Inilah Rekomendasi Dessert Enak Pelengkap Makanan Berat

28 Apr 2022 16:00 1959 Hits 4 Comments Approved by Plimbi

Inilah Rekomendasi Dessert Enak Pelengkap Makanan Berat

Apakah anda adalah pecinta ragam makanan dessert internasional ? Jika iya, maka berburu dan menyantap salah satu hidangan ini pastilah menjadi tujuan utama saat anda melakukan wisata ke suatu negara. Apalagi masing-masing negara pastilah mempunyai dessert andalan yang populer di mancanegara. Nah berikut ini adalah ulasan tentang beberapa dessert favorit dari berbagai negara di dunia.

1/ Waffle dari Belgia

Yang dimaksud dengan waffle atau wafel adalah salah satu dessert yang dihidangkan saat sarapan pagi dengan sirup maple, madu atau pasta cokelat sebagai toppingnya. Di negara asalnya di Belgia, wafel disajikan dengan tambahan berupa potongan buah stroberi segar atau petikan daun mint. Saat ini jajanan yang satu ini sudah mulai banyak ditemukan dihampir semua negara tetapi wafel Belgia memiliki ciri khas tersendiri. Wafel Belgia diolah dengan menambahkan ragi sehingga menghasilkan tekstur lembut di dalam dan renyah di luar ketika anda mengunyahnya. Untuk membuat wafel khas Belgia anda membutuhkan cetakan khusus yang digunakan untuk menghasilkan wafel-wafel yang cantik. Adonan dasarnya dibuat sehari sebelumnya dan dibiarkan semalaman agar hasilnya menjadi lebih empuk dan ringan.

2/ Cheese Cake dari Amerika Serikat

Jauh sebelum cheese cake asal Jepang populer di dunia, versi Amerika menjadi salah satu dessert terfavorit semua orang di dunia. Rasa khas cheese cake ala orang AS ini adalah creamy yang menyebabkan banyak dessert selanjutnya tercipta terinspirasi dari cheese cake AS ini yang menghasilkan rasa dessert rata-rata lezat meskipun sudah menjadi salah satu variannya. Bahkan saat ini di kafe-kafe gaul sering ditemukan camilan seperti es krim, keripik bahkan minuman dengan menyuguhkan rasa cheese cake khas AS dimana kelezatannya sudah melegenda berasal dari adonan krim keju, gula serta vanili (untuk cake, yang dituang ke dalam Loyang berlapis remukan biskuit dan lelehan mentega). Tart keju ini umumnya disajikan dengan topping buah segar di atasnya seperti stroberi, anggur shine muscat, pisang, jeruk atau melon.  

3/ Crème Brulle dari Perancis

Crème brulle atau krim gosong adalah salah satu makanan dessert asal Perancis yang saat ini cukup populer di dunia. Krim ini terbuat dari custard (semacam puding susu dan telur ayam) yang dilapisi dengan gula merah karamel yang telah mengeras. Jajanan ini pada umumnya disajikan dalam keadaan dingin agar memiliki tekstur yang tidak mudah rusak. Bentuknya unik adalah hasil dari teknik memasak yang dilakukan secara khusus. Setelah custard matang dan dituang ke dalam mangkok saji, beri gula merah di bagian atasnya lalu bakar adonan beserta gula dengan kompor khusus sehingga membentuk karamel. Agar teksturnya tetap padat, dinginkan krim brulle selama beberapa menit sebelum dinikmati. Rasanya manis seperti puding tetapi bertekstur legit dari karamel gula merah yang menyebabkan sajian ini banyak memiliki peminat. Crème brulle umumnya disajikan setelah makan malam atau sebagai dessert jamuan istimewa.

4/ Mochi dari Jepang

Kue mochi identik dengan perayaan tahun baru dan tradisi Mochitsuki yang dilakukan oleh warga Jepang. Mochi dibuat dari beras ketan yang ditumbuk bersama sedikit air dan beberapa campuran bahan-bahan lain sampai menjadi adonan lembut dan lengket. Selanjutnya adonan dibentuk bulat-bulat lalu di dalamnya diberi isian pasta kacang tanah yang rasanya manis dan legit. Selain direbus, mocha biasa diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Inilah mengapa variasi mocha yang dijual di toko-toko kue dan restoran di Jepang variasinya sangat beragam. Masing-masing penjual mempunyai keunikan seperti salah satunya yang paling ngetop di Jepang adalah Sato Shoyu Mochi yang disajikan dengan tambahan menu pelengkap berupa sirup gula dan kecap asin sehingga terciptalah rasa manis dan gurih yang menggugah selera.

5/ Dadar Gulung dari Indonesia

Dessert terekomendasi yang terakhir adalah berasal dari dalam negeri yaitu dadar gulung. Pancake asli Indonesia ini termasuk salah satu dessert favorit turis asing di beberapa negara. Sebagai pendamping makanan berat, dadar gulung terbuat dari campuran tepung beras yang telah diberi sedikit gula, santan kental dan larutan pandan warna hijau. Adonannya lalu didadar di atas api kecil. Setelah dingin dadar diberi taburan kelapa parut dicampur dengan sirup gula aren lalu digulung cantik. Anda bisa menghias kulitnya dengan guntingan daun pandan agar terlihat cantik atau toping dari potongan buah-buahan segar. Seiring dengan perkembangan zaman, isian dadar gulung pun berkembang. Saat ini anda bisa menikmati jajanan tersebut dengan variasi isian seperti fla, keju atau cokelat. 

Jadi manakah makanan dessert favorit anda ? Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel