Contoh Hutan Buatan dan Fakta yang Menyertainya

6 Jun 2022 11:35 1129 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Contoh Hutan Buatan Dan Fakta Yang Menyertainya

Salah satu jenis kawasan yang memberikan banyak sekali manfaat untuk makhluk hidup di sekitarnya adalah hutan. Ada banyak sekali pemanfaatan hutan dilakukan oleh manusia yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia itu sendiri beserta kebutuhan yang menyertainya. Salah satu manfaat hutan yang dapat dirasakan secara langsung adalah dinamika perubahan atmosfer. Bukan sebuah hal yang aneh apabila atmosfer sebagian besar mendapat pengaruh oleh pola dan kehidupan dari hutan itu sendiri sehingga ada banyak sekali proses perlindungan dilakukan terhadap ekosistem hutan yang harus diperhatikan dan dijaga dengan baik. 

Di dunia ini ada banyak sekali jenis hutan tetapi pada dasarnya anda bisa membagi menjadi dua golongan yang utama yaitu hutan alami yang memang terbentuk dan tumbuh dengan ekosistem alami dan ada juga hutan buatan yang merupakan salah satu jenis hutan yang dibentuk oleh tangan-tangan dingin manusia. Hutan jenis ini adalah salah satu jenis hutan yang memang sengaja dibuat oleh manusia. Tujuan dari pembuatan hutan ini sangat beragam dan semuanya tergantung dari si pembuatnya. Meskipun begitu, hutan jenis ini tetap akan memenuhi fungsinya sebagai salah satu bagian dari pemenuhan siklus kebutuhan manusia.

Melalui artikel ini kami akan membahas tentang hutan buatan. Kami akan memberikan beberapa contoh hutan buatan yang bisa anda kenali. Terdapat 3 jenis hutan buatan yang bisa dengan mudah ditemui sekalipun di daerah kota. Inilah penjelasan masing-masing.

1/ Hutan Rakyat

Yang dimaksud dengan hutan rakyat adalah salah satu contoh dari hutan buatan yang pertama yaitu hutan yang khusus dibangun dan dikelola oleh rakyat secara swadaya. Pada umumnya hutan jenis ini bisa digolongkan sebagai hutan heterogen. Dimana jenis tanaman yang dikembangbiakkan ada lebih banyak jenis dan bervariasi. Fungsi dari hutan ini sangat beragam, ada sebagai hutan produksi dan ada juga sebagai hutan wisata. Namun, beberapa dari hutan rakyat yang ada saat ini kebanyakan adalah menjadi sebuah hutan produksi yang dipakai untuk menopang perekonomian masyarakat sekitarnya.

Hutan rakyat bisa dibagi menjadi beberapa golongan utama seperti hutan milik, hutan adat dan hutan kemasyarakatan. Masing-masing jenis hutan tersebut mempunyai fungsi dan cirinya tersendiri namun ada persamaan di dalamnya yaitu tetap digunakan untuk kesejahteraan dari masyarakat itu sendiri.

2/ Hutan Kota

Yang dimaksud dengan hutan kota adalah salah satu dari beberapa contoh hutan buatan yang sangat mudah anda jumpai dimana-mana. Hutan jenis ini biasanya terletak di dalam pusat kota maupun di pinggiran kota. Adapun fungsi dari hutan kota itu sendiri selain sebagai lokasi wisata juga merupakan sebuah kawasan konservasi. Sebagaimana yang telah anda ketahui bahwa hutan kota termasuk ke dalam kawasan terbuka hijau yang oleh pemerintah setempat diatur keberadaannya dalam undang-undang yang ada. Masing-masing kota seharusnya mempunyai setidaknya 30 persen ruang terbuka hijau di setiap daerahnya. Peraturan yang bersangkutan bisa anda temukan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2002 tentang hutan kota.

Keberadaan dari hutan kota diharapkan bisa mengurangi tingkat polusi dalam kota. Juga berpotensi besar sebagai destinasi wisata. Hutan kota sangat berguna dalam mengurangi efek buruk yang bisa ditimbulkan oleh anomaly cuaca yang tak tentu. Saat ini sudah banyak dikenal beberapa jenis hutan kota yang berada di Indonesia. Salah satu hutan kota yang cukup terkenal adalah Kebun Raya Bogor yang terletak di Daerah Bogor di Jawa Barat.

3/ Hutan Tanaman Industri

Pada dasarnya potensi sumber daya alam hutan sangat luas. Semua ini tergantung dari bagaimana cara pemanfaatan disertai dengan pengelolaan yang tepat guna. Banyak sekali pemanfaatan hutan yang bisa anda temui seperti hutan tanaman industri. Hutan jenis ini bisa dikelompokkan ke dalam jenis hutan produksi yang keberadaannya sangat penting. Hutan jenis ini biasanya lebih banyak ditanami oleh pihak-pihak swasta. Jenis tanaman yang dikembangkan termasuk ke dalam golongan hutan homogeny. Ini dikarenakan sangat minimnya jenis tumbuhan yang ditanam. Di dalam hutan ini banyak ditemukan jenis tanaman tahunan yang menawarkan nilai ekonomi tinggi. Keberadaannya di Indonesia mencakup wilayah Pulau Sumatera, Kalimantan dan beberapa daerah Papua.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Asus

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel