Apa Saja Kegunaan Dari Membuat Sumur Resapan?

3 Jun 2022 13:00 809 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apa Saja Kegunaan Dari Membuat Sumur Resapan ?

Apakah anda pernah mendengar tentang sumur resapan ? Pastilah di lingkungan tempat anda tinggal pernah melihat jenis sumur yang satu ini. Biasanya sumur resapan berada di daerah perkampungan seperti di desa-desa yang sumber airnya masih jernih. Sumur resapan merupakan salah satu jenis sumur yang secara alami muncul dan terbentuk karena bantuan dari resapan-resapan air pada suatu lokasi atau daerah tertentu yang sering turun hujan.

Menemukan Lokasi Sumur Resapan Yang Tepat

Daerah-daerah yang mempunyai resapan air yang sempurna adalah daerah dengan kontur tanah yang bagus, bukan merupakan jenis tanah bekas rawa atau bukan juga merupakan jenis tanah pasir bahkan bukan dari jenis tanah kapur. Pada umumnya daerah resapan air terjadi berkat bantuan dari banyaknya tumbuh pepohonan di sekitarnya dimana pohon-pohon ini akan membantu air hujan yang turun untuk disimpan di dalam tanah. Sehingga air hujan akan menjadi salah satu sumber air resapan tanah yang selanjutnya dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumur resapan.

Mengapa Sumur Resapan Banyak Dibuat ?

Sumur resapan adalah salah satu jenis sumur yang saat ini paling banyak dimiliki oleh orang-orang (masyarakat) di daerah tertentu. Hal ini dikarenakan proses pembuatan sumur resapan tergolong murah dan sangat mudah juga cukup mudah untuk mencari sumber resapan air yang ada sehingga pembuatan sumur resapan semakin diminati oleh masyarakat. Agar bisa mengalirkan air dari sumur resapan untuk dapat dimanfaatkan sehari-hari maka dibutuhkan pompa air atau sistem timba air agar air yang berada di dalam sumur resapan bisa dinikmati dengan cepat, mudah dan bersih oleh masyarakat. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa amnfaat dari dibuatnya sumur resapan bagi kehiduapan mahkluk hidup di sekitarnya.

1/ Sebagai sumber air untuk keperluan konsumsi

Manfaat sumur resapan yang pertama adalah sebagai salah satu sumber air utama guna pemenuhan keperluan konsumsi seperti sebagai air minum dan juga sebagai bahan memasak makanan setiap hari. Karena dalam hal ini air merupakan salah satu elemen penting dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi terutama kebutuhan pangan manusia. Hampir semua bahan-bahan makanan dan minuman diolah dengan menggunakan bantuan air atau menambahkan air di dalamnya. Maka dari itu sumur resapan akan sangat bagus untuk membantu mendukung proses konsumsi pangan dari masyarakat dan juga warga sekitarnya.

2/ Dimanfaatkan untuk mencuci pakaian

Manfaat yang dirasakan kedua adalah air sumur resapan cocok digunakan untuk mencuci pakaian. Karena sumur resapan merupakan salah satu sumber air bersih maka ini artinya bahwa sumur resapan bisa merupakan jenis air yang aman untuk digunakan dalam berbagai keperluan salah satunya adalah untuk keperluan mencuci, baik itu mencuci pakaian maupun mencuci peralatan rumah tangga. Mencuci pakaian dan peralatan rumah tangga dengan menggunakan air yang bersih berasal dari sumur resapan akan jauh lebih aman dan bersih dibandingkan harus mencuci dengan menggunakan air dari aliran sungai atau penampungan-penampungan air setempat. Dimana diketahui bahwa air sungai atau penampungan air umum sangat mudah terkontaminasi oleh beragam jenis bakteri yang tidak diketahui berapa banyak jumlahnya dan jenis-jenisnya. Maka dari itu, gunakan sumur resapan dengan baik untuk membantu mendukung kebutuhan untuk mencuci dan membersihkan pakaian dan juga peralatan rumah tangga.

3/ Dimanfaatkan untuk mandi

Manfaat ketiga dari sumur resapan adalah untuk keperluan mandi setiap hari. Dimana seperti diketahui bahwa mandi adalah merupakan kebutuhan primer paling utama yang dibutuhkan oleh manusia. Untuk kelengkapan mandi pastinya dibutuhkan kondisi air yang bersih yaitu tidak mengandung bakteri yang berbahaya. Penggunaan sumur resapan merupakan salah satu solusi efektif guna membantu menjawab kebutuhan anda terkait dengan persoalan air bersih untuk mandi. Penggunaan sumur resapan sebagai sumber air untuk mandi lebih sehat jika dibandingkan dengan menggunakan air dari aliran sungai untuk mandi. Dimana diketahui bahwa aliran sungai saat ini sudah banyak mengandung kuman dan bakteri yang bisa membahaykan bagi tubuh, apalagi jika digunakan setiap hari, bisa menjadi pemicu munculnya berbagai macam gangguan kesehatan terutama kesehatan kulit.

4/ Untuk kepentingan irigasi

Manfaat yang terakhir dari sumur resapan adalah untuk membantu keperluan irigasi dimana irigasi dalam hal ini biasanya digunakan untuk mengairi suatu lahan sekaligus membendung air. Pada saat irigasi mengalami gangguan seperti kekurangan air, biasanya irigasi menggunakan sumur resapan untuk menambah bendungan air yang terdapat dalam saluran irigasi. Sumur resapan dimanfaatkan untuk irigasi dalam skala kecil. Biasanya irigasi digunakan untuk mengairi lahan pertanian, membersihkan tanah kering, memberantas hama dan tujuan irigasi lainnya sehingga sumur resapan memegang peranan penting guna membantu irigasi saat bermasalah dalam hal kekurangan air untuk dibendung.

Semoga bermanfaat.

Tags Asus

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel