Tips Mencegah Berprasangka Buruk Kepada Orang Lain

29 Jun 2022 10:27 1356 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Untuk Mencegah Anda Berprasangka Buruk Kepada Orang Lain

Bagi manusia, sangat mudah untuk memberikan penilaian tertentu kepada orang lain, apakah itu baik atau buruk tentang sebuah sikap atau perilaku tetap akan menjadi pembicaraan di masa mendatang bahkan tidak jarang sebagian dari anda mempunyai pikiran buruk terhadap orang lain karena danya banyak faktor meskipun anda belum mengenal secara dekat kondisi di sekitar orang tersebut pun anda tidak mengenal secara akrab orang bersangkutan. Tentu saja akan selalu ada celah-celah bagi masing-masing manusia untuk dibahas lalu membuatnya bisa dinilai apakah buruk atau baik oleh orang lain, termasuk diri sendiri juga mungkin bisa dengan mudah memiliki pikiran dan kadang-kadang menilai buruk tentang orang lain. Walaupun pada hakikatnya manusia merupakan tempat semua kesalahan kemungkinan muncul, namun berikut di bawah ini ada cara-cara yang bisa dilakukan guna mencegah anda berpikir buruk.

1/ Selalu lihat diri sendiri

Sebelum anda memiliki pikiran buruk terhadap orang lain maka sebaiknya lihat terlebih dahulu diri anda sendiri. Jangan sampai menilai orang habis-habisan tetapi anda sendiri tidak melihat bagaimana kondisi diri anda saat ini. Masing-masing manusia mempunyai sisi baik dan buruk dimana anda juga sebagai manusia sudah pasti pernah berbuat salah, nah apakah anda pernah meminta maaf secara tulus lalu berniat memperbaikinya, apakah anda layak dibenci atau dimaafkan. Karena bagaimanapun manusia tidak ada yang sempurna, jangan karena satu kesalahan kecil menyebabkan anda menilai orang tersebut sebagai orang paling buruk di dunia bahkan sampai anda menjelek-jelekkannya ke orang lain. Mulai sekarang berkaca sebelum menilai orang lain apalagi sampai menyebarkan keburukan tentang orang lain.

2/ Lakukan hal yang bisa mengalihkan perhatian

Cara mencegah berpikir buruk tentang orang lain selanjutnya adalah lakukan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian, ada banyak hal yang dapat bdilakukan agar tidak mudah membicarakan dan menilai buruk sikap maupun perkataan orang lain. Salah satunya adalah mencari kegiatan yang positif, bekerja atau belajarlah dengan giat dan sungguh-sungguh dimana dengan melakukan aktivitas positif ini diharapkan membuat diri anda lupa dengan perbuatan buruk orang lain. Selanjutnya yakinkan diri sendiri kalau berpikir buruk tentang orang lain tidak akan menguntungkan diri anda sendiri. Nah darpada pusing-pusing berpikir tentang keburukan orang lain akan menjadi lebih baik melakukan kegiatan seru lainnya yang bermanfaat.

3/ Hindari membicarakan orang lain

Cara ketiga adalah hindari membicarakan hidup seseorang. Meskipun ini dilakukan tidak dengan niat untuk menilai buruk setiap perilakunya, namun dengan pembicaraan yang kurang terkendali dan tanpa batas bisa saja memandu hati dan pikiran anda untuk memiliki pikiran buruk atas orang bersangkutan. Lagipula membicarakan orang lain adalah hal yang sangat membuang-buang waktu saja, sebaiknya segera hindari, kalaupun ada orang lain yang membicarakan orang lain juga sebaiknya anda menjadi pendengar saja dan jangan mudah untuk terpancing untuk ikut-ikutan membicarakan keburukan atau hal-hal yang sifatnya pribadi dari orang tersebut.

4/ Janganlah berekspektasi tinggi tentang orang lain

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan agar tidak mudah berprasangka buruk kepada orang lain adalah jangan berekspektasi tinggi tentang orang lain, dimana diketahui bahwa masing-masing manusia tentunya mempunyai banyak kekurangan dan kelebihan tersendiri, bisa saja sekali waktu melakukan kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki kembali, tidak ada yang pasti dari setiap perilaku manusia, semua bisa mengubah penilaian orang-orang di sekitarnya. Nah agar tidak mudah menilai buruk orang lain, ada baiknya tidak menaruh harapan atau ekspektasi yang tinggi pada seseorang. Pahami kalau siapapun bisa melakukan Hal yang pertama harus kamu lakukan yaitu jangan berekspektasi tinggi tentang orang lain, setiap manusia tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Bisa melakukan kesalahan dan dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik, jadi ketika anda berekspektasi tentang orang lain dan ternyata tidak sesuai dengan harapan anda, jangan merasa kesal dan langsung berpikiran buruk tentang orang tersebut, seharusnya dari awal anda sudah tahu kalau anda sebaiknya tidak berekspektasi tinggi.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel