Mengenal Area Persebaran Kayu Jati Di Indonesia

27 Jun 2022 13:40 2512 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Area Persebaran Kayu Jati Di Indonesia

Sangat mudah menemukan hutan jati di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur dimana hutan jati di sini bisa dilihat dengan mudah tumbuh subur di pinggir-pinggir jalan raya besar yang mampu menyuguhkan pemandangan alam yang menarik. Jika musim hujan tiba maka kondisi hutan jati akan tampak menghijau dengan sangat subur namun ketika sedang memasuki musim kemarau maka daun-daun jati akan mulai berguguran yang bertujuan untuk mengurangi penguapan. Proses pengguguran daun jati ini justru memberikan pemandangan yang sangat unik di sekitarnya. Beberapa daerah di Indonesia yang merupakan persebaran pohon jati atau hutan jati antara lain sebagai berikut :

1/ Bali

Yang pertama adalah Pulau Bali merupakan tempat terbesar tersebarnya pohon jati di dalam hutan jati. Dimana diketahui bahwa pohon jati pada zaman dahulu hanya bisa tumbuh subur di wilayah Jawa dan Bali serta pulau-pulau kecil lainnya yang berada di dekat sebelah timur Pulau Jawa.

2/ Muna

Yang kedua adalah Pulau Muna merupakan salah satu pulau yang lokasinya terletak di dekat Pulau Sulawesi. Di pulau inilah anda akan menemukan persebaran hutan jati tetapi pohon-pohon jati yang tumbuh di sini jumlahnya terbatas.

3/ Nusa Tenggara

Selain Bali, yang ketiga adalah wilayah bagian timur Jawa yang juga merupakan daerah persebaran pohon jati tepatnya di wilayah Nusa Tenggara. Di wilayah ini anda akan menemukan persebaran pohon jati meskipun dalam jumlah yang terbatas.

4/ Madura

Madura merupakan pulau keempat yang berada di sebelah timur Pulau Jawa dimana anda dengan mudah menemukan persebaran pohon-pohon jati di dalam hutan jati yang letaknya di dalam wilayah ini dengan jumlah tergolong banyak.

5/ Jawa Timur

Masih jalan-jalan di seputar Pulau Jawa bagian selatan dan tengah, namun apabila ditelusuri lebih lanjut maka sampailah anda di wilayah Jawa Timur seperti wilayah Ngawi dan Pacitan. Jawa Timur dan Jawa Tengah memang merupakan wilayah yang sangat terkenal akan pohon jatinya. Pertumbuhan pohon jati hingga ketinggian 650 meter di atas permukaan air laut bisa ditemui di bagian tengah dan timur dari Pulau Jawa ini, hanya di wilayah Besuki saja yang mengalami pertumbuhan tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan air laut.

6/ Sumbawa

Pulau yang satu ini adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki area persebaran hutan dengan jumlah terbatas. Pada tahun 1817, Raffles mencatat jika hutan jati jarang ditemukan di daerah Semenanjung Malaya atau Pulau Sumatera dan pulau-pulau kecil yang letaknya berdekatan dengan Pulau Sumatera. Pohon jati hanya akan tumbuh dengan subur di Pulau Jawa serta sejumlah pulau-pulau kecil lainnya yang ada di sebelah timurnya seperti Madura, Bali dan Sumbawa. Bahkan pada saat ini perbukitan di bagian timur laut Bima dan Sumbawa penuh tertutup oleh hutan jati.

7/ Sulawesi Selatan

Yang terakhir adalah wilayah Sulawesi Selatan, meskipun daerah ini tergolong daerah baru untuk persebaran pohon jati. Pohon-pohon jati ditanam di wilayah Sulawesi Selatan sekitar tahun 1960an hingga 1970an. Pada saat itu terdapat banyak lahan yang cocok untuk ditanami oleh pohon jati seperti Billa, Soppeng, Bone, Sidrap dan Enrekang sedang mengalami masa reboisasi atau dihutankan kembali. Dan pohon jati terpilih sebagai salah satu pohonnya. Di Billa pertumbuhan pohon jati hampir sama besar dengan di Pulau Jawa, batang dari pohon jati yang tumbuh bisa mencapai garis tengah batang hingga melebihi 30 cm.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel