Sejarah, Perkembangan, Jaringan tentang Komputer

6 Apr 2022 17:00 1126 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data-data menurut prosedur yang telah dirumuskan

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer adalah suatu perangkat keras yang sangat berkaitan dengan teknologi, komputer mampu membantu pekerjaan manusia. Komputer pertama kali ditemukan pada tahun1822 oleh seorang ahli matematika asal Inggris, Charles Babbage. Mulanya babbage bermaksuduntuk menciptakan sebuah mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka.  Pada awalnya komputer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu. Awal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. 

Bagian-bagian dari komputer terdiri dari:

1. Monitor

2. Papan induk

3. Prosesor

4. Slot PCI

5. Pencatu daya

6. Penggerak cakram optis

7. Papan tombol

8. Memori Akses Acak

9. Cakram keras

10. Tetikus

Dalam arti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Kata komputer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefinisikan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudain menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menujunk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer. 

Komputer modern harus menggunakan jaringan. Jaringan komputer adalah interkoneksi antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang berhubungan dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel. Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya berukuran besar dan makan tempat, sekarang berbentuk kecil dengan kemajuan yang besar. Kemajuan industri komponen elektronika IC telah mendorong terciptanya berbagai peranhgkat chip IC yang beragam dan mendukung berbagai keperluan pembuatann produk elektronik. Manfaat komputer saat ini cukup beragam mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu, sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program program penyelesaian problem problem ilmiah, industri, dan bisnis. Dalam dunia anak anak telah lama mengenal alat permainan game yang di kendalikan oleh sistem komputer. Dibidang industri komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin mesin produksi dengan ketepatan tinggi, sehingga dapat kita jumpai di berbagai industri. Dan ada banyak lagi mesin mesin dalam industri garmen yang dilengkapi dengan kontrol komputer. Diperusahaan dagang seperti departement store telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya saja. Dibidang pendidikan, selain dijumpai sebagai alat bantu pelajaran, banyak peralatan laboratorium yang dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti dan dapat mengatasi kendala hambatan indra manusia. 

Demikian besarnya manfaat komputer untuk di masa jaman sekarang ini, manusia harus bisa menggunakan komputer. Karena sekarang sudah jaman modern teknologi-teknologi sudah maju. Dan komputer juga terdiri dari dua bagian, yaitu software (perangkat lunak komputer), dan hardware (perangkat keras komputer

Tags

About The Author

Berlian Ramadhan 16
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel