Tumbuhan Unik yang Hidup di Hutan Hujan Tropis

5 Jul 2022 14:30 1254 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tumbuhan Unik Yang Hidup Di Hutan Hujan Tropis

Anda bisa membedakan jenis hutan berdasarkan beberapa kriteria yang ada. Umumnya pembeda ini didasarkan pada kondisi alam dari lingkungan sekitar hutan dimana pastilah terdapat beberapa jenis hutan yang berbeda-beda. Ada jenis-jenis hutan berdasarkan tinggi tempatnya, jenis hutan berdasarkan fungsinya, berdasarkan iklim dan jenis-jenis hutan berdasarkan tempat tumbuhnya. Setiap hutan mempunyai sisi kelebihan dan sisi kekurangan masing-masing. Juga dilengkapi dengan karakteristik yang tidak bisa disamakan dengan hutan-hutan yang lainnya. Hutan dalam hal ini selalu mengambil peranan penting dalam setiap proses kehidupan manusia di sekitarnya. Ada banyak sekali pemanfaatan hutan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun melalui artikel kami kali ini akan membahas mengenai contoh beberapa jenis tumbuhan unik yang hidup dengan subur dalam hutan hujan tropis. Silahkan menyimaknya.

1/ Liana

Tumbuhan yang pertama ini adalah merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat khas tumbuh di dalam lingkungan hutan hujan tropis. Tumbuhan jenis liana pada dasarnya bukanlah sebuah pohon yang membahayakan bagi inangnya. Tumbuhan dari jenis ini pada umumnya hanya akan menggunakan tubuh inangnya atau pohon utama sebagai media panjat. Hal ini dikarenakan liana akan mengawali tumbuh dari dasar tanah hutan. Tanah hutan merupakan salah satu bagian dari hutan yang paling sedikit mendapatkan sinar matahari. Liana adalah salah satu jenis tumbuhan dasar hutan yang sangat mudah beradaptasi guna tumbuh.

2/ Kelompok Anggrek Hutan

Contoh tumbuhan hutan hujan tropis yang pertama dan paling banyak diketemukan adalah kelompok anggrek hutan. Tumbuhan ini sering ditemukan di semak-semak, area kosong hutan seperti anggrek tanah maupun yang menempel pada batang-batang pohon yang tinggi dan rindang. Ketinggian dari letak tumbuhnya tanaman ini sangat bervariasi karena setiap ketinggian akan mempunyai dampak dan efek yang berbeda-beda terhadap kemungkinan tumbuhnya kelompok tanaman ini. Sebagai salah satu tumbuhan saprofit yang ada di hutan hujan tropis, anggrek hutan merupakan tanaman yang tersebar secara luas bisa anda temukan di setiap hutan hujan tropis.

3/ Bunga Raflesia

Salah satu contoh tumbuhan unik yang hidup dengan subur di hutan hujan tropis adalah bunga raflesia. Bunga yang satu ini hampir umum bisa anda jumpai di berbagai kawasan hutan hujan tropis. Untuk persebaran flora di Indonesia, bunga ini paling banyak ditemukan di Pulau Sumatera. Ini adalah merupakan salah satu jenis tumbuhan parasit akar. Bunga ini hanya akan tumbuh dengan nyaman pada beberapa jenis pohon tertentu saja dan mengalami masa mekar yang tidak terlalu lama.

4/ Paku-Pakuan

Tanaman yang keempat adalah tumbuhan paku yang merupakan salah satu tanaman semak cantik sangat mudah ditemukan berupa rumpun paku terutama di daerah-daerah hutan hujan tropis. Ini dikarenakan tumbuhan paku sendiri adalah merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat menyukai kondisi lingkungan yang lembab dan basah. Pada umumnya tumbuhan ini hidup dengan subur di sekitar tegakan pohon atau di sepanjang aliran sungai yang ada di dalam kawasan hutan. Tumbuhan paku termasuk ke dalam golongan tumbuhan terna yang banyak ditemukan menutupi area kosong di dalam hutan.

5/ Pohon Meranti

Pohon yang satu ini adalah sejenis pohon yang sangat umum paling banyak ditemukan di hutan hujan tropis. Pohon jenis ini tumbuh subur secara merata hampir di setiap bagian dari hutan ini. Pohon ini menyimpan nilai ekonomis yang sangat tinggi dimana pada beberapa negara yang mempunyai hutan hujan tropis sangat luas akan menggunakan jenis pohon ini untuk beragam keperluan. Seperti di Indonesia yang memiliki andil terbesar untuk melebatkan hutan. Pohon meranti merupakan salah satu jenis pohon yang mendominasi hutan hujan tropis. Pesebaran dari pohon ini bisa anda jumpai mulai dari Sri Lanka, India hingga Filipina. Pesebaran pohon ini di Indonesia bisa anda temukan hampir di semua pulau yang ada di Indonesia.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel