membuka jendela yang terkahir dibuka.

5. Membuka File Explorer (Windows + E)

Anda pastinya akan sering menggunakan file explorer untuk mengelola data dan file. Daripada anda harus mengarahkan kursor ke ikon file explorer lalu mengkliknya, anda dapat menggunakan shortcut Windows + E, maka file explorer akan secara otomatis terbuka.

6. Membuka Menu Feedback Hub (Windows + F)

Feedback hub berfungsi untuk mengirim umpan balik microsoft jika mengalami suatu kendala. Untuk membua feedback hub anda dapat menekan shotcut Windows + F.

7. Membuka Menu Game Bar (Windows + G)

Game Bar merupakan software bawaan windows 10 yang memungkinkan anda untuk mengambil tangkapan layar, merekam, serta menyiarkan video game secara langsung.

Anda dapat membuka game bar dengan menekan kombinasi Windows + G.

8. Membuka Settings (Windows + I)

Anda juga dapat menggunakan tombol windows untuk membuka windows settings, yaitu dengan menekan kombinasi Windows + I.

Sayangnya windows settings hanya terdapat di windows 8 keatas saja. Jadi jika anda menggunakan windows 7 atau kebawahnya maka shortcut ini tidak akan berjalan.

9. Mode Sleep (Windows + L)

Anda juga dapat mengaktifkan mode sleep dengan menggunakan tombol windows juga loh. Yaitu dengan menekan kombinasi Windows + L.

10. Minimize Semua Jendela (Windows + M)

Jika anda menekan Windows + M maka semua jendela yang sedang terbuka akan otomatis diminimize 

11. Membuka Kotak Dialog Run (Windows + R)

Kotak dialog digunakan untuk memanggil atau menjalankan program-program bawaan yang ada pada sistem operasi windows dan juga program lain yang sudah terinstall.

Anda dapat membuka kotak dialog dengan menekan kombinasi Windows + R.

12. Membuka Windows Search (Windows + S)

Ketika ingin mencari program atau aplikasi dengan cepat anda dapat menggunakan Windows Search. Windows Search dapat dibuka dengan mengklik icon kaca pembesar di taskbar, atau dapat juga menggunakan kombinasi Windows + S untuk menjalankannya.

 

Itulah beberapa fungsi tombol windows.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel