Apa Khasiat Kesehatan dari Tokoferol untuk Tubuh?

15 Jul 2022 09:51 1816 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apa Khasiat Kesehatan Dari Tokoferol Untuk Tubuh ?

Pernahkah anda mendengar tentang tokoferol ? Tokoferol atau populer dengan nama vitamin E merupakan salah satu grup vitamin yang mudah larut dalam lemak. Tokoferol sering dihubung-hubungkan dengan vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Dimana diketahui bahwa tokoferol mempunyai bentuk khusus yang terdiri dari 8 bentuk yang umumnya masing-masing bekerja secara kolektif dan disatukan dengan nama vitamin E. Diantara 8 bentuk tokoferol yang dikenal, adalah alpha tokoferol yang merupakan salah satu bentuk vitamin E yang paling aktif bekerja di dalam tubuh. Vitamin E merupakan salah satu vitamin esensial bagi tubuh yang pertama kali ditemukan pada tahun 1922 melalui percobaan penelitian kesehatan yang diaplikasikan pada beberapa ekor tikus. Nah untuk mencukupi kebutuhan harian akan vitamin E, anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin E dalam jumlah yang seimbang diantaranya adalah makanan sumber vitamin E yang berminyak seperti minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, minyak zaitun, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau.

Manfaat Dari Tokoferol Untuk Kesehatan Tubuh

Tokoferol atau vitamin E banyak dihubung-hubungkan dengan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit seperti yang kami jelaskan tersebut di atas. Namun selain itu terdapat beberapa manfaat penting tokoferol yang berguna untuk kesehatan tubuh secara umum, silahkan menyimak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Bermanfaat sebagai zat pelindung

Manfaat yang pertama adalah sebagai zat pelindung sel-sel darah merah dari kerusakan, mengingat betapa pentingnya peranan sel darah merah guna mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Juga dalam hal ini tokoferol berguna untuk membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan karena penggunaan obat, bahan-bahan kimia, maupun logam pembentuk radikal bebas serta melindungi tubuh dari kelebihan vitamin A dan kerusakan yang diakibatkan.

2/ Bisa membantu mencegah kanker kulit

Manfaat yang kedua adalah untuk membantu mencegah kanker kulit. Adanya fungsi tokoferol sebagai antioksidan berguna bagi tubuh untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang bisa menyebabkan munculnya kanker kulit.

3/ Bia membantu mempercepat proses regenerasi

Manfaat yang ketiga adalah bisa untuk membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel tubuh yang sedang mengalami kerusakan. Asupan tokoferol dalam porsi seimbang dalam tubuh dapat membantu mempercepat serangkaian proses penggantian sel-sel tubuh yang rusak dengan sel-sel tubuh yang baru dan masih berusia muda.

4/ Membantu merangsang pertumbuhan rambut

Rambut rontok adalah sebuah masalah yang kerap dihadapi oleh banyak orang dan bisa mengganggu penampilan. Bagi anda yang mengalami kondisi buruk ini maka sebaiknya anda mencoba mengatasinya dengan mencukupi asupan tokoferol harian anda. Hal ini dikarenakan tokoferol dipercaya ampuh membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan cara menutrisi kulit kepala.

5/ membantu mengatasi stretch marks

Kondisi stretch marks bukanlah luka yang bisa menimbulkan rasa sakit namun bagi sebagian orang yang memiliki kondisi kulit sangat sensitive maka kemunculan stretch marks dapat saja mengganggu keindahan penampilan. Untuk mengatasinya maka ada baiknya anda mencoba meningkatkan asupan tokoferol pada tubuh karena selain bisa menutrisi kulit, tokoferol dipercaya ampuh membantu mengatasi masalah stretch marks yang terjadi pada kebanyakan wanita.

6/ Bisa untuk membantu mengurangi efek kram perut saat sedang datang bulan

Bagi beberapa wanita datangnya masa menstruasi kerap dibarengi dengan munculnya kram perut sebagai akibat adanya peluruhan sel-sel endometrium. Untuk mengatasi hal tersebut maka ada baiknya bagi anda untuk mencukupi kebutuhan tokoferol karena tokoferol dalam hal ini bisa berguna untuk membantu menyuplai darah dan oksigen ke rahim agar rasa nyeri berkurang.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel