Masakan Penggugah Selera Makan, Ayam Saus Mentega

28 Apr 2022 14:00 1290 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Masakan Penggugah Selera Makan : Ayam Saus Mentega

Resep daging ayam yang dibalur dengan saos mentega ini adalah salah satu masakan yang dibuat dengan mudah dan cepat dengan hasil yang dijamin enak. Namun sebelumnya, apakah anda memperhatikan bahwa selalu saja ada pertanyaan menarik untuk resep-resep apapun yang berhubungan dengan mentega. Biasanya pertanyaan itu dimulai dari apa beda mentega dengan margarin ? Benarkah ada perbedaannya ? Rata-rata akan memberikan jawaban serupa yaitu diantara keduanya tidak ada perbedaan. Padahal dari nama resep ayam saos mentega saja sudah spesifik apa yang bakal digunakan sebagai bahan utama.

Untuk orang awam yang jarang memasak pastilah berpikir bahwa antara mentega dengan margarin tidak berbeda namun ternyata ini salah besar. Nah jadi apa bedanya ? Meskipun tujuan memasaknya mirip tetapi perbedaan keduanya sangat mendasar yaitu dari asal dan usul. Mentega atau dikenal dengan istilah butter dalam Bahasa Inggris berasal dari susu sapi atau krim meskipun kadang-kadang susu bisa diganti dari hewan yang lainnya seperti susu kambing atau susu kerbau yang juga bisa dibuat menjadi mentega. Memiliki warna yang agak gelap dibandingkan margarin, mentega mempunyai rasa dan tekstur yang berbeda-beda. Sedangkan margarin menggunakan bahan dasar dari minyak nabati. Margarin mengandung garam, air dan kadang-kadang ada sedikit kandungan susu. Dari sisi rasa, mentega jauh lebih sedap daripada margarin. Tentu saja ini berpengaruh besar ke harga, mentega pastinya lebih mahal. Mentega banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah menjaga kesehatan kulit, membantu pertumbuhan otak anak dan memerahkan serta melembabkan bibir. Maka dari itu disarankan untuk memasak dengan memakai mentega saja.

Resep Praktis Memasak Ayam Saus Mentega

Bahan utama yang diperlukan adalah :

  • 300 dada ayam potong menjadi 6 bagian
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • Minyak sayur secukupnya saja

Bahan saos mentega :

  • 3 sdm mentega
  • 1 buah bawang bombay iris tipis-tipis
  • 1 sdm Bango Kecap Manis
  • 1 sdm kecap Inggris
  • 1 sdt kecap asin
  • ¼ sdt lada putih bubuk

Cara membuatnya :

1/ Dalam mangkok bersih lumuri daging ayam dengan air perasan jeruk nipis. Lalu tambahkan bawang putih dan garam. Aduk hingga rata dan diamkan selama 10 menit.

2/ Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng ayam sampai matang dan berwarna kecokelatan lalu angkat dan tiriskan.

3/ Selanjutnya tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga harum dan agak layu.

4/ Tambahkan mentega, Kecap Manis Bango, kecap Inggris, kecap asin dan lada putih bubuk, aduk-aduk hingga tercampur rata.

5/ Masukkan daging ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan berisikan saos mentega lalu aduk-aduk rata dan masak hingga bumbu benar-benar meresap.

6/ Ayam saos mentega sudah siap untuk disajikan. Jangan lupa untuk tambahkan Kecap Manis bango sesuai dengan selera anda.

Apapun yang anda mask di rumah berasal dari jerih payah dan niat tulus anda untuk menghidangkan makanan maka akan bermanfaat untuk diri sendiri dan juga seluruh keluarga.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel