Mengenal Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan

27 Apr 2022 13:00 1335 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Artificial Intelligence, cara kerja, manfaat, dan penerapannya.

Apa itu Artificial Intelligence?

AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara membuat sebuah program ataupun mesin yang mana mesin tersebut dapat melakukan hal-hal yang bisa dilakukan manusia. Artificial Intelligence digunakan dalam berbagai bidang seperti dalam games, robotic, expert system, dan bidang lainnya.

 

Bagaimana Cara Kerja Artificial Intelligence?

Cara kerja Artificial Intelligence sesuai dengan algoritma pemrograman dengan apa yang telah diberikan pada saat pembuatannya. Bisa dikatakan, algoritma tersebut merupakan kerangka berpikir AI untuk bisa memproses seluruh jenis data.

 

Sub Bidang dan Teknologi Penunjang Artificial Intelligence

Konsep kecerdasan buatan adalah bidang studi yang sangat luas. Berikut beberapa sub bidang utama yang membentuk konsep AI.

  • Machine Learning, membuat model analitik menjadi otomatis.
  • Neutral Network, dengan mengadopsi kemampuan otak manusia, Neutral Network dapat memberikan stimulasi / rangsangan, melakukan proses dan memberikan output.
  • Deep Learning, menganalisis sebuah data secara terus menerus menggunakan struktur logika seperti pada saat manusia akan mengambil keputusan. Contoh pengaplikasiannya adalah fitur iamge recognition dan speech recognition.
  • Computer Vision, untuk menganalisis sesuatu yang ada didepannya, lalu akan mendapatkan informasi dari hal tersebut, hingga akhirnya meneruskannya menjadi sebuah perintah.
  • Cognitive Computing, membuat mesin mensimulasikan proses kerja manusia dengan natural.
  • Natural Language Processing (NLP), menghubungkan manusia dengan mesin menggunakan bahasa sehari-hari. Sehingga memungkinkan mesin untuk memberi respon  yang sesuai dengan yang manusia katakan.

 

Manfaat Penggunaan Artificial Intelligence

Munculnya AI merupakan manfaat yang penting bagi kehidupan manusia. Sebab, dengan AI, efektivitas pekerjaan semakin tercapai. Sistem ini dapat bekerja dengan akurat dan cepat sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang biasanya disebabkan oleh kelelahan manusia.

 

Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

#1. Search Engine

Tentunya anda sudah tidak asing dengan yang namanya Google, Bing, dan Yahoo. Nama nama tersebut dikenal karena kemampuannya yang banyak tahu tentang segala hal. Kebanyakan Search Engine akan berlomba-lomba memberikan aksesbilitas yang lebih tinggi sehingga pengguna akan lebih nyaman ketika menjelajahi internet.

Artificial Intelligence pada search engine terletak pada sistem dalam mempelajari kebiasaan penggunanya. Biasanya AI akan memberikan rekomendasi atau informasi sesuai dengan kebiasaan pengguna dalam mencari informasi.

#2. Video Game

AI dan ML (Machine Learning) telah digunakan didalam video game sejak lama untuk menyajikan pengelaman yang lebih menantang bagi para gamers.

#3. Fitur Selfie

Anda pastinya pernah melakukan selfie dan sering menambahkan fitur-fitur yang ada pada kamera seperti filter, editing, beauty, dan lain-lain. Dan ada juga sebuah filter yang dapat mengubah wajah kita menjadi seperti lebih tua ataupun menjadi lebih muda. Nah fitur tersebut menggunakan AI berupa pendeteksi wajah, kualitas, dan warna.

Dan masih banyak lagi contoh penerapa AI dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kesimpulan

Intinya Artificial Intelligence ini sangat berpengaruh pada kehidupan manusia saat ini. Meskipun banyak digunakan, Artificial Intelligence ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga, manusia harus bisa menentukan keputusan yang tepat dalam menggunakan Aritificial Intelligence.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 24
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel