Beberapa Ragam Makanan Ringan Khas Indonesia Siap Nemenin Waktu Santai Anda

9 May 2022 12:00 1097 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa Ragam Makanan Ringan Khas Indonesia Siap Nemenin Waktu Santai Anda

Makanan ringan adalah salah satu jenis panganan yang banyak diburu oleh kelompok remaja di Indonesia lantaran bisa difungsikan sebagai pengganjal rasa lapar sekaligus pelengkap hidangan utama. Ada beberapa jenis camilan dari berbagai daerah di penjuru Nusantara yang populer hingga mancanegara meskipun memiliki tampilan yang sederhana namun cita rasa yang ditawarkan cocok di lidah banyak orang termasuk turis asing. Ini akan memudahkan anda untuk menemukan dan sekaligus menikmati makanan ringan tersebut tanpa harus mengunjungi daerah asalnya. Selain berfungsi sebagai camilan, jenis makanan ringan ini juga bisa dijual guna memperoleh penghasilan tambahan. Ada beberapa jenis camilan tertentu mampu meraup omzet jutaan setiap bulannya. Lantas apa saja camilan yang sayang jika dilewatkan begitu saja ? Berikut adalah sejumlah rekomendasi yang kami berikan tersebut di bawah ini. 

1/ Basreng

Basreng adalah bakso goreng yaitu salah satu camilan yang saat ini keberadaannya banyak digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Berbahan dasar bakso yang terbuat dari campuran ikan laut, bumbu dan tepung kanji, basreng bentuknya diiris tipis-tipis sebelum digoreng garing. Umumnya basreng mempunyai tekstur yang halus dan lembut di bagian dalam kaya akan cita rasa bumbu beragam rempah. Basreng pas dimakan secara langsung sebagai kudapan dengan tambahan saos sambal atau sebagai topping mie ayam. Di kota-kota besar seperti Surabaya beberapa penjual basreng menjadikan camilan ini sebagai keripik yang mempunyai tekstur garing dan kriuk ketika dimakan. Untuk bisa menikmati sebungkus keripik basreng anda bisa membelinya di warung-warung, toko online atau minimarket dan pasar tradisional. Sementara basreng basah bisa dengan mudah ditemukan di kios-kios jajanan maupun pedagang kaki lima.

2/ Mie Lidi

Ada cukup banyak sumber yang menyebut bahwa makanan yang satu ini berasal dari Tiongkok. Meskipun demikian, ternyata panganan yang satu ini terinspirasi dari makanan Jepang yaitu mie Jepang tepatnya mie somen yang dibuat dari tepung gandum. Mie lidi merupakan salah satu makanan pedas yang menjadi camilan anak-anak SD di era 90-an hingga awal tahun 2000-an. Mie lidi terbuat dari tepung terigu yang dicetak dengan diameter sangat kecil dimana pada zaman dulu, mie lidi hanya menawarkan dua rasa saja yaitu rasa asin dan pedas. Sejak kembali eksis, mie lidi hadir dengan beragam cita rasa mulai dari rasa original, pedas, keju, pedas manis, balado, jagung hingga BBQ. Selain dijual oleh pedagang kaki lima dengan menggunakan gerobak, mie lidi juga dijual dalam bentuk kemasan bermerek di beberapa mall dengan harga yang agak mahal.

3/ Somay

Somay adalah salah satu makanan ringan yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Siomai berasal dari makanan khas Tiongkok yang dikenal dengan istilah shaomai dalam Bahasa Mandarin atau siumaai dalam Bahasa Kanton. Somay kerap dihubungkan dengan dim sum meskipun keduanya memiliki perbedaan besar. Somay dibaut dengan memakai kulit pangsit yang isiannya terdiri dari daging ikan yang sudah dihaluskan atau dicincang lembut kemudian diberi bumbu penyedap dan rempah-rempah. Inilah yang memunculkan aroma wangi dan rasa enak dari makanan ini. Berbeda dengan dim sum yang menggunakan aneka daging sebagai isian seperti sapi, ayam, ikan dan kepiting. Sekilas, isian dim sum lebih menarik tetapi aromanya tidaklah sekuat somay. Untuk memberikan hasil yang maksimal, somay disajikan bersama dengan irisan kentang, kol segar, tahu bakso dan telur rebus serta bumbu kacang dan perasan jeruk limau. Somay mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia namun yang paling menonjol adalah somay Bandung.

4/ Keripik Pisang 

Dulunya keripik pisang hanya ditemukan di daerah pedesaan saja. Namun saat ini keripik pisang justru menjadi salah satu peluang usaha bisnis kecil-kecilan yang memiliki potensial besar untuk berkembang. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari bahan utama adalah pisang mentah yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng dan diberi bumbu penyedap. Rasanya gurih, juga tersedia dalam rasa manis gula Jawa, rasa pedas manis, pisang keju, BBQ hingga green tea. Anda bisa mendapatkan keripik pisang di pedagang kaki lima, pasar-pasar tradisional maupun mall-mall.

5/ Batagor

Camilan yang tercipta oleh Kang Isan ini akibat ketidaksengajaan yang selanjutnya menjadi favorit masyarakat Indonesia. Batagor terbuat dari bahan dasar berupa tahu dan bakso (campuran kanji dengan ikan tenggiri) yang disajikan dengan bumbu kacang serta perasan jeruk limau. Teksturnya kenyal dengan rasa gurih manis dan pedas sangat nikmat disajikan dalam suasana apa pun. Bahkan tak sedikit orang yang menikmati batagor dengan sepiring lontong atau ketupat.

6/ Tahu Kremes

Jika anda bosan menyantap tahu biasa maka sekali waktu cobalah mencicipi tahu kremes. Camilan ini terbuat dari tahu yang dibalur dengan campuran tepung terigu, maizena, bawang putih, kaldu, sedikit air dan garam. Meskipun terlihat sederhana, tahu kremes menawarkan rasa gurih yang akan membuat anda ketagihan untuk menyantap lebih dari sebiji. Sangat cocok dinikmati bersama dengan semangkok bakso atau mie ayam dan segelas teh manis.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel