Mengenal Ragam Jenis Pohon Beringin Khas Indonesia

9 Aug 2022 16:30 513 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Ragam Jenis Pohon Beringin Khas Indonesia

Di Indonesia terutama di daerah pedesaan, sebagian orang beranggapan bahwa pohon beringin adalah salah satu jenis pohon angker. Ini mungkin muncul karena penampakannya yang sangat rimbun, akar pohon yang panjang dan bergantungan serta bisa tumbuh sangat tinggi dan besar. Beringin merupakan jenis pohon peneduh yang mempunyai banyak manfaat seperti membantu menjaga kualitas udara di sekitarnya tetap bersih.

Pohon beringin merupakan kerabat satu genus dengan pohon ara atau pohon tin. Secara umum pohon beringin mampu tumbuh sangat besar dengan dilengkapi daun elips berwarna hijau terang yang rimbun dan berkelompok. Pohon ini mempunyai akar gantung yang menjuntai dari ketinggian dahan ke bawah terlihan unik tetapi klasik.

Pohon beringin mempunyai beberapa varian atau jenis dengan menonjolkan karakteristik yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis pohon beringin yang biasa ditemukan di Indonesia.

 

1/ Beringin Putih / Ficus Benjamin Variegata

Pohon beringin putih secara umum mempunyai karakteristik tidak jauh berbeda dengan pohon beringin pada umumnya namun pohon yang satu ini mengeluarkan daun pohon yang berwarna putih terang sehingga terlihat unik dan sangat cantik sebagai tanaman peneduh di halaman. Bila anda menanamnya secara langsung di tanah maka pohon beringin putih memiliki kemampuan bisa tumbuh mencapai ketinggian sekitar 30 meter namun jika ditanam di dalam pot yang besar maka hanya memiliki kemampuan tumbuh maksimal sebesar 3 meter saja.

 

2/ Beringin Preh / Ficus Retusa

Pohon bringin preh mempunyai daun yang tumbuh menyerupai semak tetapi tertata apik dengan warna daun tampil lebih hijau daripada jenis beringin yang lainnya. Beringin preh mempunyai kulit batang yang berwarna keabu-abuan disertai dengan bintik-bintik lentisel horizontal. Pada waktu musim hujan, pohon beringin preh biasanya akan mengeluarkan akar gantung lebih banyak yang berfungsi untuk membantu dalam menyerap uap air dan gas di sekitarnya. Pohon ini bisa tumbuh dengan subur hingga mencapai ketinggian sekitar 10 meter dengan perawatan yang telaten.

 

3/ Beringin Teluk Moreton / Ficus Macrophylla

Beringin teluk moreton dikenal juga dengan nama populer yaitu beringin Australia. Pohon beringin ini mempunyai akar gantung mudah melengkung yang menyembul di atas tanah. Daun pohon beringin ini berukuran 12 inchi dengan permukaan daun yang agak kasar ketika diraba. Batang pohon sangat kokoh dengan warna kulit batang abu-abu tua.

 

4/ Pohon Beringin Pencekik Florida / Ficus Aurea

Jenis pohon beringin yang keempat adalah beringin pencekik florida yang seringkali disebut dengan nama populer yaitu pohon ara emas. Pohon ini memiliki kebiasaan tumbuh hingga ketinggian 30 meter yang mengeluarkan bentuk daun dengan ukuran panjang kurang dari 10 cm. Namun pada bagian pangkal batang mengeluarkan daun yang berukuran lebih besar. Pohon ini menghasilkan getah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan lem. Bila masih muda, beringin ini mudah dibuat dan dibentuk menjadi bonsai beringin.

 

5/ Beringin Karet / Ficus Elastica

Pohon beringin karet termasuk ke dalam kelompok beringin yang memiliki kemampuan tumbuh mencapai ketinggian sekitar 25 hingga 30 meter. Karet kebo mempunyai akar gantung yang menjuntai ke tanah terlihat eksotik dan sangat unik dari kejauhan untuk membantu dalam pernafasan, dimana akar gantung ini juga berfungsi untuk menopang berat dari batang beringin karet kebo. Ketika masih muda, daun beringin ini akan tumbuh dalam selaput yang berbentuk kerucut dengan menonjolkan warna merah muda berukuran lebih dari 35 cm dan lebar 15 cm. Setelah dewasa daun karet kebo akan mengecil hingga mencapai panjang sekitar 10 hingga 15 cm dengan lebar sekitar 5 sampai dengan 7 cm saja.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel