Pasang Surut Air Laut Menyimpan Banyak Manfaat untuk Manusia

21 Jun 2022 16:00 854 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pasang Surut Air Laut Ternyata Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Manusia

Yang dimaksud dengan pasang surut air laut adalah sebuah fenomena alam yang biasanya terjadi di daerah pesisir pantai. Dimana pasang surut air laut terjadi karena adanya pengaruh gaya gravitasi yang dimiliki oleh bulan sehingga menjadi penyebab terjadinya fenomena pasang surut air laut yang kadang-kadang ditentukan oleh pembagian musim (contohnya adalah di Indonesia). Pada saat pasang surut air laut berlangsung, air laut yang berada di permukaan akan mengalami pasang dan surut secara bergantian dalam waktu tertentu ditentukan oleh siklusnya. Pada umumnya air akan mulai pasang ketika hari mulai malam dan selanjutnya akan surut pada saat fajar dimana bulan dan matahari akan terbenam di kaki langit. Apakah manfaat dari kondisi pasang surut air laut ? Berikut di bawah ini adalah penjelasan singkat yang kami ulas.  

1/ Pasang surut air laut bermanfaat untuk mata pencarian nelayan

Manfaat pasang surut air laut yang pertama adalah untuk mencari ikan di laut yang dilakukan oleh nelayan. Saat air laut sedang mengalami pasang, maka ikan-ikan banyak yang turut terbawa oleh arus hingga sangat dekat dengan pesisir pantai. Lalu saat surut, banyak pula ikan-ikan yang terdampar di pinggir pantai. Keadaan inilah yang bisa dimanfaatkan oleh para penduduk di pesisir pantai untuk digunakan sebagai mata pencaharian di laut atau di pantai. Memanfaatkan pasang surut air laut bisa membantu memudahkan mencari ikan dan menemukan hewan laut lainnya seperti kepiting laut, udang, lobster atau kerang.

2/ Pasang surut air laut dapat membantu untuk pembuatan garam

Bagi warga yang tinggal di pesisir pantai, biasanya selain menjadi seorang nelayan yang sehari-hari menangkap ikan di laut guna pemenuhan kebutuhan sehari-harinya, kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang adalah membuat garam dari air laut. Garam yang akan dihasilkan dari air laut merupakan salah satu contoh nyata dari pemanfaatan pasang surut air laut bagi warga sekitar pesisir pantai. Dimana ketika air sedang pasang maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkan air laut sebanyak-benayaknya yang kemudian akan dijemur lalu selanjutnya akan membentuk kristal-kristal garam yang bisa dijual di pasar dan akan menjadi salah satu mata pencaharian sampingan bagi warga yang tinggal di sekitar pesisir pantai selain sebagai nelayan.

3/ Pasang surut air laut dimanfaatkan untuk kegiatan transportasi perairan

Bagi anda yang suka dengan kegiatan melaut baik itu menggunakan perahu nelayan yang kecil atau memakai salah satu jenis kapal besar maka sudah pasti anda harus memahami tentang konsep pemanfaatan pasang surut air laut untuk kelancaran kegiatan transportasi laut ini. Kondisi pasang surut air laut bermanfaat untuk membantu kelancaran kegiatan di pelabuhan seperti berangkat dan juga berlabuhnya kapal-kapal dalam berbagai ukuran. Ketika air laut mulai pasang maka kapal-kapal bisa pergi  dan berlabuh pada pelabuhan dan saat air laut sedang surut maka kapal-kapal dengan mudah bersandar sejenak sebelum memulai lagi perjalanan mereka ke suatu tempat.

4/ Bermanfaat untuk kegiatan water spot

Untuk anda yang menyukai kegiatan olahraga air seperti surfing maka pastilah anda sudah benar-benar mampu memahami tentang konsep dari pemanfaatan pasang surut air laut guna membantu anda dalam melakukan hobi berselancar di laut. Surfing baiasanya banyak diminati oleh turis asing yang berkunjung ke Indonesia khususnya wilayah pesisir pantai karena surfing ini adalah termasuk salah satu jenis olah raga yang menguji adrenalin dan bisa memberikan manfaat tersendiri bagi yang melakukannya. Pasang surut air laut bisa membantu membuat dan menambah jumlah ombak di lautan yang tentu saja bisa membantu ombak menjadi semakin tinggi yang bagus untuk melakukan olah raga surfing ini terutama pada saat ombak sedang tinggi.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel