Berani Coba Keunikan Makanan Khas Filipina Ini? Yuk Kenali Beberapa Diantaranya

23 May 2022 12:00 505 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berani Coba Keunikan Makanan Khas Filipina Ini ? Yuk Kenali Beberapa Diantaranya

Filipina adalah salah satu negara yang menyimpan objek wisata alam dan kuliner secara berdampingan yang menarik untuk dinikmati oleh setiap pengunjung. Meskipun hingga saat ini Filipina tidak sepopuler Pulau Bali di Indonesia sebagai salah satu negara tujuan wisata, sejatinya keindahan alam, budaya dan kulinernya sangatlah menarik untuk dieksplorasi. Di sini mempunyai banyak ragam makanan khas yang unik dalam hal penampilan tetapi mampu menggugah selera makan anda. Beberapa diantaranya bahkan tidak bisa anda temukan di negara lainnya. Yuk simak aneka makanan khas Filipina berikut ini.

1/ Kare-Kare

Sajian istimewa yang pertama adalah merupakan potongan buntut sapi yang diolah dengan cara direbus bersama dengan saos kacang lalu disajikan bersama dengan bagoong. Bagoong adalah pasta makanan laut yang telah melalui proses fermentasi. Sebagai bahan pelezat, di bagian atas sajian ditambahkan sayur-sayuran seperti kacang panjang rebus sebagai topping. Sajian khas ini menjadi menu wajib ada di hari-hari besar masyarakat Filipina.

2/ Adobo

Adobo adalah salah satu sajian kuliner khas Filipina yang sangat terkenal hingga mancanegara. Makanan ini terbuat dari daging ayam atau daging babi, terkadang campuran keduanya yang dimarinasi dalam cuka dan kecap asin. Juga diberi pelezat tambahan berupa bawang putih dan lada hitam saat mengolahnya sehingga tercipta aroma yang khas dan kuat. Adobo mempunyai cita rasa cenderung asam, namun dagingnya sangatlah lembut dan enak di lidah meskipun anda bru pertama kali mencicipinya.

3/ Lechon

Lechon adalah makanan populer ketiga dari Filipina yang menjadi pesaing berat adobo. Sajian ini berupa daging babi yang dipanggang hingga garing. Ini adalah sajian yang menjadi menu utama di berbagai pertemuan penting atau pesta-pesta besar yang digelar masyarakat di daerah pedesaan. Lechon mudah ditemukan di kawasan Manila adalah lechon kawali atau olahan anak babi yang digoreng renyah dan diolah di dalam kuwali besar. Umumnya sajian ini dinikmati oleh warga setempat sambil minum bir. 

4/ Crispy Pata

Crispy pata adalah salah satu sajian yang terbuat dari kaki babi yang digoreng garing lalu disajikan bersama dengan saos istimewa. Saos crispy pata terbuat dari campuran kecap, cuka, bawang putih cincang dan cabai cincang. Rasanya mantap di lidah yaitu garing dan gurih.

5/ Sisig

Sisig menjadi salah satu favorit para wisatawana sing yang kebetulan berkunjung ke Filipina. Sajian ini merupakan olahan hati babi, ampela, usus dan bagian tertentu dari kepala babi yang ditumis bersama bawang bombay lalu disajikan di atas hot plate. Biasanya dijdaikan sebagai hidangan pembuka sambil menunggu sajian utama dihidangkan.

6/ Pancit Guisado

Pancit guisado adalah salah satu makanan yang populer di Filipina dan Jepang karena dianggap mampu membuat orang-orang yang menyukainya memiliki umur panjang. Sajian ini berupa sejenis mie yang ditumis bersama dengan daging berbumbu dan sayuran di dalam kaldu yang dicampur dengan kecap manis dan kecap asin. Perpaduan kuah tumis yang gurih akan menjadi semakin nikmat disantap dengan tambahan perasan jeruk kalamansi saat disajikan.

7/ Palabok

Palabok adalah makanan khas Filipina yang ketujuh berbahan dasar dari mie yang diolah dengan menambahkan siraman saos udang di atasnya. Lalu diberi topping berupa irisan telur rebus, irisan kulit babi, irisan ikan asap dan juga daun bawang yang dicincang. Menu ini biasa disajikan saat ada acara ulang tahun pesta atau syukuran. Termasuk makanan mewah.

8/ Dinuguan

Ini adalah makanan Filipina yang kedelapan cukup eksentrik. Sajian ini merupakan olahan daging babi dan jeroan yang direbus di dalam darah babi yang dicampur dengan cuka. Dinuguan sering disajikan bersama dengan puto yaitu kue beras yang bercita rasa manis sehingga di lidah akan terasa nikmatnya.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 46
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel