Kawasan Hutan Keranga di Indonesia

29 Jun 2022 15:15 765 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Kawasan Hutan Kerangas Di Indonesia

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang salah satu jenis hutan yang dengan mudah bisa anda jumpai di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Hutan Kerangas adalah sebuah hutan yang di dalamnya menyimpan banyak keunikan dan karakteristik yang berbeda-beda. Mari menyimak penjelasan yang kami berikan tersebut di bawah ini.

Karakteristik Hutan Kerangas

Lapisan tanah yang dijumpai di kawasan hutan ini sangat miskin hara, juga memiliki tekstur dari tanah yang tak terpisahkan. Dalam kondisi seperti ini terlihat bahwa kawasan hutan ini cukup gersang dan sulit untuk dimanfaatkan oleh manusia. Dikarenakan kondisi yang demikian, maka kegiatan pemanfaatan Hutan Kerangas menjadi sangat minim bahkan hampir tidak ada sama sekali. Tidak seperti jenis hutan yang lainnya memiliki banyak sekali potensi sumber daya hutan yang dapat dimanfaatkan. Pada Hutan Kerangas ini jarang ditemukan, Hutan Kerangas adalah salah satu jenis hutan yang agak rentan mengalami beberapa jenis gangguan. Ini dikarenakan kondisi dari hutan yang kurang stabil dimana umumnya hanya mampu menumbuhi lapisan tanah bagian podsol saja. Lapisan tanah yang satu ini adalah lapisan tanah yang sangat miskin.

Beberapa Hutan Kerangas kadang-kadang terletak di lapisan tanah yang tersusun dari pasir silika. Jenis tanah yang satu ini mempunyai tingkat porositas yang cukup besar, sehingga tak mengherankan jika memiliki kondisi alam yang gersang dan minim unsur hara menjadi sangat melekat pada jenis tanah ini. Meskipun demikian, ada juga Hutan Kerangas yang tumbuh dan berkembang di atas kawasan gambut. Dimana diketahui bahwa tanah gambut merupakan salah satu jenis tanah yang minim akan kandungan unsur hara. Juga, tanah jenis ini mempunyai tingkat keasaman yang cukup besar. Konsekuensi dengan berdiri dan hidup di atas tanah seperti ini menyebabkan vegetasi yang ada di dalam Hutan Kerangas mempunyai tingkat adaptasi yang besar.

Vegetasi Hutan Kerangas

Salah satu ciri yang menonjol menjadi fokus adaptasi dari vegetasi di Hutan Kerangas adalah kemampuan untuk mendapatkan unsur hara. Beberapa jenis tumbuhan mampu bertahan dalam kondisi jumlah unsur hara yang sangat minim dan berpengaruh besar terhadap karakteristik dari tumbuhan yang tumbuh di area sekitarnya. Ada beberapa jenis tanaman yang mampu memenuhi kekurangan unsur hara dari lingkungan sekitar mereka tumbuh. Vegetasi yang ada di dalam Hutan Kerangas mempunyai tingkat keberagaman yang tingkatannya sangat minim. Ini dikarenakan tidak semua jenis tumbuhan memiliki kemampuan untuk bisa bertahan hidup di atas tanah dalam kondisi buruk. Beberapa jenis tanaman yang mampu mendiami kawasan Hutan Kerangas adalah sebagai berikut : dacrydium elatum, agathis borneensis, tristania sumatrana, casuarina sumatrana, rhodamia cinerea, rhodomyrtus tomentosa, melastoma polyanthum, dillenia suffruticosa, vaccinium bancanum, vaccinium bracteatum, garcinia bancana dan yang terakhir adalah psychotria viridiflora. 

Kelompok tumbuhan tersebut di atas adalah termasuk ke dalam beberapa jenis tumbuhan yang sering ditemukan di kawasan dan area Hutan Kerangas. Ini dikarenakan tumbuhan di atas mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup dan sangat toleran terhadap kondisi tanah dengan unsur hara yang minim.

Seperti diketahui bahwa di lapisan tanah bagian atas dari Hutan Kerangas mempunyai kondisi yang cukup khusus sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa rata-rata lapisan tanah Hutan Kerangas tersusun dari jenis pasir silika atau beberapa jenis bahan yang mempunyai tingkat porositas cukup tinggi. Saat tanah bagian atas mempunyai tingkat porositas yang cukup tinggi, maka akibat yang muncul secara langsung adalah minimnya kemampuan tumbuhan dalam mengikat air. Tetapi vegetasi pada Hutan Kerangas mampu mengatasi hal tersebut dengan cara memperkecil ukuran tumbuh dan kembang mereka. Beberapa jenis tumbuhan lainnya melapisi bagian daunnya dengan lapisan lilin. Ini dilakukan dengan tujuan untuk bisa mengurangi terjadinya penguapan secara berlebihan.

Daerah Persebaran

Hutan Kerangas merupakan salah satu jenis hutan yang menyimpan unsur hara dalam jumlah sedikit. Tetapi ini bukan berarti persebaran hutan juga ikut-ikutan kecil, justru persebaran dari jenis hutan yang satu ini bisa dikatakan cukup luas dan ada banyak sekali. Kawasan Hutan Kerangas tidak hanya tersebar di seluruh Indonesia saja melainkan juga ada hutan jeni ini ditemukan berada di luar kawasan Indonesia. Beberapa daerah persebaran dari Hutan Kerangas adalah : Kalimantan, Sumatera, Singkep, Bangka Belitung, Serawak, Sabah dan Brunei.

Dari beberapa kawasan persebaran Hutan Kerangas yang ada di atas, Kalimantan merupakan salah satu kawasan yang mempunyai persebaran Hutan Kerangas paling besar. Ini bisa dimaklumi karena Kalimantan merupakan salah satu kawasan yang mempunyai daerah hutan terluas di dunia. Persebaran Hutan Kerangas di Kalimantan bisa ditemukan hampir pada setiap wilayah di pulau ini. Salah satu yang cukup terkenal adalah Taman Nasional Danau Sentarum.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel