Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Letak di Word

18 Mar 2022 18:20 6000 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Seputar MS Word.

Siapa yang tidak tahu Microsoft Word? Microsoft Word merupakan software atau aplikasi pengolah kata paling terkenal saat ini. Microsoft Word sangat membantu pekerjaan manusia, khususnya dalam kegiatan yang berkaitan dengan penulisan.

Bagi pelajar dan pekerja kantoran, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Word. Setidaknya, kita pernah menggunakan aplikasi ini untuk membuat dokumen, seperti proposal, laporan, esai, makalah, artikel ilmiah, atau skripsi.

Di dalam Microsoft word terdapat banyak fitur yang diperlukan untuk pembuatan berbagai jenis dokumen. Salah satu fitur yang bermanfaat dalam pembuatan dokumen adalah penomoran halaman atau dikenal dengan Page Number. Fitur ini dapat membantu kita untuk membuat penomoran halaman secara otomatis. Pemberian nomor halaman pada dokumen dapat membuat dokumen kita menjadi lebih rapi. Selain itu, nomor halaman juga memudahkan kita untuk menemukan bab tertentu.

Cara memberi nomor halaman di Microsoft Word sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, masih ada yang belum tahu caranya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan cara membuat nomor halaman di Microsoft Word.

Cara Memberi Halaman di Word

Aturan penomoran halaman berbeda-beda untuk setiap dokumen. Ada dokumen yang penomoran halamannya selalu konsisten, baik letak maupun format angkanya. Namun, ada juga dokumen yang penomoran halamannya berbeda antarhalaman. Contoh dokumen yang penomoran halamannya selalu konsisten dari awal hingga akhir adalah esai dan artikel ilmiah. Sementara contoh penomoran halaman yang berbeda letak dan format antarhalaman adalah skripsi.

Pada skripsi, biasanya nomor halaman bagian pendahuluan (judul hingga daftar isi) menggunakan angka Romawi dan letaknya di bawah tengah. Untuk bagian yang memuat judul bab, penomoran halaman menggunakan angka arab dan letaknya di bagian bawah tengah kertas. Sementara untuk bagian isi yang tidak memuat judul bab, penomoran halaman menggunakan angka arab dan letaknya di kiri atas.

Sebelum belajar cara membuat penomoran halaman skripsi yang berbeda letak, mari kita pelajari dahulu cara memberi nomor halaman yang letaknya sama dahulu. Cara memberi nomor halaman di Microsoft Word cukup mudah, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Klik menu Insert yang ada di bagian atas;
  2. Klik Page Number pada bagian menu Header & Footer;
  3. Pilih posisi yang ingin diberi nomor halaman.

Contohnya, jika ingin memberi nomor halaman pada bagian kanan atas kertas, klik Page Number>Top of Page> Plain Number 3.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Letak di Word

Jika ingin mengubah format penomoran yang digunakan, misalnya dari angka arab ingin diganti menjadi angka romawi, ikuti Langkah berikut:

  1. Klik Page Number, kemudian pilih Format Page Number.
  2. Setelah muncul box Page Number Format, pilih format angka yang diinginkan di bagian Number Format, kemudian klik OK.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Letak di Word

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Letak di Word

Format penomoran halaman yang berbeda letak biasanya digunakan untuk dokumen skripsi. Jika ingin membuat penomoran halaman yang berbeda letak, kita harus membaginya menjadi beberapa section terlebih dahulu. Selain itu, kita juga perlu menonaktifkan Link to Previous supaya format penomoran halaman tidak mengikuti format penomoran di section sebelumnya.

1. Membuat Section break di Word

  1. Letakkan kursor di paling kiri atas halaman yang akan menjadi section selanjutnya;
  2. Masuk ke menu Layout, pilih Break, kemudian klik Next Page.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Letak di Word

2. Menonaktifkan Link to Previous

  1. Klik dua kali pada bagian header atau footer;
  2. Setelah menu Design terbuka, nonaktifkan Link to Previous dengan cara mengekliknya hingga warna abu-abunya hilang.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Letak di Word

3. Memberi Halaman di Word

  1. Klik menu Insert di bagian atas;
  2. Klik Page Number, pilih Bottom of Page, kemudian pilih Plain Number 2.

 

 

 

 

Tags

About The Author

Xerpihan 21
Novice

Xerpihan

Profesional proofreader, translator, and subtitle maker.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel