Karakteristik dan Fungsi dari Hutan Cadangan

27 Jun 2022 15:40 1026 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Karakteristik Dan Fungsi Dari Hutan Cadangan

Diantara sekian banyak jenis hutan yang ada di alam semesta ini seperti jenis hutan berdasarkan tempat tinggalnya, jenis hutan berdasarkan fungsinya dan jenis berdasarkan faktor lainnya mungkin teling anda masih asing dengan yang namanya hutan cadangan. Seperti namanya, hutan cadangan merupakan salah satu jenis hutan yang difungsikan sebagai cadangan untuk hutan produksi, hutan lindung, hutan wisata, hutan suaka alam maupun hutan-hutan lainnya, yang mana belum ditentukan kondisinya secara pasti sehingga diberikan nama sebagai hutan cadangan adalah lahan yang dipenuhi oleh pepohonan seperti halnya hutan biasa, namun arah kemana hutan tersebut akan dibawa belum ditentukan. Dengan demikian hutan ini bisa digunakan sebagai cadangan hutan-hutan yang lainnya selama belum ditemukan secara pasti.

Karakteristik Khusus Dari Hutan Cadangan

Hutan cadangan adalah salah satu jenis hutan yang keberadaannya berdasarkan atas kategori fungsi yang dimilikinya. Hutan cadangan meskipun mempunyai fungsi yang belum terarah dengan pasti namun sudah banyak digunakan oleh manusia khususnya dalam pertanian atau penanaman pepohonan berjenis pangan dan juga yang berhubungan dengan pemukiman. Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki oleh hutan cadangan antara lain sebagai berikut :

1/ Sering dimanfaatkan sebagai lahan pertanian maupun lahan pemukiman bagi penduduk yang berada di daerah sekitarnya.

Karena mempunyai kondisi yang masih belum pasti, maka hutan cadangan cenderung difungsikan sebagai lahan pertanian dari warga maupun sekaligus sebagai lahan pemukiman. Dimana seperti telah diketahui bahwa permasalahan rata-rata negara (khususnya untuk negara dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi) adalah mengenai lahan pertanian dan juga pemukiman. Banyak ditemukan hutan-hutan dalam kondisi setengah rusak karena dikejar oleh bangunan. Maka dari itulah hutan-hutan cadangan ini digunakan sebagai lahan pertanian atau pemukiman karena memang kebutuhan akan keduanya tidak bisa dibatasi. Maka dari itulah hutan cadangan lebih cenderung difungsikan sebagai lahan pertanian maupun pemukiman warga untuk sementara waktu saja. Juga nantinya diharapkan hasil budidaya tanaman pangan akan menjadi lebih mencukupi kebutuhan masyarakat sekitarnya.

2/ Umumnya digunakan untuk merawat tumbuhan (flora) dan juga hewan (fauna) dengan tujuan supaya tumbuhan dan hewan tersebut tidak punah.

Karakteristik yang kedua adalah hutan cadangan sebagai tempat untuk merawat berbagai jenis flora dan fauna dengan tujuan agar flora dan fauna tersebut tidak punah atau keberadaannya bisa dilestarikan. Flora atau tanaman dan juga fauna atau binatang ini membutuhkan habitat khusus yang tidak sama dengan manusia sehingga harus diberikan tempat yang cocok seperti di dalam hutan cadangan inilah yang tepat.

Fungsi Dari Hutan Cadangan

Hutan cadangan seperti yang kami jelaskan pengertiannya tersebut di atas mempunyai beberapa fungsi sebagai hutan antara lain sebagai berikut :

  • Memberikan kesejukan di sekelilingnya.
  • Bisa untuk mencegah banjir.
  • Menyeimbangkan udara di sekitarnya.
  • Memelihara binatang dan tumbuhan yang hidup di dalamnya.
  • Sebagai tempat untuk melakukan aktivitas pertanian.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel