Beberapa Aplikasi untuk Membuat Diagram UML

22 Apr 2022 11:00 843 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bingung mencari software untuk membuat diagram UML? Berikut merupakan beberapa software untuk membuat diagram UML.

Bagi kamu berjurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi, pastinya sudah tak asing dengan yang namanya diagram UML. Diagram-diagram seperti usecase diagram, activity diagram, dan sebagainya pastinya sudah menjadi makanan sehari-hari.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa aplikasi untuk kamu yang ingin membuat diagram UML.

 

1. Visual Paradigm

Bagi yang berjurusan IT pastinya sudah tahu aplikasi ini. Menurut saya Visual Paradigm ini merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk UML. Aplikasi ini terdiri dari fitur-fitur untuk mempermudah pembuatan diagram UML. Visual Paradigm juga telah terintegrasi dengan sintaks UML on the fly untuk memeriksa bersama dengan alat dasar.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga mendukung hampir semua jenis diagram UML. Visual Paradigm menyediakan juga opsi pengeditan inline yang sudah terintegrasi dengan editor diagram sehingga mudah untuk digunakan.

Aplikasi ini sebenarnya berbayar, tetapi kamu juga bisa menggunakan versi gratis di websitenya yang tidak kalah bagusnya dengan versi dekstop yang mereka tawarkan.

2. Creately

Creately menyajikan tampilan yang simpel namun bisa menyelaskan berbagai alur pemrograman. Creately merupakan aplikasi web yang bisa kamu pakai secara gratis untuk menggantikan aplikasi UML designer online berbayar versi dekstop. Kamu bisa mengakses Creately dengan mengunjungi websitenya.

3. Lucidchart

Lucidchart ini juga merupakan aplikasi UML designer yang banyak digunakan selain Visual Paradigm. Lucidchart merupakan aplikasi yang serbaguna dan interaktif sehingga sebagian besar para pengembang bisa memanfaatkannya untuk mengurutkan UML diagram.

Markup urutan UML merupakan salah satu keunggulan dari Lucidchart ini yang menjadikannya platform yang sangat kredibel.

4. Yuml.me

Selanjutnya aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat diagram UML adalah Yuml.me yang bisa kamu akses dengan mengunjung websitenya.

5. Edraw Max

Edraw menawarkan fitur yang hampir sama dengan berbagai aplikasi lainnya dan berbagai fitur lain yang jarang diketaui banyak orang. Aplikasi ini terintegrasi dengan banyak opsi dalam hal diagram UML. Aplikasi ini sekarang memiliki versi onlinenya yang memungkinkannya kamu berbagi dan berkolaborasi dengan mudah.

6. Microsoft Visio

Microsoft juga mengeluarkan tools untuk membuat diagram UML yang bernama Microsoft Visio. Fitur-fitur nya yang tak jauh berbeda. Kamu dapat dengan mudah membuat dengan nyaman diagram UML menggunakan fitur-fitur yang ada. Sayangnya aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dan hanya tersedia versi dekstopnya saja.

 

Selain diatas tentunya ada banyak sekali aplikasi untuk membuat diagram UML yang bisa kamu gunakan. Tergantung tools mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 25
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel