Manfaat dan Dampak Buruknya Menggunakan Sosial Media

22 Apr 2022 17:00 2110 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memberitahu kamu apa saja aplikasi sosial media kemudian manfaat dan dampak buruknya

Pernahkah kamu mendengar kata sosial media? Tentunya sudah tidak asing lagi bukan, itu artinya dijaman sekarang yang teknologi sudah berkembang pesat ini hampir semua orang punya dan menggunakan sosial media. Sosial media juga bisa menghubungkan dan berkomunikasi dengan teman yang jauh tempatnya. Kemudian sosial media juga bisa menjadi sarana penambah teman bagi kita supaya kita bisa mengenal orang baru dan berteman dengan mereka karena kita sebagai makhluk sosial yaitu manusia butuh orang lain untuk berkomunikasi dengan kita entah itu seagai teman,sahabat ataupun lainnya.

Akan tetapi tahukah kamu bermain sosial media juga dampaknya ada 2 macam? Ya, bermain media sosial juga ada dampaknya yang terbagi menjadi 2 yaitu ada yang baik menggunakannya menjadi bermanfaat ada juga yang buruk disalah gunakan oleh penggunanya. Oleh karena itu simak penjelasan dan pembahasannya berikut:

 

Apa sajakah aplikasi sosial media?

Bagi teman teman tentunya sudah banyak tahu apa saja aplikasi yang bisa digunakan sosial media, tentunya sangat banyakan bukan? Dan oleh karena itu saya disini hanya memberitahu sedikit aplikasi apa saja yang sering dan banyak dipakai untuk bersosial media oleh semua orang.

 

   1. Facebook

Pintar Dan Bijak Cara Menggunakan Sosial Media

Facebook adalah media sosial dan layanan jejaring sosial online Amerika yang dimiliki oleh Meta Platforms. Didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg dengan sesama siswa Harvard College dan teman sekamar Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes, namanya berasal dari direktori face book yang sering diberikan kepada mahasiswa Amerika. Keanggotaan awalnya terbatas pada mahasiswa Harvard, secara bertahap berkembang ke universitas Amerika Utara lainnya dan, sejak 2006, siapa pun yang berusia di atas 13 tahun. Pada tahun 2020, Facebook mengklaim 2,8 miliar pengguna aktif bulanan,dan menempati peringkat ketujuh dalam penggunaan internet global. Itu yang paling mengunduh aplikasi seluler tahun 2010-an.

Facebook dapat diakses dari perangkat dengan konektivitas Internet, seperti Komputer, Laptop dan Smartphone. Setelah mendaftar, pengguna dapat membuat profil yang mengungkapkan informasi tentang diri mereka sendiri. Mereka dapat memposting teks, foto, dan multimedia yang dibagikan dengan pengguna lain yang telah setuju untuk menjadi Berteman dan mengikuti teman mereka atau, dengan privasi yang berbeda, secara publik. Pengguna juga dapat berkomunikasi secara langsung satu sama lain dengan Facebok Messenger, bergabung dengan grup dengan minat yang sama, dan menerima pemberitahuan tentang aktivitas teman dan halaman Facebook yang mereka ikuti.

    2. Instagram

Pintar Dan Bijak Cara Menggunakan Sosial Media

Instagram (disingkat IG atau Insta) adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 atau 16:9 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru,telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Apple App Store dan Google Play. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.

 

    3. Telegram

Pintar Dan Bijak Cara Menggunakan Sosial Media

Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan sistem perangkat komputer (Windows, OS X, Linux). Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya. Telegram juga menyediakan pengiriman pesan enkripsi ujung-ke-ujung opsional.

Telegram dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP dan didukung oleh wirausahawan Rusia Pavel Durov.  Kode pihak kliennya berupa perangkat lunak sistem terbuka namun mengandung blob binari, dan kode sumber untuk versi terbaru tidak selalu segera dipublikasikan, sedangkan kode sisi servernya bersumber tertutup dan berpaten. Layanan ini juga menyediakan API kepada pengembang independen. Pada Februari 2016, Telegram menyatakan bahwa mereka memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan, mengirimkan 15 miliar pesan per hari.

Keamanan Telegram telah menghadapi pemeriksaan teliti yang menjadi perhatian; para kritikus mengklaim bahwa model keamanan Telegram dirusak oleh penggunaan protokol enkripsi yang dirancang khusus yang belum terbukti andal dan aman, dan dengan tidak mengaktifkan percakapan aman secara default. Telegram juga menghadapi kritik karena penggunaan skala luas oleh organisasi teroris Negara Islam (NIIS). NIIS telah merekomendasikan Telegram kepada para pendukung dan anggotanya dan pada Oktober 2015 mereka mampu melipatgandakan jumlah pengikut saluran resmi mereka menjadi 9.000 orang.

 

Kemudian setelah saya menjelaskan apa saja aplikasi yang digunakan banyak orang untuk bersosial media selanjutnya saya akan menjelaskan apa saja dampak baik/buruk atau positif dan negatifnya bermain sosial media.

 

Dampak baik dan buruknya sosial media

Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah. Kemudian dampak positif sosial media bagi seorang pelajar adalah:

  1. Menghubungi teman-teman yang jauh. Tak mudah bagi remaja untuk kehilangan teman dan sahabatnya. ...
  2. Menjadi tempat untuk mengekspresikan diri. ...
  3. Mendapatkan dukungan emosional dari media sosial.
  4. Mengajarkan remaja bersosialisasi. ...
  5. Menjadi tempat yang menyenangkan

Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain. Adanya media sosial  telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial dan segala   bentuk   perubahan-perubahan   pada   lembaga-lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem  sosialnya,  termasuk  didalamnya nilai-nilai,  sikap  dan  pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial positif seperti kemudahan memperoleh dan menyampaikan informasi, memperoleh keuntungan secara sosial dan ekonomi. Sedangkan perubahan sosial yang cenderung negatif seperti munculnya kelompok – kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma – norma yang ada.

Tags

About The Author

riko 20
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel