Mengenal Ragam Fauna dari Australia yang Terkenal

31 May 2022 20:00 1597 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Ragam Fauna Dari Australia Yang Terkenal

Masing-masing negara di dunia ini menyimpan keanekaragaman flora dan fauna tersendiri yang khas. Besar kemungkinan flora dan fauna yang dimiliki belum tentu bisa ditemukan dengan mudah di tempat lainnya seperti yang terdapat di negara Australia. Negara ini merupakan sebuah negara dan benua besar yang di dalamnya mempunyai keragaman flora dan fauna khas dan sebagian ada yang unik. Ini disebabkan karena letak geografis dan kondisi iklim yang berbeda-beda.

Nah berbicara tentang fauna Australia, ada beragam jenis fauna atau hewan yang hanya bertempat tinggal atau habitatnya di Australia saja sehingga dijadikan sebagai mascot atau ikon negara Australia. Lalu apa sajakah fauna khas Australia yang dimaksudkan tersebut ? Berikut 3 diantaranya yang terkenal hingga mancanegara.

1/ Kangguru

Siapa dari anda yang tak kenal dengan fauna khas Australia ini ? Kangguru termasuk ke dalam hewan marsupial atau mempunyai kantung di bagian perutnya. Hewan ini paling mudah dikenali yaitu dari cara berjalannya yang melompat-lompat. Kangguru dilengkapi dengan dua kaki belakang yang sangat kuat dan juga telapak kaki berukuran besar yang berfungsi untuk melompat setinggi-tingginya. Kecepatan lompatannya bisa mencapai 20 hingga 25 km per jam. Tetapi dalam kondisi tertentu, seekor kangguru mampu melompat dengan kecepatan 70 km per jam.

Di Australia ada 3 jenis kangguru antara lain adalah kangguru merah, kangguru abu-abu dan kangguru pohon. Kangguru merah adalah hewan marsupial terbesar yang ada di dunia. Ketika sedang berdiri, tinggi kangguru merah bisa mencapai lebih dari 2 meter dan berat 90 kg. Kangguru merah memiliki kebiasaan yaitu hidup secara berkelompok di kawasan yang gersang. Untuk bisa bertahan hidup, mereka memanfaatkan waktu siang hari untuk tidur dan mengkonsumsi tumbuhan hijau berair guna memenuhi kebutuhan airnya. Sedangkan kangguru abu-abu terbagi menjadi dua yaitu kangguru abu-abu timur banyak dijumpai di kawasan subur Australia bagian timur serta kangguru abu-abu barat yang biasa hidup di Australia bagian barat dan Australia bagian selatan )dekat daerah Basin sepanjang aliran sungai Darling dan pesisir pantainya). Kangguru abu-abu jumlahnya cukup banyak jika dibandingkan dengan kangguru merah. Mereka banyak hidup di hutan lindung dan terbuka eukaliptus atau di padang berumput. Sebagian besar kangguru abu-abu mengkonsumsi rerumputan sebagai makanan utamanya. Sedangkan untuk kangguru pohon, sesuai dengan namanya lebih suka menghabiskan waktu untuk berada di atas pohon. Siang hari dimanfaatkan untuk tidur di dahan kuat pepohonan sedangkan di malam hari dimanfaatkan untuk makan dan melakukan aktifitas lainnya. Kangguru pohon ditemukan di daerah-derah hutan hujan tropis di Australia bagian timur laut dan Guinea Baru. Beberapa jenis kangguru pohon masuk ke dalam daftar salah satu hewan dilindungi di Australia. Ini disebabkan karena jumlah kangguru pohon hampir punah akibat kerusakan lingkungan (hutan).

2/ Koala

Koala adalah termasuk hewan khas Australia yang kedua berkantung / marsupial yang sangat terkenal setelah kangguru. Nama koala sendiri berasal dari Bahasa Australia pribumi yang mengandung arti tidak minum. Ini merujuk dari sifat koala yang jarang terlihat sedang minum air. Tetapi pada kenyataannya koala tetap minum air hanya saja kebutuhan airnya telah terpenuhi dari kegemaran mereka mengkonsumsi daun eukaliptus. Kandungan air dalam daun ini cukup besar untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh koala sehingga mereka tidak perlu turun dari pohon untuk mencari air.

Koala tidak mempunyai waktu yang pasti untuk makan, namun biasanya mereka makan di malam hari dimana saat sedang makan, koala mampu mengkonsumsi daun eukaliptus sebanyak 500 gram setiap harinya. Kola abanyak ditemukan hidup dengan aman dan nyaman di sepanjang peisisir timur Australia mulai dari Adelaide hingga Semenanjung Cape York. Koala juga bisa ditemukan hidup di pedalaman hutan dengan curah hujan yang cukup tinggi. Hewan ini mempuntai tingkat metabolisme tubuh yang rendah untuk ukuran mamalia sehingga tidak mengherankan jika koala mampu beristirahat tanpa bergerak selama 20 jam sehari dan waktu ini benar-benar dimanfaatkan untuk tidur.

3/ Tasmania Devil

Tasmanis Devil adalah fauna khas Australia yang ketiga termasuk ke dalam keluarga marsupialia karnivora. Memiliki keunikan tersendiri yaitu hanya bisa ditemukan di negara bagian Pulau Tasmania dimana secara fisik, tubuh tasmania devil terlihat sebesar angjing kecil namun sangat kuat dan berotot. Ciri khas tasmania devil adalah mempunyai bulu berwarna hitam legam serta bisa mengeluarkan bau yang kuat ketika sedang merasa ketakutan, mengeluarkan suara keras yang cukup mengganggu ketika sedang ada hewan lain yang mengganggu dan termasuk hewan berbahaya ketika sedang mengasuh anak-anaknya karena secara tiba-tiba induknya bisa memangsa bayi mereka sendiri dengan ganas.

Nama devil ditambahkan karena hewan ini bisa mengeluarkan suara-suara aneh seperti batuk, geraman, endusan kuat, lengkingan hingga bersin-bersin. Seolah-olah suara-suara ini menyerupai suara hantu dari dalam hutan.

Tasmania Devil mampu berlari dengan kecepatan 24 km per jam saja, tasmania devil dapat memanjat pohon dengan sangat mahir, ini hanya akan dilakukan oleh tasmania devil muda untuk menghindari serangan dari tasmania devil dewasa yang ingin memangsanya.

Semoga bermanfaat.

Tags Wisata

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel