Tetap Semangat dengan Beberapa Tips Belajar Daring yang Wajib Anda Ketahui

8 Apr 2022 12:00 865 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tetap Semangat Dengan Beberapa Tips Belajar Daring Yang Wajib Anda Ketahui

Seperti diketahi bahwa saat ini covid-19 sangat mempengaruhi dunia baik itu dari sekotor perekonomian, kesehatan, sosial, termasuk pendidikan. Maka mulailah diberlakukan pembelajaran secara daring yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 kepada siswa-wi di sekolah dengan membatasi interaksi dilakukan secara langsung sehingga virus tidak menyebar dengan lebih luas. Tantangan ada banyak sekali selama penerapan ini diberlakukan karena siswa/wi diharuskan belajar dari rumah hanya dengan menggunakan gadget atau laptop guna belajar tanpa tatap muka secara langsung. Tentu saja ini memberikan pengaruh tertentu terhadap siswa/wi baik itu secara bersosialisasi atau cara belajar sendiri. Mak dari itu perlu menerapkan beberapa tips selama melakukan pembelajaran daring agar para murid tetap bisa belajar dengan semangat meskipun dari rumah. Yuk simak beberapa tips berikut ini.

1/ Pilihlah tempat yang nyaman saat hendak melakukan pembelajaran

Tips yang pertama agar belajar lebih efektif adalah dengan mencari tempat yang nyaman agar proses belajar menjadi lebih fokus dan materi yang diberikan tersampaikan dengan optimal. Karena jika tempat untuk belajar kurang nyaman maka akan sulit untuk fokus pada pembelajaran.

2/ Tetapkan waktu yang tepat untuk memulai belajar dan tentukan juga batas waktunya

Yang kedua adalah atur waktu belajar anda, biasakan kerjakan tugas di awal waktu agar sisa waktu yang tersedia bisa anda gunakan untuk mengulangi materi yang diajarkan. Jika di sekolah diterapkan durasi atau waktu belajar maka mulailah membuat waktu belajar anda sendiri dan usahakan konsisten dengan waktu yang ada.

3/ Konsentrasi dan fokuslah belajar

Menurut pendapat dari Dimyati dan Mudjinono (2009) menjelaskan bahwa konsentrasi belajar adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian dari mata pelajaran dimana pemusatan perhatian tersebut tertuju pada isi bahan belajar maupun proses mendapatkannya. Konsentrasi dan fokus dalam hal ini sangat dibutuhkan dalam belajar sehingga anda bisa menerima materi yang hendak disampaikan dengan baik dan anda bisa mengerjakan tugas dengan optimal.

4/ Cari tahu tipe belajar yang sesuai dengan diri anda

Masing-masing orang mempunyai tipe belajar yang berbeda-beda. Ada yang belajar dengan cara mendengarkan music, ada yang belajar dengan suasana yang tenang, dan ada juga yang belajar sambil bersantai. Berbeda orang tentu berbeda juga efektifitas belajarnya, berikut ini ada beberapa tipe belajar yang mungkin sesuai dengan diri anda.

  • Tipe belajar visual. Tipe belajar ini pada umumnya berfokus kepada penglihatan. Tipe ini diberlakukan saat sedang mempelajari hal-hal baru secara visual agar menjadi lebih mudah dimengerti atau dipahami, lebih fokus kepada pengamatan, menggambar dan membaca media. Tipe visual ini juga lebih nyaman jika belajar dengan menonjolkan warna, garis atau bentuk.
  • Tipe belajar auditori. Tipe belajar ini mengandalkan pendengaran sebagai salah satu cara untuk bisa menerima pelajaran. Tipe ini biasanya tidak akan menjadi masalah besar jika materi yang digunakan memakai atau tidak menggunakan visual karena mereka hanya mengandalkan pendengaran untuk menerima materi dari para guru.
  • Tipe belajar kinestik. Orang-orang yang memiliki tipe belajar ini akan menjadi lebih mudah menerima informasi atau materi melalui gerakan-gerakan fisik. Pada umumnya mereka lebih mudah mempelajari materi ketika mereka mempraktikkannya.

5/ Apresiasi diri

Apresiasi adalah salah satu hal terpenting untuk tetap membangun semangat dalam diri sendiri. Apresiasi merupakan pengaplikasian setiap materi yang sudah anda pelajari dengan baik hari ini bukan hanya sekedar memuji tetapi juga untuk menjadi acuan agar menjadi lebih baik untuk kedepannya.

Semoga bermanfaat.

Tags Asus

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel