Dengan Uang Rp. 1,5 Juta, Anda Bisa Berlibur Murah ke Singapura

7 Jun 2022 11:07 919 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dengan Uang Rp. 1,5 Juta, Anda Bisa Berlibur Murah Ke Singapura

Liburan murah ke Singapura ? Hanya dengan bekal satu setengah juta rupiah saja ternyata anda bisa melakukannya. Sudah ada banyak backpacker asal Indonesia yang menjadikan negara ini sebagai tujuan pertama jalan-jalan keluar negeri. Seperti apa caranya ?

1/ Selalu membawa botol air minum kemana-mana

Kunci penghematan di Singapura yang pertama adalah membawa botol air minum sendiri kemana-mana seperti pada beberapa tempat termasuk bandara internasional Changi yang menyediakan beberapa keran iar minum bersih siap konsumsi. Juga di beberapa titik tempat umum menyediakan dispenser air panas. Nah untuk menghemat pengeluaran untuk air minum maka jangan sungkan untuk membawa botol air minum sendiri. Bahkan ketika anda sedang berada di pesawat masih diizinkan untuk membawa air minum sendiri. Pastikan saat melewati pemeriksaan imigrasi, kosongkan botol air minum terlebih dahulu barulah kemudian isi ulang di tempat-tempat yang menyediakan fasilitas air minum bersih siap konsumsi. Perlu diketahui bahwa harga satu botol air mineral di Singapura cukup mahal yaitu sekitar Rp. 20.000 per botol sedang. Di Indonesai masih di bawah Rp. 5 ribu saja. Daripada mengeluarkan biaya cukup besar untuk sekali minum, maka lebih baik anda menghemat uang dengan cara membawa botol air minum sendiri.

2/ Gunakan kartu SIM lokal

Jika anda adalah termasuk orang yang wajib update sekalipun sedang berada di luar negeri maka anda bisa memakai kartu SIM lokal. Belilah di pusat kota atau sekitar area bandara. Rata-rata harganya kurang lebih sekitar S$ 12 dengan kuota rata-rata sebesar 100 GB menggunakan SingTel. Bagi anda yang ingin menikmati liburan seru di Singapura, anda tetap bisa terhubung dengan internet yaitu manfaatkan wifi gratis sejak dari bandara internasional Changi. Pastikan anda tidak melakukan transaksi tunai dengan menggunakan kartu kredit saat terhubung dengan akses internet publik guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila anda menggunakan kartu SIM lokal biasanya ada biaya aktivasi roaming internasional antara Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000. Ada yang sudah termasuk kuota internet dan sebagian lagi belum. Jadi pastikan dengan bijaksana mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Termasuk salah satunya adalah kadang-kadang ada juga yang bermasalah ketika mengaplikasikan kartu sim card dari tanah air.

3/ Gunakan Ez Link untuk transportasi murah

Transportasi yang paling hemat dan murah berlaku di Singapura adalah dengan menyewa transportasi umum seperti MRT, LRT dan bus. Agar mengenal jalur dan rute yang tersedia dengan baik maka anda perlu peta offline. Jika anda selalu terhubung dengan internet maka anda bisa menggunakan google maps untuk mendapatkan panduan arah menuju ke suatu tempat.

Harga kartu EZ Link 2018 beli di stasiun adalah S$ 12 (harga kartu $5 dan saldo $7). Beli di Sevel S$10 (harga kartu $5 dan saldo $5). Kartu Ez Link (pay as you go) bisa digunakan untuk semua moda transportasi di Singapura kecuali taksi. Saldo akan terpotong sesuai dengan biaya yang akan dikenakan. Disarankan untuk melakukan top up secara berkala misalnya untuk satu hari cukup top up sebesar S$10 saja.    

4/ Sewa hotel atau hostel dekat stasiun MRT dan pilihlah maskapai penerbangan yang murah

Yang terakhir dan paling penting adalah memilih hotel atau hostel untuk menginap. Di Singapura rata-rata harga hotel / hostel cukup mahal. Semakin dekat dengan stasiun MRT maka harganya akan semakin mahal. Jika ingin menyewa hotel/ hostel yang relatif terjangkau maka bisa menemukan yang agak jauh dari stasiun MRT atau berada di kawasan Bugis Street yang saat ini banyak direkomendasikan oleh kelompok backpacker asal Indonesia. Untuk yang membawa keluarga sangat penting mengetahui bahwa beberapa hotel / hostel mempunyai kebijakan jika memperbolehkan satu kamar membawa anak-anak. Jadi pastikan hotel sudah bisa mencover anak-anak anda. Untuk keluarga disarankan menyewa kamar privat dengan harga lebih murah jika harga sewa hotel dirasa cukup mahal.

Banyak para backpacker yang suka berburu tiket promo satu tahun sebelumnya. Karena harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga normal. Rata-rata jika anda beruntung maka bisa mendapatkan tiket murah Rp. 500 ribu untuk PP Jakarta-Singapura. Atau alternatif lain anda bisa menggunakan promo tiket pesawat melalui Reservasi.com.

Stimulasi estimasi biaya :

  • Tiket pesawat PP = Rp. 500.000.
  • Hotel = Rp. 500.000.
  • Ez Link = Rp. 200.000.
  • Makan = Rp. 200.000.
  • Lain-lain = Rp. 100.000.

Semoga bermanfaat.


 

Tags Wisata

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel