Manfaat Subtitle dan Cara Mengaktifkan Subtitle di YouTube

16 Jun 2022 12:50 3188 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Subtitle merupakan bentuk teks yang biasanya berada di bawah video YouTube atau film. Teks tersebut berisi transkripsi dari suara atau percakapan yang sedang terjadi di dalam video.

Siapa yang tidak kenal YouTube? YouTube merupakan situs atau platform berbagi video paling terkenal saat ini. Melalui YouTube, kita bisa mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Saat ini, ada banyak sekali video yang sudah diunggah di YouTube. Kita bisa menonton berbagai jenis video secara gratis di YouTube, mulai dari video tutorial, podcast, vlog, hingga film. Menariknya lagi, di dalam YouTube tersedia fitur subtitle yang dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan. Penasaran apa itu subtitle dan bagaimana cara mengaktifkan subtitle di YouTube? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Subtitle?

Subtitle merupakan bentuk teks yang biasanya berada di bawah video Youtube atau film. Teks tersebut berisi transkripsi dari suara atau percakapan yang sedang terjadi di dalam video. Subtitle juga bisa berupa teks terjemahan dialog di dalam video dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Jadi, subtitle bisa berupa teks transkripsi dengan bahasa yang sama persis dengan percakapan yang ada di dalam video, bisa juga berupa teks terjemahannya.

Manfaat Subtitle dan Cara Mengaktifkannya di YouTube

Manfaat Subtitle

Apa saja fungsi subtitle di YouTube? Ada banyak alasan mengapa subtitle penting untuk dimasukkan di dalam video YouTube. Salah satu alasannya adalah memudahkan audiens untuk memahami isi video.

Dengan adanya subtitle yang berupa teks terjemahan dialog, semua percakapan atau narasi yang diucapkan dari video akan lebih mudah dipahami. Apalagi jika percakapan yang ada di video itu merupakan bahasa asing yang tidak dimengerti oleh audiens. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa YouTube merupakan platform berbagi video paling terkenal. Banyak audiens dari berbagai negara dan bahasa yang mengunggah dan menonton video di YouTube. Jadi dengan adanya subtitle, akan membantu audiens asing yang tidak paham dengan isi videonya.

Subtitle juga bisa membantu para penyandang disabilitas tunarungu untuk memahami percakapan atau narasi di dalam video YouTube. Dengan adanya transkripsi suara di dalam video, akan membantu mereka merasakan suasana yang dihasilkan dari suara-suara audio sama persis dengan apa yang dirasakan orang-orang yang memiliki pendengaran normal.

Cara Mengaktifkan Subtitle di YouTube

Setelah mengetahui manfaat dari subtitle, saatnya kita mempelajari bagaimana cara mengaktifkan fitur subtitle di YouTube. Sebenarnya, cara mengaktifkan fitur subtitle di YouTube sangat mudah. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sebelum mengaktifkan fitur subtitle, tentu kita harus membuka YouTube terlebih dahulu. Bisa melalui aplikasi di handphone, bisa juga melalui laman browser.
  • Klik video YouTube apa saja yang ingin kamu aktifkan subtitle-nya.

Manfaat Subtitle dan Cara Mengaktifkannya di YouTube

  • Tekan ikon Subtitle/CC, biasanya letaknya di bagian bawah kanan video.

Manfaat Subtitle dan Cara Mengaktifkannya di YouTube

  • Jika ingin mengganti bahasa subtitle, tekan ikon Setelan/Settings lalu pilih Subtitel/CC. Kamu bisa memilih bahasa apa saja yang tersedia. Melalui ikon Setelan/Settings, kamu juga bisa mengatur kecepatan pemutaran video dan kualitas video sesuai yang kamu inginkan.

Manfaat Subtitle dan Cara Mengaktifkannya di YouTube

Nah, itu dia langkah-langkah untuk mengaktifkan subtitle di YouTube, mudah sekali bukan?

About The Author

Xerpihan 21
Novice

Xerpihan

Profesional proofreader, translator, and subtitle maker.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel