Enak, Murah Dan Bikin Kangen, Inilah Ragam Makanan Khas Solo yang Lezat

6 Jun 2022 09:35 1631 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Enak, Murah Dan Bikin Kangen, Inilah Ragam Makanan Khas Solo Yang Lezat

Kota Solo dikenal sebagai salah satu kota besar yang menyimpan segudang kisah sejarah dan seni budaya sangat menarik untuk diketahui. Di samping itu, kota ini juga terkenal memiliki koleksi kuliner paling lengkap di seluruh Nusantara yang rata-rata dikenal enak dan relatif terjangkau harganya. Sehingga tidak mengherankan jika pelesiran ke Kota Solo kerap menjadi agenda utama para traveler. Untuk informasi bagi anda yang penasaran dengan ragam makanan khas Solo, berikut di bawah ini kami rekomendasikan yang terbaik dijamin bikin nambah dan kangen mencoba berkali-kali.

1/ Nasi Liwet

Sego / nasi liwet memiliki cita rasa gurih yang sedap dengan lauk-pauk sederhana sebagai pelengkap seperti opor, sayur labu, telur balado dan daging ayam berbumbu. Penyajiannya unik yaitu dengan menggunakan pincuk dari daun pisang. Salah satu tempat makan terkenal yang khusus menyajikan nasi liwet adalah RM Nasi Liwet Wongso Lemu di daerah Banjarsari, Solo. Sejak dibuka tahun 1950 silam, rumah makan ini selalu ramai dikunjungi orang. Harga yang ditawarkan bervariatif yaitu mulai Rp.10.000 hingga Rp. 25.000.

2/ Selat Solo

Makanan khas Solo yang kedua populer dengan nama steak Jowo (Jawa) karena memiliki tampilan dan penyajian menyerupai steak ala kuliner Eropa. Dalam seporsi Selat Solo di dalamnya ada daging semur, potongan buncis, kentang, daun selada, wortel, serta kuah semur yang rasanya manis dan gurih. Warunf Selat Vien’s adalah tempat paling tepat untuk menikmati sajian ini yang lokasinya berada di daerah Banjarsari, Solo tepatnya di Jalan Hasanudin No. 99 C Solo. Seporsi dijual dengan harga Rp.41 ribu hingga Rp.17 ribu.

3/ Timlo

Timlo merupakan salah satu jenis makanan berkuah mirip dengan sop daging sapi. Lauk pelengkapnya adalah telur, sosis Solo, suwiran daging ayam dan ati ampela ayam menambah kelezatan kual kaldu kental yang panas bercita rata super gurih. Bila anda sedang berada di Kota Solo maka luangkan sedikit waktu untuk mencici sajian khas Solo yang ketiga ini. Salah satu rekomendasi tempat untuk menikmati segarnya timlo adalah di Rumah Makan Timlo Sastro. Rumah makan ini telah eksis sejak tahun 50-an dan saat ini sudah memiliki dua cabang yaitu di kawasan Pasar Gede Solo dan di Jalan Dr. Wahidin, Laweyan, Solo. Satu porsi lengkap timlo Solo dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp.18.000 sampai dengan Rp.20.000.

4/ Sate Buntel

Apa perbedaan antara sate buntel dengan sate ayam / sate kambing / sate sapi pada umumnya ? Rahasia makanan khas Kota Solo yang keempat ini adalah terletak pada penggunaan lemak kambing untuk membuntel atau membalut daging kambing yang sudah dicacah. Ditambah dengan irisan daun kol segar dan bawang merah serta bumbu kecap maka sekali mencoba maka pastilah secara langsung anda akan suka dan ketagihan.

Sate buntel paling laris di Kota Solo ada di Warung Tradisional Bu Hj. Bejo di daerah Pasar Kliwon, Solo. Warung sate kambing ini adalah destinasi favorit Pak Jokowi saat beliau pulang ke Solo. Sate buntel di sini dijual seharga Rp. 45 ribu per porsi. Daging kambingnya adalah pilihan yang masih muda dan empuk sehingga dijamin bikin nagih.

5/ Tengkleng Kambing

Makanan khas Solo yang kelima adalah mirip dengan gulai kambing. Bedanya adalah kuah tengkleng lebih cair dibandingkan dengan kuah gulai yang kental dan pekat. Tengkleng menggunakan lebih banyak balungan atau tulang kambing muda yang menciptakan kuah yang gurih dan segar saat diseruput. Pastikan anda mampir ke Warung Tengkleng Bu Edi di kawasan Pasar Klewer, Solo. Dengan hanya merogoh kocek sekitar Rp.25 ribu maka anda bisa menikmati seporsi tengkleng Solo yang lezat tiada banding.

6/ Serabi

Serabi adalah makanan khas Solo yang terakhir dibuat dari santan, tepung beras, garam, gula dan daun pandan. Rasanya gurih dan bertekstur legit (lembut). Serabi bisa disajikan dengan atau tanpa kuah manis sebagai saosnya. Serabi paling tersohor di Solo adalah serabi notosuman yang berlokasi di sepanjang Jalan Mohammad Yamin di Kota Solo. Tersedia dalam rasa original dan varian rasa lainnya dengan harga satu pack serabi isi 10 adalah Rp. 20 ribu sampai Rp. 25.000.

Selamat mencobanya.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel