Penasaran dengan Ciri yang Menonjol dari Flora Bagian Timur?

28 Jun 2022 10:09 3724 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ciri Yang Menonjol Dari Flora Bagian Timur Ini

Berdasarkan atas jenis flora dan faunanya, di Indonesia terbagi atas 3 wilayah yaitu wilayah timur atau Australis, wilayah tengah atau peralihan dan yang terakhir adalah wilayah barat atau Asiatis. Masing-masing wilayah di Indonesia ini menyimpan ciri khasnya tersendiri yang berhubungan dengan flora dan faunanya. Misalnya saja seperti di Indonesia bagian timur yang menyimpan koleksi flora dan fauna bertipe mirip dengan yang ada di wilayah Benua Australia (karena wilayahnya yang berdekatan dengan benua tersebut), sedangkan di wilayah bagian barat memiliki tipe fauna yang menyerupai dengan yang ada di wilayah Asia (makanya diberi nama flora Asiatis) yang mempunyai ukuran besar-besar. Nah melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang ciri-ciri fauna tipe Australis atau fauna yang berada di wilayah Indonesia bagian timur. Pembahasan difokuskan mengenai ciri-ciri dan juga contoh dari fauna yang hidup di wilayah timur Indonesia.

Mengenal Ciri-Ciri Dari Flora Tipe Australis

Flora atau tumbuhan bertipe Australis mempunyai kesamaan dengan flora atau tumbuhan yang ada di Benua Australia sehingga diberi nama tipe Australis. Flora atau tumbuhan tipe Australis rata-rata berupa tumbuhan dari jenis palm-palman yang mampu hidup di daerah kering dan tandus karena wilayah ini memiliki kecendrungan lebih kering daripada daerah barat maupun tengah. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai flora tipe Australis ini maka silahkan terlebih dahulu mengenal ciri-cirinya.

1/ Memiliki bentuk daun memanjang

Ciri menonjol yang pertama adalah paling khas dimiliki oleh flora Australis yaitu bentuk daunnya yang memanjang. Daun memanjang ini berbentuk runcing dan kadang-kadang melengkung jika terlalu panjang. Contoh dari tanaman yang mempunyai daun memanjang ini misalnya adalah tanaman jenis palm-palman. Tanaman ini rata-rata mempunyai tulang daun berukuran besar di bagian tengahnya.

2/ Tumbuh di Paparan Sahul di sekitar wilayah Papua Dan Maluku

Flora khas Indonesia bagian timur yang bertipe Australis rata-rata tidak tersebar di semua wilayah Indonesia bagian timur. Beragam flora khas ini sangat mudah dijumpai di sekitar wilayah Papua dan Maluku. Flora Australis ini terfokus di wilayah Maluku hingga Papua yang merupakan salah satu daerah yang mempunyai sifat seperti yang ada di Benua Australia.

3/ Merupakan hutan tropis dengan ditumbuhi tanaman yang berbeda-beda

Flora atau tanaman di wilayah Australia atau Indonesia bagian timur sebagian adalah merupakan wilayah hutan tropis yang banyak ditumbuhi oleh lebih dari satu tanaman atau tanamannya yang berbeda-beda. Beberapa jenis tanaman khas timur yang tumbuh di hutan tropis ini antara lain adalah nipah, sagu dan tanaman merbau. Tanaman-tanaman ini tumbuh secara berselang-seling dengan tanaman jenis lainnya. Dimana di dalam hutan tropis anda tidak hanya menemukan tanaman khas timur saja namun juga tanaman hutan lainnya yang mungkin saja terdapat di wilayah lain.

4/ Lebih banyak terdapat keluarga palm-palman

Sebagian dari beragam jenis tanaman khas Indonesia bagian timur atau Australis adalah berupa keluarga palm-palman. Tanaman ini banyak anda temukan di wilayah timur yang cenderung dalam kondisi kering karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak air guna dapat bertahan hidup.

Nah itulah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh flora atau tanaman Indonesia tipe Australis. Ciri-ciri tersebut kemungkinan sangat berbeda dengan flora tipe Asiatis yang mempunyai keistimewaan seperti ukurannya yang agak besar berada di wilayah Indonesia bagian barat. Adapun beberapa contoh tanaman khas Australia ini antara lain adalah Matoa, Kayu Cendana, Kayu Eboni, Siwalan dan juga tanaman paku yang memiliki daun memanjang.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel