Mengenal Karakteristik dari Hutan Rawa Air Tawar

5 Jul 2022 10:27 1013 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Karakteristik Dari Hutan Rawa Air Tawar

Jika berdiskusi tentang keberadaan hutan, ternyata di dunia ini dikenal ada beragam jenis hutan yang tersebar pada beberapa tempat bahkan dalam sebuah daerah ada kemungkinan mempunyai lebih dari satu jenis hutan. Hutan-hutan ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis misalnya berdasarkan pada jenis pohon yang ditanam, berdasarkan pada fungsinya, berdasarkan ketinggian tempatnya dan masih banyak jenis hutan lainnya yang ada di dunia ini. Adapun salah satu jenis hutan berdasarkan pada keadaan tanahnya adalah dikenal keberadaan hutan rawa air tawar. Hutan rawa air tawar banyak dijumpai di beberapa tempat yang kondisinya banyak tergenang oleh air tidak terkecuali di Indonesia.

Karakteristik Hutan Rawa Air Tawar

Hutan rawa air tawar atau dikenal dengan istilah freshwater swampforest adalah sebuah kawasan hutan yang di dalamnya mempunyai perbedaan dari segi tanah. Hutan rawa air tawar memiliki kandungan mineral dalam jumlah sangat tinggi pada bagian permukaan tanah. Adapun ciri-ciri dari hutan rawa air tawar adalah sebagai berikut :

  • Hutan ini berada di daerah yang selalu tergenang oleh air tawar pada permukaan tanahnya serta tidak dipengaruhi oleh adanya perubahan iklim.
  • Pada umumnya banyak ditumbuhi oleh tanaman atau vegetasi yang masuk ke dalam kategori selalu hijau di sepanjang tahun yaitu kelompok tumbuhan berupa pepohonan dengan tinggi sekitar 40 meter dan terdapat beberapa lapisan tajuk. Tak mengherankan apabila hutan rawa air tawar cenderung mirip dengan hutan hujan tropis.
  • Banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon berakar lutut dengan tunas terendam oleh air.
  • Kondisi tanah yang selalu tergenang oleh air tawar akan tetap dalam kondisi stabil hingga membuat struktur tanah berubah menjadi lumpur.
  • Pada umumnya berada di bagian belakang hutan payau dengan tanah bersifat alluvial dengan aerasi yang kurang baik, tingkat keasaman air atau pH yang kurang dari 6 dan di bagian dasar ditemukan banyak gambut.
  • Vegetasi yang biasanya tumbuh di hutan rawa air tawar sangat bervariasi tetapi ini sangat tergantung dari kondisi tanah. Secara umum spesies tanaman yang mudah dijumpai di hutan jenis ini   adalah eucalyptus degulpta, palaquium leiocarpum, gareinia spp., campnosperma macrophylla, shorea uliginosa, koompassia spp., dan yang terakhir adalah xylopia spp.
  • Masing-masing spesies tanaman di sini selalu ditemukan dalam keadaan berkelompok atau tumbuhan tersebut memiliki jenis sangat sedikit sehingga persebaran tumbuhan yang terdapat pada hutan ini cenderung tidak merata.

Fungsi Dari Hutan Rawa Air Tawar

Adapun fungsi dari keberadaan hutan rawa air tawar adalah seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini, silahkan menyimaknya :

  • Sebagai salah satu sumber cadangan air saat sedang musim kemarau tiba.
  • Sebagai cagar alam biosfer. Salah satunya adalah berupa cagar biosfer giam siak kecil di Indonesia yang dijadikan sebagai salah satu kawasan dengan keselarasan hubungan antara pembangunan ekonomi, pemberdayaan masyarakat hingga perlindungan lingkungan.
  • Mencegah terjadinya intrusi yang berasal dari air laut yang masuk ke dalam air sungai atau meresap ke dalam air tanah.
  • Mencegah terjadinya banjir ketika sedang musim hujan tiba atau volume air menjadi meningkat.
  • Sebagai sumber energi atau sumber makanan bagi beberapa jenis mahkluk hidup yang tinggal di hutan rawa air tawar.

Daerah Persebaran Dan Contoh Vegetasi Hutan Rawa Air Tawar Di Indonesia

Di Indonesia, hutan rawa air tawar sangat mudah ditemukan di bagian timur Pulau Sumatera, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua Selatan. Seperti yang kami jelaskan tersebut di atas jika tumbuhan di hutan rawa air tawar tergantung dari kondisi tanahnya. Seperti di Papua, hutan rawa air tawar banyak ditumbuhi oleh campnosperma sp., melaleuca sp., terminallia sp., dan erythrina fusca. Sedangkan di Sumatera sebagian besar tanaman yang dijumpai adalah berjenis dipetorakarp yakni hopea mengerawan, dryobalanops oblongifolia, dipterocarpus lowii, anisoptera marginata, s. macroptera, s., platycarpa, s., singkawang dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan di Kalimantan jenis tanaman yang sering ditemui adalah dipeterocarpus oblongifolius dan mangifera gedebe.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel