Tips Google Search atau Pencarian Google untuk Developer

7 Apr 2022 13:00 321 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Skill dalam mencari data tentunya sangat dibutuhkan bagi para developer. Berikut adalah beberapa tips dalam melakukan pencarian agar lebih efisien.

Saat kita mencari solusi untuk error pada kodingan kita, biasanya kita akan mencari tutorial atau dokumentasi. Biasanya kita akan kesulitan untuk memikirkan kata kunci apa yang tepat untuk dituliskan, yang mengakibatkan solusi yang kita cari tidak ketemu. Berikut ini adalah beberapa tips bagi kalian ketika melakukan pencarian atau google search agar informasi yang kalian cari mudah ditemukan.

 

1. Copy dan Paste Errornya

Contohnya saat kita bekerja dengan bahasa PHP, ketika terjadi error atau kesalahan maka akan tampil pesan errornya. Kita bisa mengcopykan error nya dan memasukkannya ke kata kunci pencarian. Maka biasanya akan tampil orang lain yang mengalami error yang serupa dan sudah tertera solusinya

 

2. Pencarian dari Website Tertentu

Saat kita mencari solusi di internet pastinya akan ada banyak sekali website yang menampilkan solusi yang berbeda-beda. Kita bisa menseleksinya agar hasil pencariannya hanya menampilkan solusi dari website yang kita inginkan. Caranya kita hanya perlu mengetikkan "site: nama website" sebelum kata kunci pencarian kita. Sebagai contoh, kita akan mencari solusi pada suatu error dan solusi yang tampil hanya ingin dari sebuah website bernama contohwebsite.com kita bisa menuliskan "site: contohwebsite.com Error: Uncaught SyntaxError: Unexpected token <". Maka solusi yang tampil hanya akan dari contohwebsite saja.

 

3. Mencari Dengan Menggunakan Beberapa Keyword

Misalnya, ketika kita ingin mencari C++ dan Python secara bersamaan. Jika kita menulis C++ AND Python maka akan tampil hasil yang membahas keduanya. Jika kita menulis C++ OR Python maka hasil yang tampil akan terpisah antara C++ dan Python.

 

4. Mencari Berdasarkan Waktu

Jika kita ingin agar hasil yang ditampilkan berdasarkan tahun dibuatnya, kita bisa menambahkan after dan before pada kata kunci. Contohnya "How to connect to database in mysql After:2021". Maka hasil yang ditampilkan hanya yang dibuatnya dari tahun 2021. Sama halnya juga dengan yang before. Kita juga bisa mengkombinasikannya dengan yang di nomor 3. Contohnya "How to connect to database in mysql After:2021 site:contohwebsite.com".

 

5. Menghilangkan Sebuah Website Dari Hasil Pencarian

Jika kita ingin membuat agar suatu website tidak tampil di hasil pencarian, tambahkan -nama-website pada kolom pencarian. Contohnya "Javascript Tutorial -youtube.com". Maka youtube tidak akan muncul di hasil pencarian.

 

6. Mencari Hasil Serupa Dari Keyword yang Diberikan

Dengan menambahkan related pada kata kunci pencarian maka hasil akan menampilkan hal yang serupa atau alternatif dari keyword yang diberikan. Misalnya, ketika kita ingin mencari alternatif dari IDM, kita bisa menuliskan "related:idm". Maka hasil pencarian akan menampilkan sebuah alternatif dari IDM.

 

7. Mencari Tipe Data File Tertentu

Contohnya, "Belajar UML Lengkap filetype:pdf". Maka hasil yang tampil akan menampilkan website yang ada pdf nya saja.

 

8. Mencari Gambar Berdasarkan Ukuran Tertentu

Jika kita ingin mencari gambar dengan ukuran tertentu yang kita inginkan, kita bisa menambahkan imagesize:ukuran-gambar. Contohnya, saya akan mencari gambar logo google yang ukurannya 700 x 450 maka kita tinggal menuliskan "Google Logo imagesize:700x450". Maka hasil yang ditampilkan hanya akan menampilkan gambar dengan ukuran 700 x 450.

 

Sebenarnya masih ada banyak lagi yang bisa dilakukan dalam melakukan pencarain, namun saya rasa cukup segini saja. Kalian bisa mencari lebih banyak lagi tips dalam melakukan pencarian dengan menggunakan tips yang saya tuliskan diatas. Terimakasih.

Tags

About The Author

Azka Lufthansa 25
Novice

Azka Lufthansa

Azka Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel