Untuk Apa Virus Komputer Diciptakan?

23 May 2022 11:00 424 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagaimana virus dapat menginfeksi komputer anda? Berikut pembahasannya.

Virus komputer adalah sebuah program perangkat lunak yang dirancang untuk menyebar dari satu komputer ke komputer lain. Pada kebanyakan kasus, program ini termasuk jahat atau malicious, yang berarti bertujuan untuk merusak komputer dengan cara tertentu.

Lantas kenapa virus diciptakana jika dapat membahayakan komputer? Berikut adalah tujuan tujuan virus komputer diciptakan..

 

Tujuan Virus Komputer Diciptakan

1. Menguasai Komputer dan Menggunakannya Untuk Suatu Tujuan

Jika komputer anda pernah seakan akan mempunyai otak sendiri seperti menggerakkan kursor atau membuka berbagai aplikasi dan file?

Jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan komputer anda terinfeksi virus trojan. Jenis virus ini biasanya  akan terdownload tanpa kita sadari dan pembuat virus dapat menyabotase komputer anda dengan mudah. Saat komputer anda sudah terinfeksi virus trojan maka komputer tersebut disebut dengan Zombie Computer.

Hal tersebut tentu saja akan sangat merugikan kita, lebih buruknya lagi jika targetnya merupakan orang penting seperti pimpinan, petinggi, ataupun pejabat negara.

2. Menghasilkan Uang

Jenis virus yang biasa menyamar sebagai sebuah virus removal tools palsu yang dikenal dengan sebutan rogueware. Jika anda menjalankannya, maka aplikasi tersebut akan memberi peringatan bahwa komputer anda sudah terinfeksi virus. Lalu anda akan diminta untuk menghapusnya dengan membayar full versionnya.

Perlu diketahui semua peringatan yang diberikan kemungkinan besar merupakan peringatan palsu. Dan jika anda sudah menginstall antivirus palsu ini maka akan mempermudah komputer anda terinfeksi virus-virus lainnya karena sistem keamanan komputer anda sudah dirusak. Salah satunya yaitu virus Myzor.fk.

3. Untuk Spionase

Spionase adalah tindakan untuk memata-matai suatu kelompok, individu, maupun organisasi tertentu untuk mendapatkan informasi.

Informasi yang didapat biasanya akan digunakan untuk menjatuhkan kompetitornya. Tentunya akan sangat berbahaya jika terdapat informasi yang sensitif pada komputer anda.

4. Melumpuhkan Komputer dan Jaringan

Virus yang sangat berbahaya ini akan membuat komputer tidak bisa di booting sama sekali dengan menyerang Master Boot Record (MBR) pada komputer. Begitu pula dengan virus yang melumpuhkan jaringan. Kebanyakan jenis virus ini dirancang untuk memberikan beban yang signifikan pada komputer hingga menjadi down.

5. Pemerasan

Jika komputer anda sudah dilumpuhkan oleh virus sehingga tidak dapat digunakan dan semua data juga sudah dienkripsi. Biasanya sang pembuat virus akan memberi peringatan agar sang pemilik komputer mengirimkan sejumlah uang agar komputer dapat diakses lagi oleh sang pemilik.

 

Itulah beberapa tujuan dari diciptakannya virus.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel