Simak 4 Pola Candlestick Paling Dasar dalam Investasi dan Trading Saham

14 Apr 2022 11:00 1388 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah 4 pola candlestick paling dasar yang bisa dipelajari para investor dan trader, supaya pemilihan sahamnya benar-benar didasarkan pada pertimbangan yang matang.

Dalam investasi atau trading saham investor yang baik tentu tak mengabaikan yang namanya analisis teknikal. Dalam analisis teknikal ini investor biasanya disibukkan dengan yang namanya candlestick.

Candlestick memiliki beberapa pola yang bisa dipelajari, sehingga investor bisa melakukan analisis pergerakan saham secara komprehensif sebelum membuat keputusan. Investor bisa menggunakan pergerakan candle sebagai indikator untuk membeli atau menjual saham.

Berikut ini 4 pola candlestick paling dasar yang bisa dipelajari para investor dan trader, supaya pemilihan sahamnya benar-benar didasarkan pada pertimbangan yang matang.

1. Spinning Tops

Terbentuk apabila body lebih pendek daripada shadow dan berada di tengah-tengah. Body yang lebih pendek ini menunjukkan sedikit terjadi pergerakan harga dari open hingga close. Sementara shadow menunjukkan bahwa selama sesi harga aktif bergerak naik dan turun. Spinning Tops setelah candle panjang biasanya berpotensi mengubah arah tren.

2. Marubozu

Terbentuk apabila body full tanpa shadow. Biasanya merupakan indikasi awal dari suatu tren yang akan berkelanjutan. Marubozu adalah candlestick yang terbentuk secara penuh serta panjang. Marubozu bisa mewakili naik ( bullish ) maupun turun ( bearish ).

3. Doji

Terbentuk apabila harga pembukaan sama dengan harga penutupan, hingga body hanya membentuk satu garis. Jika doji terjadi setelah candle putih, maka berindikasi tren naik akan segera berakhir. Doji bisa terbentuk pada chart mingguan (weekly), harian (daily) atau 5-menit. Pada umumnya, ada lima (5) jenis formasi doji, yaitu Doji Star, Long-legged Doji (doji berekor panjang, yang dalam hal ini arah ekor bisa ke atas atau ke bawah), Gravestone Doji, dan Dragonfly Doji (kebalikan dari Gravestone Doji), dan Four Price Doji

4. Hammer & Inverted Hammer (Hanging Man)

Terbentuk apabila shadow harus lebih panjang dibandingkan dengan body. Pola ini dapat dijadikan indikasi pembalikan arah tren, walau indikasi ini harus dikonfirmasi juga dengan candle yang terjadi setelahnya.

Dengan memahami keempat pola candlestick ini tentu saja investor akan terbantu dalam investasi sahamnya yang saat ini sudah bisa dengan mudah dan cepat, semisal dengan aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas yang memiliki fitur analisis teknikal yang komprehensif.

Investasi atau trading pun berpotensi mendatangkan cuan yang maksimal dengan analisis candlestick yang teliti dan cermat.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel