Mengenal Jenis-Jenis Hutan di Dunia Beserta Fakta unik di Dalamnya

27 Jun 2022 11:40 1396 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Jenis-Jenis Hutan Di Dunia Beserta Fakta Unik Di Dalamnya

Seperti diketahui bahwa hutan merupakan salah satu wilayah yang di dalamnya terdiri dari sekumpulan vegetasi berupa tumbuhan yang didominasi oleh pepohonan dan tanaman lainnya membentang cukup luas dalam suatu areal sehingga menjadi pendorong terciptanya iklim tertentu yang berbeda dengan areal di sekitarnya. Hutan dalam hal ini adalah menjadi paru-paru dunia yang memegang peranan penting di dalam menyokong kehidupan di bumi ini. Ada banyak manfaat hutan yang bisa digunakan baik dari segi ekologis dan ekonomis untuk keberlangsungan kehidupan penghuni di dalamnya.

Melalui artikel ini kami lebih lanjut menjelaskan tentang jenis-jenis hutan di dunia yang digolongkan ke dalam beberapa macam berdasarkan atas fakta yang menyertainya tersebut di bawah ini.

1/ Hutan berdasarkan atas jenis pohonnya

1.1/ Hutan Homogen

Yang dimaksudkan dengan hutan ini adalah salah satu jenis hutan yang di dalamnya hanya ditumbuhi satu jenis tumbuhan utama saja. Pada umumnya hutan homogen merupakan jenis hutan buatan yang ditujukan untuk keperluan tertentu saja seperti penghijauan, reboisasi serta kebutuhan-kebutuhan tertentu seperti penghijauan, reboisasi dan keperluan industri. Contohnya adalah hutan pinus, hutan jati, hutan akasia, hutan cemara, hutan kayu putih, hutan bambu dan lain sebagainya.

1.2/ Hutan Heterogen

Hutan heterogen mengandung arti sebaliknya yaitu salah satu jenis hutan yang di dalamnya mempunyai beragam jenis tumbuhan misalnya saja hutan rimba, hutan lindung dan hutan suaka alam. Biasanya hutan jenis ini berada di daerah tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi seperti berada di kawasan Asia Tenggara, Australia Timur Laut, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Afrika. Sedangkan di Indonesia hutan jenis ini banyak ditemukan di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Irian Jaya.

2/ Hutan berdasarkan atas tujuan dan fungsinya

Hutan jenis yang kedua ini terbagai ke dalam beberapa kelompok antara lain sebagai berikut :

2.1/ Hutan Wisata

Adalah salah satu jenis hutan yang sengaja dibina dan dipelihara keberadaannya guna kepentingan pariwisata di daerah tersebut.

2.2/ Hutan Produksi

Yang dimaksud dengan hutan produksi adalah salah satu jenis hutan yang keberadaannya dimanfaatkan oleh manusia hingga ke hal-hal paling kecil seperti memanfaatkan hasil kayu maupun non kayu guna keperluan industri.

2.3/ Hutan Suaka Alam

Adalah salah satu jenis hutan yang mempunyai sifat khas dimana keberadaannya bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati (alam semesta) baik itu berupa flora, fauna maupun ekosistemnya.

2.4/ Hutan Lindung

Yang dimaksud dengan hutan lindung adalah salah satu jenis hutan yang memiliki fungsi untuk menjaga kelestarian tanah dan tata air wilayah bersangkutan.

3/ Hutan berdasarkan atas proses terjadinya

Hutan jenis ini memiliki beberapa kelompok diantaranya adalah hutan alamiah (asli) adalah salah satu jenis hutan yang proses terbentuknya terjadi secara alami yaitu tidak ada campur tangan manusia. Contohnya adalah hutan rimba. Yang kedua adalah hutan buatan yaitu salah satu jenis hutan yang proses terbentuknya terjadi karena adanya campur tangan manusia dengan tujuan tertentu. Contohnya adalah beberapa hutan homogen.

4/ Hutan berdasarkan atas iklim

Jenis hutan yang keempat adalah berdasarkan atas iklim yang menyertainya bisa dibedakan menjadi beberapa kelompok yaitu hutan hujan tropis adalah mempunyai curah hujan tinggi, hutan hujan iklim sedang adalah hutan raksasa yang sangat mudah ditemukan di sepanjang Pantai Pasifik, Amerika Utara dan California hingga ke negara-negara bagian Washington serta di wilayah Australia (hutan dengan pohon tertinggi di dunia). Ada juga hutan musim tropik adalah hutan yang beriklim basah tetapi juga mempunyai musim kemarau yang panjang biasanya terdapat di sepanjang kawasan India dan Asia Tenggara. Hutan pegunungan tropik adalah mirip dengan hutan hujan iklim sedang tetapi berbeda dalam hal struktur / karakteristiknya. Hutan sabana adalah padang rumput tropis yang diselang-selingi pohon-pohon besar dimana pada umumnya merupakan peralihan antara hutan dan padang rumput yang banyak terdapat di Australia dan Brasilia. Yang terakhir adalah gurun yaitu dataran yang tidak ada tumbuhan kecuali beberapa jenis kaktus mampu bertahan hidup di daerah ini.   

5/ Hutan berdasarkan atas sifat tanahnya

Menurut sifat tanahnya, jenis-jenis hutan bisa dibedakan menjadi 3 bagian yaitu hutan rawa (gambut, air tawar dan bakau), hutan pantai dan hutan pegunungan.

6/ Hutan berdasarkan tujuannya

Contoh jenis hutan yang keenam ini adalah hutan konversi, hutan lindung, hutan produksi terbatas dan produksi tetap, hutan konservasi dan taman nasional. 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel