Malaysia dengan Kekayaan Alam Berupa Gunung-Gunung Tertinggi

2 Jun 2022 12:45 1741 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Malaysia Dengan Kekayaan Alam Berupa Gunung-Gunung Tertinggi

Malaysia adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dimana di dalam area negara ini ditemukan beberapa keunikan yaitu sebenarnya negara ini terbagi menjadi dua wilayah yang sama besar yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur yang berbatasan secara langsung dengan Negara Indonesia dan Negara Brunei Darussalam tepatnya berada di Pulau Kalimantan. Inilah yang menyebabkan kondisi geografis dari Malaysia mempunyai banyak kesamaan dengan Indonesia. Seperti mulai dari kawasan pesisir, koleksi hutan hujan tropis, dataran tinggi, gunung hingga kawasan pegunungan dan bebukitan bisa ditemukan di dalamnya.

Nah berbicara tentang gunung, Negara Malaysia mempunyai beberapa gunung yang menarik untuk didaki. Berikut di bawah ini adalah beberapa daftar gunung-gunung tertinggi di Malaysia yang perlu untuk diketahui bagi anda yang memiliki jiwa-jiwa petualang.

1/ Gunung Trusmadi

Gunung ini terletak di daerah Sabah tepatnya di kawasan hutan lindung terbesar di Malaysia (yaitu mencapai luas mencapai rata-rata 184.527 hektar). Gunung ini memiliki tinggi hingga 2.642 meter di atas permukaan laut. Bagi para pecinta alam, Gunung Trusmadi termasuk ke dalam salah satu gunung tertinggi dengan jalur-jalur pendakian tersulit. Terdapat tiga jalur pendakian yang bisa anda pilih antara lain Jalur Wayaan Kaingaran dengan titik keberangkatan dari daerah Tambunan (4,9 km), Jalur Wayaan Mannan dari Sinua (11,3 km) dan Jalur Wayaan Mastan dari titik keberangkatan Keningau (4,3 km). Terletak di kawasan hutan lindung yaitu Cagar Alam Trusmadi, di dalamnya sangat mudah ditemukan keanekaragaman hayati yang menjadi harta terpendam dari gunung ini. Salah satu contohnya adalah flora di Malaysia yang paling terkenal yaitu tanaman kantong semar.  

2/ Gunung Kinabalu

Gunung Konabalu adalah salah satu gunung tertinggi di Malaysia yang memiliki tinggi mencapai 4.095 meter di atas permukaan laut yang menjadikan gunung ini sebagai gunung tertinggi ketiga di Benua Asia. Gunung Kinabalu terletak di daerah Sabah yang termasuk ke dalam lingkungan Taman Cagar Alam Kinebalu yang telah menjadi situs warisan dunia. Gunung ini terbagi ke dalam 4 kawasan berbeda yaitu Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous atau populer dengan istilah hutan gunung. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Malaysia, tidak mengherankan jika suhu udara di sekitar gunung sangat dingin. Pada bulan Desember hingga bulan Januari suhu udara bisa mencapai -4 hingga 8 derajat Celcius dan 3 derajat sampai dengan 12 derajat Celcius sekitar bulan Juni hingga September.

Bagi penduduk Sabah, Gunung Kinabalu dijadikan sebagai simbol kebesaran yang diyakini bisa memberikan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Dimana diketahui bahwa nama Kinabalu berasal dari bahasa masyarakat Kadazan yakni Aki Kinebalu yang mengandung arti tempat orang-orang mati yang dihormati. Pesona alam yang tersimpan di sekitar gunung membuat banyak orang suka datang berkunjung ke sini untuk beragam tujuan. Meskipun dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi, namun jalur pendakian ke puncak gunung termasuk mudah dana aman bagi para pendaki (pemula).

3/ Gunung Murud

Gunung Murud menjadi gunung tertinggi selanjutnya di Malaysia yang lokasinya terletak di Limbang Sarawak. Gunung ini memiliki tinggi bisa mencapai 2.423 meter di atas permukaan laut dan menjadi gunung tertinggi di wilayah Sarawak. Bagi para pendaki gunung, gunung yang mempunyai nama populer Gunung Muru ini termasuk ke dalam kelompok gunung dengan jalur pendakian agak sulit sehingga dibutuhkan pemandu profesional ketika ingin mendaki gunung ini agar selamat mencapai puncak. Meskipun demikian , Gunung Murud tetap memikat hati para pendaki untuk menikmati pesona alam tersendiri di sekitar gunung yaitu terdapat Taman Batu Lawi berdampingan dengan dua batu raksasa serta formasi batu gunung alami yang terlihat seperti seekor anjing besar. Juga, di tahun 1990, masyarakat Lun Bawang mendirikan sebuah kamp gereja berukuran besar di sekitar puncak gunung dan hingga saat ini masih tetap beroperasi. Meskipun jalur yang harus ditempuh untuk mendaki gunung ini tidaklah mudah, namun setiap tahun ada banyak pendaki dari mancanegara yang tertarik untuk mencoba mendaki gunung ini hanya untuk sekedar melihat-lihat keindahan alam atau mengunjungi kamp gereja yang unik. Dari sini banyak orang menyebut jika jalur pendakian Gunung Murud disebut sebagai perjalanan menuju Tuhan. 

4/ Gunung Tambuyukon

Gunung keempat merupakan gunung tertinggi di Malaysia dengan tinggi mencapai 2.579 meter di atas permukaan laut ini berada di daerah Pantai Barat Sabah yaitu tepatnya di bagian utara dari Gunung Kinabalu. Jika dilihat secara geografis, Gunung Tambuyukon termasuk ke dalam jajaran Pegunungan Croser yang di dalamnya terdapat Gunung Kinabalu dan Gunung Trusmadi. Gunung-gunung ini masuk sebagai satu kompleks bernama Kinabalu Park. Untuk jalur pendakiannya memiliki dua jalur utama yaitu berasal dari Kota Marudu dan melalui daerah Poring. Banyak pendaki berpendapat jika jalur pendakian Gunung Tambuyukon termasuk yang tersulit dika dibandingkan dengan jalur di Gunung Kinebalu. Bahkan nama Tambuyukon sendiri berasal dari bahasa daerah setempat yang artinya curang. Inilah yang menyebabkan banyak pemandu wisata yang memberikan semangat kepada para pendaki dengan terus berkata bahwa puncak gunung sudah dekat namun pada kenyataannya masih sangat jauh.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags Wisata

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel