Catatan Sejarah tentang Thales

18 Jul 2022 15:35 953 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Catatan Sejarah Tentang Thales

Kehidupan masa sekarang bisa terasa lebih indah dan saling terisi oleh peristiwa masa lalu melalui catatan sejarah. Tentu saja ini tak luput dari kehadirang orang-orang yang berkecimpung di dalam sejarah itu sendiri. Thales adalah salah satu diantaranya. Thales menjadi sosok yang hadir menghiasi ruang-ruang sejarah dimana kehadirannya menjadi sosok yang dikenal menggeluti beberapa bidang ilmu pengetahuan. Sejarah dan sosok Thales bagai dua hal saling berhubungan yang tidak dapat dipisahkan. Nama Thales sangat populer di wilayah Miletus yaitu pada periode sebelum masehi adalah sekitar tahun 624. Kelahiran Thales di dunia ini merupakan sebuah anugerah bagi eksistensi sejarah.

Thales Dan Masa Remaja Hingga Dewasa

Apabila sudah membicarakan tentang topik mengenai sejarah, nama Thales tidak luput dari sorotan. Sebagai seseorang dengan nama dikenal di mata sejarah, Thales merupakan pribadi yang suka melakukan kegiatan perjalanan. Meskipun mempunyai kampung halaman di daerah Miletus, dirinya tak lantas hanya berdiam diri saja di wilayah tersebut, dimana diketahui bahwa wilayah kampung halaman Thales merupakan sebuah titik bagi kegiatan perdagangan pada periode itu. Melihat kondisi tersebut, Thales pun ikut usaha dagang dari satu wilayah ke wilayah yang lainnya. Masa remaja hingga masa dewasa seorang Thales banyak dihabiskan dengan melakukan aktivitas berdagang dan perjalanan. Selama itu, Thales tak hanya membuang waktunya untuk mencari dan menjual bahan-bahan dagangan tetapi waktunya diselipkan untuk memperluas wawasan.

Di waktu luang, Thales suka belajar ilmu hitung-menghitung serta ilmu mengenai langit dan bintang menjadi isi pikiran Thales. Dari sinilah Thales tertarik lebih dalam menekuni ilmu pengetahuan. Kehidupan usia pertengahan dari Thales banyak diisi dengan belajar dan mempelajari ilmu pengetahuan yang tidak sebatas ilmu hitung dan perbintangan saja, selanjutnya Thales tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang sangat menguasai berbagai bidang ilmu di dalam dirinya. Sehingga tak mengherankan apabila nama Thales termasuk ke dalam deretan sejarah di mata dunia.

Thales, Prestasi Dan Penemuannya

Thales adalah sosok penting dalam catatan sejarah. Namanya selalu dikaitkan dengan catatan sejarah dunia sebagaimana prestasi dan perannya dalam bidang ilmu pengetahuan. Hidup dengan latarbelakang dunia dagang menyebabkan Thales memulai melangkahkan kakinya untuk keluar wilayah tanah kelahirannya. Berawal dari menjadi seorang saudagar membuat dirinya tergerak untuk melakukan aktivitas perjalanan jarak jauh. Perjalanannya sambil menjadi seorang saudagar sangatlah berwarna dan tidak membosankan. Isi kepala Thales bagai kehabisan dahaga dimana selama melakukan perjalanan, dirinya sudah membiasakan berpikir dan berperilaku ke arah ilmu pengetahuan diantaranya adalah ilmu matematika dan ilmu langit dan bintang. Prestasi Thales di bidang matematika terfokus pada bidang geometri.

Pola pikir Thales tentang ilmu hitung ini diaplikasikan untuk menjelaskan tentang tinggi piramida , kala itu. Di bidang ilmu langit dan bintang, Thales mencatat prestasi melalui perkiraan hadirnya gerhana bulan pada periode itu. Sebagai seorang ahli dalam bidang ilmu pengetahuan, Thales mulai memperluas wawasan serta ilmunya melalui sekolah yang ia dirikan. Eksistensi seorang Thales sangat membawa pengaruh baik dalam catatan sejarah yaitu yang berhubungan dengan bidang ilmu pengetahaun. Meskipun sepanjang hidupnya dipenuhi dengan wawasan lantas tak membuat diri Thales menjadi sombong dan mau membagikan pemikiran-pemikirannya tersebut kepada masyarakat dunia.

Thales menjadi salah satu nama dalam deretan orang-orang yang sukses melakukan aktivitas untuk sejarah. Kehadirannya mempunyai fakta-fakta menarik. Berikut fakta tentang Thales.

1/ Thales menjadi sosok dengan gelar ‘Bapak Filsafat’ karena isi pikirannya mengenai gambaran dunia dan hal-hal di dalamnya hadir berdasarkan aka sehat manusia.

2/ Thales adalah seorang ahli di berbagai bidang. Eksistensi dirinya pernah menorehkan prestasi di bidang matematika dan juga ilmu perbintangan. Meskipun kedua bidang ini sangat dikuasainya, ilmu filsafat menjadi wadah terbesar bagi namanya di dunia.

3/ Thales hadir menghiasi sela-sela ruang sejarah di muka bumi ini. Pemikiran-pemikirannya mengenai dunia sifatnya sangatlah kompleks. Sebagai seorang filsuf, isi pikirannya mengenai dunia meliputi air dan jiwa. Bagi Thales, air menjadi landasan pokok bagi masing-masing sesuatu di dunia ini. Sedangkan jiwa, menurut pendapat dan pikirannya adalah benda mati yang mempunyai jiwa mereka sendiri layaknya benda hidup.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel