Gunung Berapi dan Dampak Letusannya Bagi Lingkungan

3 Jun 2022 15:05 1019 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Gunung Berapi Dan Dampak Letusannya Bagi Lingkungan

 

Keberadaan gunung berapi di lingkungan manusia seolah-olah tak bisa lepas dari kehidupan manusia itu sendiri yang menyebabkan orang-orang di sekitarnya menjadi terbiasa dengan keberadaannya. Masyarakat yang memiliki tempat tinggal di daerah berdekatan dengan gunungberapi hanya bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan yang sewaktu-waktu bisa berbahaya ketika sedang mengalami kenaikan aktivitas dari gunung berapi pada lapisan atmosfer.

Gunung berapi yang sedang meletus biasanya mengeluarkan tanda-tanda sebagai berikut : tanaman dan pepohonan sekitar gunung tampak layu dengan daun berguguran, kenaikan suhu yang terjadi di wilayah sekeliling gunung tersebut, terjadi gempa bumi di sekitarnya, terdengar suara gemuruh dari arah lokasi gunung berapi berada dan mata air sekitar hutan berdekatan dengan lokasi gunung mulai mengering.

Dampak Positif Letusan Gunung Berapi

Gunung berapi adalah sekelompok gunung yang berbahaya yaitu bisa merusak lingkungan sekitar jika gunung api bersangkutan mengeluarkan letusan atau sedang meletus. Pada umumnya gunung berapi meletus disebabkan oleh beberapa faktor dan akan memberikan siaga bagi warga masyarakat sekitar jika gunung berapi akan meletus sehingga gunung berapi yang akan meletus memberikan dampak positif maupun negatif pada warga masyarakat sekitarnya.

Berikut adalah penjelasan tentang dampak positif gunung berapi yang ada di sekitar lingkungan.

1/ Dampak positif letusan gunung api bagi manusia

  • Jenis hutan yang rusak akibat adanya letusan akan cepat digantikan dengan pepohonan baru yang tumbuh membentuk suatu ekosistem baru.
  • Membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga sekitar pegunungan yaitu sebagai penambang pasir. Dimana diketahui bahwa materi vulkanik yang keluar dari gunung berapi yang berupa pasir bisa dikumpulkan lalu dijual dengan harga tinggi, inilah yang membantu perekonomian warga.
  • Munculnya mata air yang mengandung banyak mineral. Mata air ini biasanya disebut dengan istilah makdani.
  • Pembangkit listrik didirikan di sekitar wilayah yang sering mengalami letusan gunung.
  • Tanah yang dilewati oleh abu vulkanis akibat meletusnya gunung berapi membuat kondsinya menjadi subur dan sangat baik untuk bercocok tanam. Bagi warga sekitar yang menggarap lahan untuk ditanami berbagai tanaman sayuran atau lainnya akan memberikan kesuburan dan bisa membawa keuntungan dengan adanya panen yang berlimpah. 

2/ Dampak positif letusan gunung berapi bagi lingkungan

  • Menjadikan tanah di sekitar letusan gunung bertambah subur.
  • Menghasilkan batu dan pasir berkualitas sempurna untuk bahan bangunan.
  • Energi panas yang berasal dari bumi bermanfaat untuk pembangkit tenaga listrik.
  • Sebagai sumber mineral diantaranya gypsum, belerang, zeolit dan lain sebagainya.

Dampak Negatif Letusan Gunung Berapi

Dampak negatif yang muncul sebagai akibat adanya letusan gunung berapai adalah akan sangat merugikan seluruh mahkluk hidup di sekitarnya. Tak mengherankan jika banyak orang yang sangat mengantisipasi agar tidak terjadi letusan pada gunung berapi karena memiliki banyak dampak negatif terhadap lingkungan sekitar dan mahkluk hidup di dalamnya.

Berikut adalah penjelasan mengenai dampak negatif gunung berapi yang meletus :

1/ Dampak negatif letusan gunung api bagi manusia

  • Melumpuhkan semua kegiatan masyarakat sekitar termasuk ekonomi yang berhenti.
  • Abu vulkanik yang panas akan merusak segala yang dilewatinya.
  • Pencemaran udara oleh abu gunung api bersangkutan. Aubu gunung berapi diketahui memiliki beberapa kandungan zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia seperti hidrogen sulfide (H2S), sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida dan material debu yang kemungkinan mengandung racun.
  • Meragam material yang dikeluarkan oleh gunung berapi bisa memicu munculnya bibit penyakit seperti infeksi saluran pernafasan, batuk-batuk, sakit gatal, sakit kulit dan lain sebagainya.
  • Biasanya gunung berapi dan sekitarnya dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Dengan adanya bencana ini maka secara otomatis pariwisata akan terhenti, pemasukan dari wisata pun turut berhenti. Contohnya adalah destinasi wisata gunung Merapi dan Rinjani di Indonesia.

2/ Dampak negatif letusan gunung api bagi lingkungan

  • Bahaya secara langsung saat gunung meletus seperti awan panas, guguran material letusan gunung, bebatuan, abu vulkanik, lava dan erosi tanah.
  • Bahaya secara tidak langsung seperti terjadinya polusi udara oleh zat beracun, air tercemar dan lahan rusak. Ada juga baya yang ditimbulkan oleh aktivitas gunung berapi secara tidak langsung lainnya antara lain sebagai berikut : aliran lava panas, lahar. Lahar letusan, lahar hujan dan awan panas.

Penanggulangan Bahaya Letusan Gunung Api

  • Memantau terus aktivitas gunung api yang aktif.
  • Informasi ketika sudah tampak tanda-tanda adanya gunung berapi akan meletus bisa dengan sigap tersampaikan ke masyarakat sekitar dengan cepat berkat pemantauan intensif.
  • Bahaya karena aliran lahar bisa dicegah dengan membuat tanggul-tanggul dan mengurangi jumlah air kawah.
  • Wilayah yang rawan bencana sebaiknya ditinggalkan karena membahayakan keselamatan penduduk.
  • Pemetaan wilayah rawan bencana.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Asus

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel