Ubah iPhone Menjadi Alat Pendeteksi Radiasi

21 Jul 2011 14:25 4912 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Alat pendeteksi radiasi yang ada saat ini memiliki harga yang mahal, Geiger-Muller Tube, dan tidak semua orang sanggup membelinya. Namun pada salah satu proyek Kickstarter, situs yang pernah Paseban bahas sebelumnya, terdapat tim yang berisi *engineer*, *designer*, dan ilmuwan yang menciptakan alat pendeteksi radiasi memanfaatkan iPhone.

Radioaktif memang bukanlah hal umum yang bisa Anda temui. Tetapi radiasi berbahaya ini bisa saja secara tiba-tiba mengekspansi kehidupan sehari-hari Anda. Ambil contoh yang terjadi di Fukushima, Jepang beberapa bulan kemarin. Terjadi bencana alam gempa bumi yang kemudian merusak fasilitas reaktor nuklir, dan Negara berada pada kondisi siaga atas radioaktif yang bocor.

Tidak semua orang menginginkannya, tetapi kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Dan untuk tindakan pencegahan, salah satu alat yang dibutuhkan adalah pendeteksi radiasi. Semua masyarakat, khususnya yang tinggal berdekatan dengan fasilitas reaktor nuklir, berhak tahu akan tingkat radiasi di lingkungan mereka.

Alat pendeteksi radiasi yang ada saat ini memiliki harga yang mahal, Geiger-Muller Tube, dan tidak semua orang sanggup membelinya. Namun pada salah satu proyek Kickstarter, situs yang pernah Plimbi bahas sebelumnya, terdapat tim yang berisi engineer, designer, dan ilmuwan yang menciptakan alat pendeteksi radiasi memanfaatkan iPhone.

Alat yang bernama Smart Radiation Detector ini diciptakan oleh tim sukarelawan untuk bencana yang terjadi di Fukushima. Namun dilihat dari fungsinya, alat ini bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

Smart Radiation Detector ini berupa kotak kecil berkabel yang bisa dihubungkan pada iPhone melalui port audio yang biasanya digunakan untuk earphone. Alat ini tersedia seharga $50, cukup murah jika dibandingkan dengan Geiger-Muller Tube $199. Tingkat sensitivitas alat ini tidak kalah dengan Geiger-Muller Tube, dan kemampuan alat ini akan maksimal didukung dengan iOS dan aplikasi tambahan.

Aplikasi untuk Smart Radiation Detector telah tersedia di App Store sejak 11 Juli lalu untuk perangkat iPhone, iPod Touch, dan iPad seharga $5 untuk Pro-version dan gratis untuk Lite-version. Perbedaan versi lite dan pro terletak pada 2 poin, Radiation spectrum analysis (50 channels) dan Complete circuit diagram yang tersedia dalam versi pro. Aplikasi tersebut berukuran sangat kecil, hanya 0.1MB, bukanlah suatu beban untuk perangkat sekelas iPhone, dan compatible dengan iOS versi 4.2 keatas. RY

ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel