Langkah yang Dilakukan Guna Melestarikan Hutan Mangrove di Indonesia

4 Jul 2022 18:55 831 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Langkah Yang Dilakukan Guna Melestarikan Hutan Mangrove Di Indonesia

Melalui artikel kami kali ini akan membicarakan tentang upaya pelestarian hutan mangrove yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia. Meskipun kawasan hutan mangrove merupakan salah satu kawasan yang sangat penting untuk diperhatikan tetapi tak bisa dipungkiri bahwa kawasan hutan ini kerap menghadapi berbagai macam masalah yang bisa merugikannya. Nah dari kondisi inilah ada beberapa upaya yang bisa dilakukan seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini :

1/ Restorasi kawasan hutan mangrove

Langkah yang pertama adalah mirip dengan upaya penanaman kembali kawasan hutan. Namun terdapat hal yang membedakan diantara keduanya yaitu campur tangan manusia. Dalam upaya restorasi ini campur tangan manusia akan menjadi sangat minim dimana semuanya akan bergantung kepada kemampuan alam dan lingkungan guna bisa mengembalikan kondisi ke bentuk semula yang sehat. Pada dasarnya hutan mangrove memiliki kemampuan untuk memperbaiki kondisi alam sekitarnya sendiri meskipun membutuhkan waktu yang agak panjang. Itupun harus melalui kondisi-kondisi khusus yang diharapkan bisa mendukung upaya restorasi tersebut.

2/ Melakukan upaya penanaman ulang

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai kawasan hutan sangat lebat di dunia dan juga menyimpan berbagai jenis hutan. Hutan mangrove merupakan salah satu kawasan yang sangat penting keberadaannya di Indonesia sehingga wajib dilindungi. Salah satu upaya pelestarian hutan mangrove yang bisa dilakukan oleh pemerintah setempat adalah dengan melakukan upaya penanaman ulang. Menanami daerah-daerah di sekitar pantai yang berpeluang besar terancam kerusakan. Dalam upaya yang satu ini peran serta dan campur tangan manusia memang sangat penting untuk diperhatikan karena dalam hal ini manusia merupakan salah satu faktor yang bisa berhadapan secara langsung dengan berbagai kerusakan kawasan hutan mangrove. Upaya penanaman ulang ini akan memungkinkan untuk menjaga dan melestarikan kawasan hutan mangrove.

3/ Edukasi masyarakat mengenai hutan mangrove

Seperti diketahui bahwa manusia merupakan salah satu faktor terpenting keberadaannya dalam upaya untuk pelestarian hutan mangrove. Karena tanpa adanya bantuan campur tangan manusia maka upaya pelestarian tidak akan pernah ada. Nah untuk bisa meningkatkan hal ini maka salah satunya adalah dengan peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai hutan mangrove itu sendiri. Seperti sudah dijelaskan mengenai ragam jenis fungsi dan manfaat yang dimiliki oleh hutan. Oleh karenanya banyak sekali lokasi wisata hutan mangrove yang dijumpai di Indonesia. Ini adalah salah satu upaya untuk mendekatkan masyarakat pada pentingnya keberadaan hutan mangrove itu sendiri.

4/ Perluasan kawasan hutan mangrove

Seperti yang diketahui bahwa persebaran hutan mangrove di Indonesia saat ini bisa dikatakan sangat luas. Namun sebagian kawasan justru mengalami perkembangan yang kurang bagus karena perkembangan manusia yang semakin menjadi-jadi di masa depan. Banyak kawasan pantai yang seharusnya mempunyai potensi besar untuk menjadi kawasan hutan mangrove kini harus mengalah dan dilenyapkan. Nah salah satu upaya pelestarian hutan mangrove yang bisa dilakukan adalah dengan memperluas kawasan hutan mangrove itu sendiri. Perluasan kawasan hutan mangrove bisa dilakukan dengan cara memperbaiki tata kelola kawasan pesisir yang tersedia. Ketika kawasan hutan mangrove bisa dimanfaatkan seoptimalnya maka fungsi hutan mangrove dan manfaat hutan akan lebih terasa dalam wujud nyata.

5/ Perbaikan lingkungan hutan

Secara garis besar proses perbaikan kondisi lingkungan dimana kawasan hutan mangrove berada bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Yang menyebabkan kesulitan lebih banyak dijumpai adalah adanya faktor polusi air di dalamnya. Air laut yang mengandung polutan bisa juga menyebabkan munculnya efek negatif terhadap perkembangan hutan mangrove itu sendiri. Maka usaha untuk perbaikan kondisi lingkungan hutan mangrove tidak hanya bisa berkutat pada faktor lingkungan saja karena tanpa perbaikan pada sektor manusia yang ada di sekitarnya maka akan menghasilkan sebuah hal yang sangat susah terjadi.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel