Ciri Spesifik dari Fauna Asal Indonesia Bagian Timur

28 Jun 2022 14:15 1409 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ciri Spesifik Dari Fauna Yang Ada Di Indonesia Bagian Timur

Flora dan fauna yang ada dalam suatu negara pastilah mempunyai ciri khas sesuai dengan tipenya yang tentau saja akan berbeda dengan negara lainnya. Negara-negara ini akan membagi beberapa wilayahnya untuk memudahkan pengelompokan flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Contohnya adalah Indonesia, berdasarkan jenis flora dan faunanya, Indonesia dibagi menjadi 3 wilayah utama yaitu wilayah timur atau Australis, wilayah tengah atau peralihan dan wilayah barat atau Asiatis. Setiap wilayah dari Indonesia ini mempunyai ciri khasnya tersendiri yang berhubungan dengan keberadaan flora dan faunanya. Misalnya adalah Indonesia bagian timur memiliki fauna yang mirip dengan fauna di Australia, sedangkan di wilayah bagian barat menyimpan tipe fauna menyerupai dengan fauna yang ada di wilayah Asia (fauna Asiatis) yang memiliki ukuran besar-besar. Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang ciri-ciri fauna tipe Australis atau fauna yang berada di wilayah Indonesia bagian timur. Yang dibahas adalah mengenai ciri-ciri dan contoh dari fauna yang hidup di wilayah timur Indonesia.

Mengenal Ciri-Ciri Fauna Tipe Australis

Fauna atau hewan bertipe Australis rata-rata mempunyai kesamaan dengan binatang atau fauna yang ada di Benua Australia, maka dari itu diberi julukan fauna tipe Australis. Binatang-binatang atau fauna di Indonesia bagian timur ini mempunyai penampakan unik dank has seperti berbulu, ukuran rata-rata kecil, suka memanjat pohon dan lain sebagainya. Untuk mengenal lebih jelas mengenai ciri-ciri dari fauna Australis ini maka berikut ini merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh fauna Australis.

1/ Banyak terdapat jenis burung

Ciri dari fauna Australis yang pertama adalah terdapat banyak jenis burung. Burung-burung dari Indonesia bagian timur ini mempunyai kekhasan tersendiri seperti bulu-bulunya yang berwarna-warni, panjang dan sangat indah. Beberapa jenis dari burung Indonesia timur ini banyak diidam-idamkan oleh manusia sehingga keberadaannya banyak diburu karena keindahan bulu seperti Kasuari dan Cenderawasih. Oleh karena banyak diburu, maka kedua burung ini saat ini menjadi binatang yang dilindungi oleh negara. Jika tidak maka populasi burung-burung ini akan cepat habis atau punah.

2/ Rata-rata berbulu lebat dan indah

Salah satu ciri khusus kedua yang dimiliki oleh fauna tipe Australis atau Indonesia bagian timur adalah binatangnya rata-rata berbulu lebat dan indah. Banyak ditemukan binatang atau fauna tipe Australis yang memiliki bulu berupa rambut maupun bulu-bulu. Contohnya adalah Kangguru dan Koala yang mempunyai bulu-bulu yang indah, lebat dan kadang-kadang menjuntai berukuran panjang seperti Cenderawasih atau Kasuari.

3/ Bulu-bulu berwarna-warni

Seperti penjelasan singkat dari kami tersebut di atas tentang ciri khas fauna dari Australis, ini adalah yang ketiga erat kaitannya dengan yang pertama yaitu terdapat banyak jenis burung. Burung-burung ini rata-rata memiliki penampakan yang indah. Di samping bentuknya, peranan warna juga sangat mendominasi. Keindahan bulu-bulu burung dari Indonesia bagian timur ini karena berukuran panjang dan berwarna-warni seperti warna pelangi di langit. Inilah yang menyebabkan burung-burung ini tidak terlalu aman keberadaannya di alam bebas seperti hutan karena akan sangat mudah diburu oleh orang-orang tak bertanggungjawab.

3/ Mamalia berukuran kecil

Binatang atau fauna Australis didominasi oleh bintang-binatang menyusui atau yang biasa disebut dengan julukan mamalia. Tetapi pada umumnya mamalia-mamalia Australis ini mempunyai ukuran yang lebih kecil sehingga terlihat imut-imut dan sangat menggemaskan. Lain halnya dengan binatang atau fauna Asiatis yang sebagian besar mempunyai ukuran jumbo atau besar-besar. Salah satu contoh binatang mamalia Australis adalah Koala yang mempunyai bentuk lucu dan suka hidup dan bergelantungan di dahan pohon tinggi dan rindang. Ada juga Kangguru yang merupakan salah satu binatang khas Australis yang memiliki kantong tebal di bagian depannya berfungsi untuk tempat tinggal yang aman bagi bayi Kangguru. Binatang ini tidak berukuran terlalu kecil namun juga tidak terlalu besar.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel