5 Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

12 May 2022 11:35 637 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Komputer anda lemot seperti keong? Berikut 5 penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya.

Komputer anda selambat keong, padahal kerjaan menumpuk dan dikejar deadline. Jika sudah seperti ini, komputer yang harusnya mempercepat dan mempermudah pekerjaan manusia dalam melakukan pekerjaan menjadi tidak guna. Bukannya mempercepat, malah memperlambat plus bikin stress luar binasa. Apakah anda ingin menghancurkan komputer anda? Eitss.. jangan lakukan itu, mari kita cari tahu penyebab komputer anda selambat keong dan mencari tahu bagaimana cara mengatasinya agar komputer anda bisa kembali normal.

 

5 Penyebab Komputer Lambat

1. Komputer lambar karena virus. Virus atau malware akan memperburuk kinerja komputer anda. Virus akan memakan resource komputer yang banyak, karena virus akan terus bekerja menguasai seluruh bagian komputer dan terus menggandakan dirinya.

2. Komputer lambat karena overheat atau terlalu panas. Hardware komputer yang sering terjadi adalah pada procesor.

3. Komputer lambar karena terlalu banyak startup program. Startup program merupakan program yang akan berjalan otomatis ketika komputer pertama kali dijalankan. Biasanya antivirus akan menyeting dirinya agar berjalan otomatis ketika komputer di startup. Semakin banyak program yang berjalan saat startup, maka semakin besar pula resource yang dibutuhkan. Akhirnya komputer menjadi lemot kayak kukang.

4. Terlalu banyak temporary files. Temporary files ini sangat berguna untuk mempercepat akses ke sebuah situs yang pernah anda kunjungi, namun temporary ini juga dapat membuat komputer anda menjadi lambat. 

5. Masalah hardisk. Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang berpengaruh dalam .kecepatan komputer anda. Masalah yang disebabkan oleh harddisk ini diantaranya adalah.

  • Hardisk low space
  • Hardisk terfragmentasi
  • Hardisk sudah lama
  • Hardisk error / bad sector

 

Cara Mengatasi Komputer Lambar

1. Bersihkan komputer anda dari virus menggunakan anti virus terbaik. Silahkan bantai habis para virus sampai tak tersisa.

2. Gunakan cooler master terbaik apabila procesor anda overheat. Pastikan cooler terpasang dengan baik karena renggang sedikit saja akan mengakibatkan procesor menjadi panas. Tambahkan juga kipas pada bagian samping casing.

3. Nonaktifkan startup yang tidak diperlukan. Caranya dengan membuka system configuration dengan cara klik run ketikan msconfig kemudian klik enter. Masuk ke menu startup kemudian hilangkan centang pada startup yang ingin dinonaktifkan.

4. Bersihkan temporary files. Caranya sangat amat sangat muda, dengan klik run, ketikan prefetch dan hapus semua file yang ditemukan. Anda bisa juga menggunakan sebuah tools bernama disk cleanUp untuk membersihkan temprary files.

5. Lakukan defrag pada hardisk. Melakukan defagmentasi pada hardisk secara berkala agar susunan data dalam harddisk tetap tersusun rapi. Selain itu juga akan otomatis melakukan fix terhadap error harddisk. Jika ruang harddisk anda sudah sangat minim saya sarankan untuk mengupgrade harddisk anda ke yang lebih besar.

 

Itulah 5 penyebab kenapa komputer anda bisa seperti keong dan cara mengatasinya agar bisa kembali normal.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 25
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel