Indonesia dengan Area Pesebaran Hutan Musim

4 Jul 2022 14:50 1317 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Indonesia Dengan Area Pesebaran Hutan Musim

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang pesebaran salah satu jenis hutan yang ada di Indonesia. Pembahasan adalah mengenai pesebaran hutan musim di Indonesia. Yang dimaksud dengan hutan musim adalah salah satu jenis hutan yang cukup sering dijumpai di Indonesia, meskipun jumlahnya saat ini sudah mulai berkurang. Tetapi ada beberapa lokasi hutan musim di Indonesia yang kerap dijadikan sebagai objek pembelajaran para siswa/wi di sekolah untuk mengetahui lebih dalam. Hutan musim merupakan salah satu jenis hutan yang memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis hutan yang lainnya. Pada hutan musim di Indonesia rata-rata kondisi dari hutan ini sangat mengikuti keadaan dari lingkungan yang ada pada daerah bersangkutan. Kondisi hutan musim akan sangat bergantung pada dinamika perubahan atmosfer pada suatu wilayah. Perubahan kondisi ini bisa ditandai dengan berbagai macam kondisi dimana secara normal memang hutan musim biasanya sangat mudah dijumpai pada beberapa negara yang lainnya terutama yang mempunyai 4 musim. Pesebaran hutan musim di Indonesia sendiri bisa anda lihat tersebut di bawah ini seperti yang kami jelaskan dengan singkat.

1/ Kawasan Nusa Tenggara

Kawasan yang pertama di Indonesia memiliki daerah hutan musim cukup banyak yaitu di wilayah Nusa Tenggara. Baik itu kawasan Nusa Tenggara Timur maupun Nusa Tenggara Barat merupakan kawasan hutan musim yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri secara terpisah. Pada kedua kawasan ini biasanya daerahnya cenderung didominasi dengan jenis hutan yang jauh lebih tahan terhadap kekeringan. Salah satu jenis pohon yang paling banyak ditemukan hidup dengan subur di sini adalah jenis kayu putih dan beberapa jenis yang lainnya. Meskipun demikian, kawasan ini lebih banyak didominasi oleh bioma savana.

2/ Kawasan Jawa Timur

Kawasan persebaran hutan musim kedua di Indonesia adalah di daerah Jawa Timur. Pada hutan musim di Jawa Timur ini biasanya di dalamnya terdiri atas hutan yang sifatnya homogen. Artinya adalah hutan musim di Jawa Timur kebanyakan hanya di dominasi oleh satu jenis pohon saja. Salah satu jenis pohon yang mudah ditemukan di kawasan Jawa Timur adalah pohon jati atau bernama ilmiah tectona grandis. Salah satu ciri-ciri dari hutan musim yang dengan mudah ditemukan di kawasan ini adalah ketika sedang memasuki musim kemarau maka hutan dan sekelilingnya akan terlihat gersang dan tidak menarik. Kondisi gersang ini dikarenakan pepohonan di dalamnya didominasi oleh jati ini yang memiliki kebiasaan unik yaitu akan menggugurkan semua daunnya ketika sedang panas.

3/ Kawasan Yogyakarta

Yang ketiga adalah kawasan Yogyakarta yang merupakan salah satu kawasan cukup terkenal dengan kondisi hutan musimnya. Sama halnya dengan kawasan yang terdapat di Jawa Timur, rata-rata hutan musim di daerah ini cenderung didominasi oleh jenis pohon jati dan kelompok sejenisnya. Namun pada beberapa daerah kawasan hutan musim di Yogyakarta lebih didominasi oleh jenis pohon pinus dan cemara. Pesebaran kawasan hutan musim yang mempunyai jenis berbeda-beda ini bisa dipetakan dan dilihat pada beberapa daerah yang ada di seputaran Yogyakarta.

4/ Kawasan Sulawesi Selatan

Kawasan terakhir persebaran hutan musim di Indonesia adalah pada daerah Sulawesi Selatan. Pada kawasan ini hutan musim yang ada memang sedikit jumlahnya dibandingkan dengan daerah yang lainnya. Ini dikarenakan jenis flora dan fauna yang ada di daerah Indonesia berbeda dengan tempat lainnya. Sangat jarang ditemukan beberapa jenis pohon seperti jati dan sejenisnya. Hutan musimnya didominasi oleh pepohonan berdaun lebih kecil dan meruncing. Salah satunya adalah eboni dan beberapa jenis damar yang paling terkenal.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel