Pengertian, Fungsi, Serta Daftar dari Terusan Kapal yang Perlu Diketahui

29 Jun 2022 13:16 2060 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengertian, Fungsi, Serta Daftar Dari Terusan Kapal Yang Perlu Diketahui

Yang dimaksudkan dengan terusan kapal adalah sebuah kanal yang dibangun untuk tujuan mempersingkat atau mempercepat pelayaran kapal. Terusan kapal atau terusan dibuat dalam bentuk kanal yaitu saluran air buatan. Kanal dalam hal ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu yang pertama adalah kanal yang dibuat hanya untuk mengalirkan atau mengarahkan air sedangkan yang kedua adalah kanal yang dibuat sebagai jalur transportasi dimana terdapat navigasi, mengangkut orang-orang atau barang yang sebagian besar terhubung oleh sungai, danau atau laut. 

Fungsi Terusan Kapal

Terusan kapal memiliki beberapa fungsi yang dibuat untuk para pemakainya antara lain sebagai berikut :

  • Mempersingkat waktu dan jarak pelayaran agar menjadi lebih cepat serta menghindari rute-rute jauh.
  • Sebagai jalan untuk menghubungkan antara dua laut atau danau yang tertutup oleh adanya daratan.
  • Sebagai sarana penghubung ke laut bagi tempat-tempat yang jauh di daratan.

Beberapa Daftar Terusan Kapal Di Dunia

1/ Terusan Suez

Terusan Suez adalah merupakan salah satu terusan yang lokasinya berada di sebelah barat Semenanjung Sinai di Negara Mesir. Terusan ini memiliki panjang mencapai 163 km, yang menghubungkan antara Pelabuhan Said di Laut Tengah dan Suez di Laut Merah. Terusan Suez dibangun untuk tujuan menghubungkan antara benua Eropa dengan benua Asia, khususnya bagi jalur pelayaran tanpa harus menelusuri benua Afrika. Salah satu fakta tentang Terusan Suez yang dibuka pada tahun 1830 ini adalah terusan ini terdiri atas dua bagian yaitu bagian selatan dan utara yang merupakan Danau Great Bitter yang menghubungkan antara Laut Tengah ke Teluk Suez.

2/ Terusan Volga

Yang dimaksud dengan Terusan Volga adalah sebuah terusan atau kanal yang mempunyai fungsi untuk menggabungkan antara Sungai Volga dan Sungai Don di Rusia. Terusan ini dibangun untuk tujuan menghubungkan Laut Kaspia, Laut Azov dan Laut Hitam. Terusan Volga memiliki panjang sekitar 100 km mempunyai Sembilan kunci kanal yang masing-masing berada di sisi lereng Volga guna menurunkan atau menaikkan kapal setinggi 88 m dan sisanya adalah empat kunci kanal di bagian Don yang berfungsi untuk menurunkan atau menaikkan kapal dengan tinggi mencapai 44 meter.

3/ Terusan Panama

Terusan Panama merupakan sebuah terusan yang khusus dibuat dengan cara memotong tanah genting Panama yang lokasinya di Amerika Utara dan Amerika Selatan sejauh 82 km. Terusan ini memiliki fungsi untuk menghubungkan antara Samudera Pasifik dengan Samudera Atlantik sehingga jalur pelayaran tidak perlu memutar melewati ujung selatan Amerika Selatan. Terusan Panama mempunyai 3 lock atau kunci yaitu Gatun Locks, Pedro Miguel Locks dan Miraflores Locks. Total jarak yang bisa ditempuh dari Gatun Locks hingga Miraflores Locks bisa mencapai panjang 80 km. Rencana pembuatan Terusan Panama ini pertama kali dicetuskan oleh Charles V dari Spanyol pada tahun 1524 dan baru dibuka pada tanggal 15 Agustus 1914.

4/ Terusan Manchester

Yang keempat adalah Terusan Manchester yang terletak di wilayah Manchester, Inggris dengan panjang bisa mencapai rata-rata 60,2 km dan akan menghubungkan Kota Manchester dengan Sungai Mersey, Kanal Union Shropshire (Pelabuhan Ellesmere), River Weaver dan Weaver Navigation (Western Point), Kanal Bridgewater dan yang lainnya. Dimana tidak semua kapal bisa melewati Terusan Manchester karena masing-masing pemilik kapal haruslah memperoleh izin dari Manchester Ship Canal Company dengan bukti kapal layak berlayar, asuransi dan mempunyai peralatan keselamatan.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel