Mengenal Teknologi Canggih CGI yang Sering Dipakai dalam Perfilman

7 Jun 2022 12:10 932 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Mengenal teknologi canggih CGI

Bagi anda para penikmat film pastinya sudah tidaklah asing dengan teknologi CGI. Teknologi ini membuat film visual film menjadi lebih keren. Lalu, apa itu teknologi CGI? Dan bagaimana CGI diterapkan pada film-film favorit kita? Simak pembahasan berikut ini.

 

Pengertian CGI

Dilansir dari TechTarget, CGI (Computer Generated Image) adalah penggunaan grafik, atau spesifikasi grafik 3 dimensi (3D) yang dibuat dengan suatu program dan kemudian ditampilkan kedalam sebuah scene.

CGI biasanya dimanfaatkan dalam sebuah film atau jenis media video seperti simulator. Teknologi ini dapat memberikan hal yang luar biasa dalam dunia grafis.

Didalam sebuah film, CGI biasanya dipakai untuk membuat sebuah scene atau objek yang tidak bisa dibuat oleh manusia secara fisik, atau dipakai untuk scene yang tidak memungkinkan dibuat di lingkungan nyata, contohnya seperti scene peperangan di luar angkasa.

Penggunaan CGI telah merentang cukup lama dalam perfilman. Westworld dan Futureworld tahun 1973 merupakan dua film yang pertama kali memanfaatkan teknologin ini.

Cara Kerja CGI

Sebenarnya cara pembuatan CGI ini mirip dengan teknik animasi tradisional.

Pertama tama, membuat semacam skrip adegan seperti semua latar belakang, karakter, dialog, dan pose untuk diperagakan dalam digunakan adegan.

Langkah kedua, adalah fase storyboard, yaitu merupakan sebuah adegan yang dibuat dengan 2D, yang menunjukan gambaran kasar tentang lingkungan, karakter, dan sudut pandang.

Langkah ketiga, adalah langkah layout. Karakter dan latar belakang ditampilkan secara 3D. Menggunakan komputer untuk membangun model dasar.

Langkah Keempat, merupakan proses animasi. Model karakter dasar yang telah dibuat akan dipindahkan ke gerakan final mereka.

Proses final, menempatkan bagian-bagian CGI yang lebih rumit pada animasi, seperti rambut, pencahayaan, dan tekstur agar lebih realistis.

Aplikasi Untuk CGI

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi atau software untuk desain grafis dengan teknik CGI.

  • Adobe Illustrator
  • Adobe Photoshop
  • CorelPaint
  • CorelDraw
  • GNU Image Manipulator
  • AutoCAD
  •  

Contoh FIlm CGI

1. Jurrasic Park (1993)

Jurrasic Park

 

2. Avatar 2009

Mengenal Teknologi Canggih CGI

 

3. Toys Story (1995)

Mengenal Teknologi Canggih CGI

Pembuatan CGI

Dalam teknik animasi tradisional, suatu gerakan dibuat dengan merangkai gambar yang saling bertumpuk dan bertautan.

Pada umumnya, gambar yang bergerak disesuaikan dengan ritme 24 frame per second (fps). Artinya dalam satu detik terdapat 24 gambar yang bertumpuk dan akan menciptakan satu harmoni gerak.

CGI digunakan dalam bidang komputer yang berkaitan dengan grafis 3D seperti dalam film, acara televisi, simulator, hingga games.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel