Lamak Bana! Inilah Rekomendasi Beberapa Makanan Khas Padang Wajib Dicoba

2 Jun 2022 16:50 2277 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Lamak Bana ! Inilah Rekomendasi Beberapa Makanan Khas Padang Wajib Dicoba

Apakah anda sudah mengetahui bahwa ada salah satu makanan khas dari Kota Padang yang sudah mendunia ? Apa lagi kalau bukan rendang ? Makanan khas Padang yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi cita rasanya sehingga menjadi favorit banyak orang. Apabila secara kebetulan anda sedang berada di Kota Padang maka jangan ragu untuk mencicipi berbagai kuliner khas di sisni. Namun bila tidak ada waktu jalan-jalan jauh ke Kota Padang, anda tetap bisa menikmati kulinernya di rumah makan Padang yang banyak tersedia di kota anda. Apa sajakah makanan khas yang populer di sini ? Simak daftarnya berikut ini.

1/ Ayam Pop

Bagi anda penggemar nasi Padang sudah pasti tidak asing dengan masakan khas Padang yang satu ini yaitu ayam pop. Dimana diketahui bahwa teknik memasak ayam pop adalah dengan cara ayam direbus terlebih dahulu dengan bumbu khusus kemudian digoreng sebentar agar teksturnya menjadi renyah / garing. Warnanya yang agak pucat kerap membuat salah paham karena terkesan seperti tidak benar-benar matang. Tetapi yang sebenarnya adalah ayam pop matang sempurna ketika berubah warna menjadi agak pucat dan rasanya sangat enak. Apalagi ditambah dengan sambal lado tomat dan daun singkong rebus. Bisa nambah terus makannya.

 

2/ Gulai Tunjang

Bagi anda pecinta makanan serba berkuah santan seperti gulai maka bisa dipastikan anda akan jatuh cinta dengan masakan ini pada suapan pertama saat pertama kali mencoba makanan khas Padang yang kedua yaitu gulai tunjang. Cita rasanya gurih dan kental kuah berbumbu rempah terlengkap dengan bahan utama adalah kikil sapi yang dimasak sampai benar-benar empuk dengan bumbu gulai. Anda bisa menemukan gulai tunjang di restoran manapun di Padang seperti Gulai Tunjang Buk Ayang, Padang Utara dan Gulai Tunjang Piaman Ade di Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Harga yang dijual mulai dari Rp.20.000 sampai dengan Rp.35.000.

 

3/ Dendeng Batokok

Agak berbeda dengan dendeng biasanya, makanan khas Padang yang ketiga adalah dendeng batokok ini pengolahannya dengan cara direbus bersama bumbu terlebih dahulu kemudian barulah dipukul-pukul dengan ulekan agar dagingnya lebih pipih dan lebar. Cara pengolahan yang demikian memiliki tujuan agar bumbu semakin mudah meresap ke dalam serat daging.

Jika anda mencicipinya selembar maka akan terasa aroma rempah yang sangat kuat. Dendeng batokok biasanya disajikan dengan sambal lado mudo yang terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bumbu penyedap dan garam. Restoran yang bisa dikunjungi untuk bisa mencicipi kuliner yang satu ini adalah Rumah Makan Rizky Fajar tepatnya di daerah Pasa Gadang, Jalan Ps. Mudik Kecamatan Padang Selatan.

 

4/ Sate Khas Padang

Sate dimana-mana selalu menjadi makanan favorit banyak orang. Di Sumatera Barat sendiri ada variasi makanan khas Padang jenis sate yaitu sate padang panjang dan sate pariaman. Apa perbedaan keduanya ? Terletak pada warna bumbu siraman untuk sate padang panjang cenderung kuning kecoklatan dengan aroma didominasi bau kunyit yang segar dan rasanya gurih sedikit pedas. Sedangkan bumbu siraman sate padang pariaman berwarna cokelat cenderung kemerahan dengan rasa super pedas. Penasaran dengan rasanya ? Makanya kunjungi salah satu tempat legendaries yang menjual sate khas Padang ini yaitu salah satunya adalah Sate Mak Syukur di Jalan Sutan Syahrir No. 250 Kota Padang Panjang. Sejak dibuka puluhan tahun lalu, Sate Mak Syukur selalu laris dan bisa eksis hingga sekarang.

 

5/ Es Durian Khas Padang

Tidak hanya melulu soal makanan berat, makanan khas Padang berupa es durian bisa juga menjadi tujuan kuliner anda di kota yang dijuluki Kota Tercinta ini. Terbayang sudah bagaimana segarnya perpaduan es dengan buah durian yang rasanya legit dan manis. Rekomendasi penjual es durian yang enak adalah Es Durian Iko Gantinyo di Jalan Pulau Karam Kecamatan padang Barat dengan harga mulai Rp.10.000 bebas memilih topping mulai dari buah-buahan, kacang hingga meses. 

Selamat mencicipi.

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel