Makanan yang Bikin Terlena, Yuk Icip Makanan Khas Timur Tengah Ini

2 Jun 2022 15:45 757 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Makanan Yang Bikin Terlena, Yuk Icip Makanan Khas Timur Tengah Ini

Seperti diketahui bahwa kuliner Indonesia cenderung mendapatkan banyak pengaruh dari budaya Timur Tengah. Nah masalahnya adalah sudahkah anda mencoba makanan Timur Tengah yang sebenarnya ? Lebih banyak memadukan rempah dan aneka daging, sayur serta buah-buahan segar yang menghasilkan masakan cocok di lidah orang-orang Indonesia yang terkenal menyukai sajian kaya rasa. Karena populer maka ada banyak hidangan Timur Tengah yang bisa dengan mudah anda temukan di berbagai restoran di Indonesia. Berikut adalah beberapa makanan ikonik yang harus anda cicipi.

1/ Shawarma

Apakah anda pernah melihat bongkahan daging sapi besar di tusukan besi untuk selanjutnya diiris tipis-tipis dengan menggunakan pisau besar yang sangat tajam ? Itulah namanya shawarma yaitu bongkahan daging domba atau daging sapi yang dipanggang berbalur rempah-rempah di alas memutar secara vertikal. Teknik memanggang daging bongkahan besar ini mulai dikenal lalu menjadi populer pertama kali pada era Kekaisaran Ottoman yaitu awal abad ke-19, selanjutnya dibawa ke berbagai negara seperti Yunani dan Meksiko. Shawarma biasanya diiris tipis-tipis sebelum disajikan di dalam kebab atau sandwich. Anda bisa menemukan sajian ini di restoran Turki atau Lebanon seperti Al Nafoura dan Emado’s Shawarma di Jakarta.

 

2/ Kebab

Apakah anda mengenal sajian Timur Tengah yang kedua ini yaitu bernama kebab ? Makanan ini kini sudah menyebar ke berbagai negara dalam bentuk potongan daging berbumbu yang dihidangkan di tusukan. Kebab biasanya disajikan bersama dengan makanan pendamping lainnya seperti roti, bawang, sayuran dan telur. Terlihat sederhana namun kebab mempunyai banyak modifikasi tergantung asal negaranya. Kebab hadir dalam beragam variasi di Timur Tengah dan Afrika Utara. Di Yunani, kebab hadir sebagai isian roti lokal yang dikenal dengan nama gyros. Sedangkan di negara-negara barat seperti Inggris dan Amerika Serikat, kebab hadir sebagai salah satu hidangan cepat saji atau food truck tidak hanya di restoran melainkan kafe-kafe gaul, toko roti, mall hingga angkringan menjualnay dengan berbagai variasi rasa dan harga. 

Di Indonesia kebab versi lokal hadir sebagai salah satu makanan waralaba misalnya Baba Rafi dan Kebab Kings. Jika anda ingin menjajal versi otentik, bisa mencoba di King of Kebab dan Warung Turki di Jakarta.

 

3/ Sambosa

Sambosa adalah nama dari Persia atau Arab dari suku kata samosa yaitu semacam hidangan berupa pangsit goreng yang renyah sangat terkenal di India. Hal ini wajar mengingat pengaruh Timur Tengah dalam beberapa jenis kuliner India sangat besar. Di Timur Tengah dan Afrika Utara, sambosa populer sebagai salah satu jajanan saat bulan puasa. Mempunyai bahan dan cara pemasakan yang sederhana sehingga menjadi populer di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Di mall-mall anda bisa memesan versi mentahnya untuk digoreng di rumah. Bisa juga dengan mengunjungi restoran Timur Tengah otentik seperti Abunawas dan Al Nafoura di Jakarta.   

 

4/ Nasi Kebuli

Nasi kebuli merupakan salah satu masakan sebagai hasil penyatuan antara masakan Timur Tengah dan Indonesia. Nama kebuli berasal dari kabuli palaw, versi Afganistan adalah pilaf (nasi yang dimasak bersama dengan kaldu dan beragam rempah) yang melalui proses memasaknya mendapatkan pengaruh dari nasi biryani India. Cita rasa nasi kebuli ini adalah sangat kaya rasa karena dimasak dengan kuah kaldu kambing, santan kental dan beragam rempah seperti bawang merah, bawang putih, lada, cengkih, ketumbar, pala dan kayu manis. Nasi kebuli versi komunitas Hadhrami asal Yaman di Indonesia umumnya disajikan bersama dengan semangkok sup kambing.

Ingin mencoba nasi kebuli ? Kunjungi saja restoran yang khusus menyediakan menu ini seperti Pondok Nasi Kebuli Ibu Hanna di Jakarta atau Al Jazeerah Signature di Bandung.

 

5/ Tabouleh

Hidangan Timur Tengah yang terakhir adalah tabouleh. Tidak hanya berisikan aneka daging, tabouleh adalah semacam salad yang terdiri dari campuran potongan buah tomat segar, bulgur, bawang, daun mint dan daun parsley. Salad ini kemudian diracik bersama dengan minyak zaitun, jus perasan lemon dan taburan sedikit garam. Hasilnya adalah tercipta salad dengan tekstur yang kaya nutrisi dan menyegarkan, cocok untuk menemani hidangan lain khas Timur tengah yang serba berat.

Anda bisa menemukan tabouleh di berbagai restoran masakan khas Timur Tengah di Indonesia contohnya adalah Beirut di Jakarta dan Al Jazeerah Signature di Surabaya menyajikan tabouleh bersama dengan beragam menu Timur Tengah otentik lainnya.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel