Yuk Memasak Sajian Lezat Bersantan yang Praktis, Opor Daging Sapi

18 May 2022 10:26 763 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yuk Memasak Sajian Lezat Bersantan Yang Praktis, Opor Daging Sapi

Apakah anda ingin memasak hidangan berkuah santan tanpa repot mengeluarkan banyak biaya dan membutuhkan waktu lama untuk menggodoknya ? Maka jawabannya adalah mencoba membuat opor daging sapi dengan tambahan sayur labu siam. Bisa dimasak lebih cepat menjelang sahur atau buka puasa. Dimana diketahui bahwa selama bulan Ramadan dan hari raya umat Islam lainnya, hidangan bersantan seperti opor, gulai, kari atau gule selalu menjadi menu istimewa atau menu khas yang memiliki banyak penggemar. Ini adalah masakan yang biasa diracik oleh nenek atau ibu anda di rumah yang mengandalkan resep warisan nenek moyang sejak zaman dahulu. Namun tidak selamanya anda hanya mengandalkan nenek atau ibu untuk memasak hidangan bersantan karena mulai sekarang anda bisa menantang diri di dapur untuk mampu memasak menu istimewa ini di dapur.

Tak usah khawatir atau kurang percaya diri jika akhir hasilnya kurang sempurna karena dengan latihan sesering yang anda mampu untuk melakukannya akan menghasilkan cita rasa masakan berkuah seenak yang dibuat nenek atau ibu. Melalui artikel ini kami akan merekomendasikan untuk menggunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara sebagai rahasia memasak apa saja menjadi lebih simpel. Bumbu siap pakai andalan ini bisa ditambahkan dengan rempah-rempah sehingga terciptalah opor daging sapi yang nggak kalah enak dengan versi pemasak andal seperti nenek atau ibu.

Opor daging sapi tidak saja menghasilkan cita rasa masakan yang istimewa juga diketahui bahwa daging sapi menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan yaitu salah satunya adalah untuk mencegah anemia. Ini disebabkan karena daging merah sapi mengandung gizi lengkap seperti protein dan juga kaya kandungan zat gizi, mineral hingga vitamin. Juga bisa untuk menjaga massa otot. Karena merupakan sumber protein yang bagus untuk tubuh. Daging sapi mengandung semua jenis asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan sering disebut-sebut sebagai sumber protein lengkap. Dengan mengkonsumsi daging sapi secara teratur maka bisa mempertahankan massa otot. Massa otot yang sehat bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit sarcopenia.

Nah agar manfaat daging sapi dalam masakan tersebut di atas menjadi optimal maka bisa ditambahkan dengan sayur pendamping yaitu labu siam. Anda di sini tak hanya bisa menikmati masakan ini sebagai lauk tetapi juga dinikmati dengan potongan lontong atau ketupat sebagai menu komplet untuk sahur. Jangan lupa kerupuk udang, bawang goreng, sambal dan Bango kecap Manis.

Di lain kesempatan anda bisa mencoba opor ayam Jawa yang tak kalah praktris dibuat di rumah. Dengan tambahan kecap manis maka masakan apa saja bisa divariasikan menghasilkan cita rasa yang luarbiasa lezat.

Resep Praktis Memasak Opor Daging Sapi

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :

  • 500 daging sapi bagian sengkel potong dadu 4 cm
  • 1200 ml air
  • 200 gram labu siam potong korek api
  • 2 bungkus Bango Bumbu Opor Ayam Khas Cepu
  • 65 ml santan instan
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Cara memasaknya :

1/ Panaskan minyak, tumis lengkuas,serai, daun salam dan daun jeruk hingga mengeluarkan aroma harum. Lalu masukkan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Opor Ayam Khas Cepu sambil diaduk pelan-pelan.

2/ Masukkan daging sapi, aduk-aduk lagi hingga berubah warna. Tuang air, masak hingga daging setengah empuk.

3/ Masukkan labu siam dan santan, masak sambil sesekali diaduk-aduk hingga daging menjadi empuk.

4/ Selagi panat angkat dan sajikan.

Selamat memasak.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel