Mengenal,mendownload dan Cara menginstal Visual Studio Code

26 Apr 2022 17:00 2267 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
mengenal dan memberitahu kamu cara instalasi visual studio code

Mengenal,mendownload dan Cara menginstal Visual Studio Code

Bagi seorang programming code editor adalah aplikasi penting yang harus dimiliki masing-masing programming, karena pembuatan aplikasi ataupun web tidak akan berjalan jika tidak ada code. Oleh karena itu programming tidak lepas dari yang namanya mengoding, kemudian biasanya programming mempunyai editor code khusus yang erguna untuk membantu pekerjaan mengodingnya, akan tetapi aplikasi code editing jarang sekali yang menyediakan fitur complit sehingga para programming harus mencari lagi untuk bisa melanjutkan coding pekerjaannya.

Pada kali ini saya akan memperkenalkan aplikasi code editing yang pada saat ini sudah banyak dikenal bagi para programming karena menyediakan fitur-fitur komplit didalamanya sehingga bisa berguna bagi semua orang . Selain itu saya juga akan memberitahu bagaimana caranya mendownload sampai cara instalasi aplikasi code editor tersebut sehingga kita bisa menggunakannya.

 

Visual Studio Code

Mengenal,mendownload dan Cara menginstal Visual Studio Code

Apa itu visual studio code? Visual studio code (VSCode) merupakan salah satu text editor yang dikembangkan oleh microsoft. Biasanya software microsoft itu berbayar, namun untuk vscode ini adalah gratis alis open source.

VSCode ini lebih lengkap dibandingkan aplikasi text editor code sublime text. VSCode ii sudah terintegrasi dengan terminal Git bash atau CMD (Command Prompt). Sehingga jika kita ingin menggunakan terminal, kita tidak perlu membuka termial terpisah.

Selain itu, vscode juga memiliki extention marketplace, jadi kita bisa menambahkan extention yang kita butuhkan untuk pembuatan aplikasi. Misalnya saja kita ingin membuat aplikasi flutter atau dart, untuk membuat aplikasi flutter dan dart umumnya menggunakan IDE (Integrated Development Enviroment) android studio.

Namun ternyata di vscode pun kita bisa mengembangkan aplikasi flutter dan dart tentu dengan menginstal extention flutter dan dart terleih dahulu. Dan kita pun bida membuat Android Virtual Device (AVD) di vscode layaknya di android studio.

Jika diandingkan dengan android studio, tentu visual code lebih ringan. Akan tetapi jika dibandingkan dengan sublime twxt, vscode cenderung lebih berat. Kemudian vscode juga tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan macOS.

 

Bagaimanakah Cara Menginstal VSCode

Setelah kalian mengetahui apa itu vscode, sekarang mari kita instal aplikasi vscode dengan cara dibawah ini:

  1. Buka web https://code.visualstudio.com/ dibrowser komputer kamu.
  2. Kemudian download file sesuai dengan sistem operasi komputer kamu.
  3. Setelah berhasil didownload, silahkan klik 2x hasil download tersebut untuk menginstal Vscodenya.
  4. Pada bagian licence agreement klik i accept the agreement lalu klik next.
  5. Pada bagian select destination location biarkan apa adanya kemudian klik next.
  6. Pada bagian select star menu folder klik next.
  7. Pada bagian select addtional tasks klik next.
  8. Pada bagian ready to install, klik install.
  9. Kemudian tunggu proses instaling selesai.
  10. Setelah itu klik finish.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah diatas maka visual studio code sudah siap untuk digunakan.

Tags

About The Author

riko 24
Novice
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel