Keunikan dari Festival Budaya di India

19 May 2022 12:15 116 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Keunikan Dari Festival Budaya Di India

Festival adalah sebuah pesta rakyat atau perayaan yang dibuka untuk masyarakat umum dan dilakukan secara meriah di suatu tempat. Bagi anda yang sering menonton film atau serial dari India mungkin sudah tidak asing lagi bahwa negara ini mempunyai banyak sekali festival budaya. Berikut ini adalah beberapa festival budaya yang unik terjadi di India.

1/ Festival Holi

Dari sekian banyaknya festival yang berlangsung di India, festival holi mungkin menjadi yang paling terkenal di dunia yang saat ini menjadi ikon bagi negeri anak benua ini. Keunikan yang ada di dalam festival ini adalah menggunakan warna-warni yang wajib ada pada setiap benda yang digunakan pada acara ini. Yang umum adalah bubuk warna yang dimanfaatkan terbuat dari tepung dicampur dengan air. Pewarna tersebut selanjutnya disebarkan secara bersama-sama ke lingkungan sekitar sembari bernyanyi dan menari. Festival holi dilakukan ketika memasuki musim semi yang dilakukan selama 3 hingga 6 hari. Berdasarkan catatan sejarah, festival penuh keceriaan ini sudah ada sejak ratusan tahun silam. Festival ini bahkan tercatat di dalam sebuah puisi kuno yang ditulis pada abad ke-4 yang mencantumkan juga naskah drama berbahasa Sansekerta berjudul Ratnavali dari abad ke-7.

2/ Festival Deepavali

Festival kedua yang juga sangat terkenal di dunia dari India adalah perayaan deepavali atau sering dijuluki dengan perayaan festival diwali. Keunikan dari pesta yang digelar oleh rakyat India ini adalah banyaknya menggunakan cahaya yang serba gemerlap di sekitar tempat pesta sesuai dengan arti dari suku kata deep yang mengandung makna adalah cahaya dan avail yang artinya bersinar. Waktu berlangsungnya perayaan beragam umat agama di India ini berbeda-beda setiap tahunnya dengan cara menghitung kalender Hindu yakni antara bulan Oktober sampai dengan bulan November. Festival yang berlangsung selama lima hari ini digelar untuk tujuan merayakan keberhasilan Dewa Rama menyelamatkan Dewi Shita setelah melakukan pengasingan selama 14 tahun. .

3/ Festival Hemis

Yang dimaksud dengan festival hemis adalah sebuah pesta yang dirayakan oleh umat Buddha yang ada di India melalui pertunjukan tari topeng yang unik dan sangat meriah. Festival ini dirayakan oleh kelompok masyarakat yang bernama Ladakh terpusat di Hemis Gompa untuk tujuan memberikan penghormatan kepada Padmasambhava yakni seorang tokoh Buddha yang sangat berpengaruh di Tibet. Tarian topeng yang dipentaskan dalam festival ini disebut dengan nama tarian cham. Para pesertanya harus mengenakan beragam jenis topeng, tanduk mainan, pita dan pakaian dalam warna-warni yang mencolok. Festival ini juga memperlihatkan aneka ragam kerajinan tangan dan minuman lokal.   

4/ Festival Theemithi

Festival theemithi adalah sebuah perayaan yang dilakukan selama satu minggu penuh sebelum festival deepavali digelar. Acara ini dilakukan di daerah Tamil Nadu, India bagian selatan untuk tujuan menghormati hujan yang memberikan kemakmuran rakyat India khususnya umat Hindhu yang dijuluki dengan istilah mariamman. Rangkaian yang dipertunjukkan dalam festival theemithi antara lain drama Mahabarata lalu dilanjutkan dengan aksi berjalan di atas api sebagai ciri khas dan keunikan dari festival ini. Aksi berjalan di atas api adalah simbol dari kesucian dan keteguhan sekaligus penebusan dosa para pengikutnya. 

5/ Festival Kumbh Mela

Festival kumbh mela adalah sebuah perayaan terbesar kelima di dunia yang dilakukan oleh umat Hindhu yang berada di India. Festival ini diadakan setiap tiga tahun sekali selama tiga hari dalam kurun waktu tiga bulan di pinggir Sungai Gangga, Yamuna, Saraswati dan Godavari. Lokasi yang dipilih ini didasarkan pada keadaan dari letak/posisi matahari dan Jupiter. Festival ini diadakan dengan latarbelakang kepercayaan umat Hindhu pada nektar abadi yang berjatuhan ke dalam aliran sungai saat Sang Dewa melawan Asura. Para penganutnya akan kembali ke sungai untuk mandi atau berendam guna melebur dosa sekaligus mencari keberuntungan.

6/ Festival Onam

Penduduk India mempercayai bahwa harimau adalah binatang yang suci sehingga banyak kebudayaannya muncul erat hubungannya dengan sang raja hutan ini. Salah satunya adalah tergambarkan dalam festival onam yang mengemas pertunjukan bertajuk tarian harimau. Festival ini dilangsungkan pada bulan Chingam (kalender Hindhu) pada musim panen. Acara yang digelar adalah selama 10 hari di Kerala, India Selatan yang bisa diikuti oleh penganut agama apapun. Perayaan ini digelar untuk menghormati Raja Mahabali yakni salah satu raja di India yang berhasil mensejahterakan rakyat terutama karena adanya hasil panen yang berlimpah. Yang unik dari festival ini adalah lukisan harimau pada tubuh para peserta. 

Semoga bermanfaat.

Tags Wisata

About The Author

Utamii 46
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel