Sudah Pernah Icip Lezatnya Makanan Khas Riau ?

27 Apr 2022 16:00 1322 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Sudah Pernah Icip Lezatnya Makanan Khas Riau ?

Setiap kali berkunjung ke tempat-tempat yang baru, salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan adalah menjajal kulinernya. Apakah anda pernah melakukan kegiatan berlibur dengan mengunjungi Provinsi Riau, ada banyak makanan khas Riau yang bisa anda coba, dimana makanan di sini kental sekali hubungannya dengan kultur budaya masyarakat yang cenderung dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu termasuk makanannya. Penasaran ? Yuk simak rekomendasi makanan khas Nusantara yang berasal dari Riau berikut ini.

1/ Gulai Ikan Patin

Ini adalah rekomendasi makanan khas Riau yang pertama wajib untuk dicoba terutama saat anda hendak bersantap makan siang atau pada malam hari. Makanan khas yang satu ini biasa ditemukan di hampir seluruh rumah makan di Riau. Bahan dasarnya adalah ikan patin yang digulai dengan kuah santan kental berwarna kuning pekat. Biasanya gulai ikan patin khas Riau ini disajikan dengan sepiring nasi hangat atau potongan kentang dan ubi rebus. Anda bisa mencoba gulai ikan patin lezat ini di Pondok Patin HM Yunus, Pekanbaru di Jalan Kaharudin Nasution No. 1. Seporsi dihargai Rp. 40.000.

2/ Nasi Lemak

Pada saat bertandang ke Riau untuk pertama kalinya, jangan lupa mampir di kedai makan yang menjual hidangan berupa nasi lemak yang sangat cocok dijadikan sebagai menu saat sarapan pagi. Makanan ini bercita rasa khas berasal dari nasi pulen yang diolah dengan campuran jus pandan dan santan kental sehingga mengeluarkan aroma yang menggugah selera makan anda. Nasi lemak biasanya disajikan dengan beberapa jenis lauk pendamping seperti telur balado, rendang, ikan teri goreng, daging berbumbu kecap dan tempe goreng manis. Cobalah mampir ke Warung Merry di Kecamatan Senapelan, Pekanbaru guna menikmati kelezatan nasi lemak. Kisaran harganya adalah Rp. 17.000 sampai dengan Rp. 25.000.

3/ Mie Lendir

Makanan khas Riau yang ketiga adalah diberi nama mie lendir. Dinamakan demikian karena sajian ini adalah berupa mie yang disiram dengan kuah kacang kental. Rasanya bikin ketagihan. Mie lendir terbuat dari bahan utama mie kuning yang dicampur dengan potongan cabe rawit, taoge dan telur rebus. Mie lendir bisa ditemukan dengan mudah hampir di setiap rumah makan di Riau dimana paling pas dinikmati saat sedang musim hujan atau saat cuaca sedang dingin.

4/ Sup Tanjung

Makanan khas Riau yang keempat adalah paling banyak diincar oleh para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Riau karena rasanya sangat menyegarkan terutama ketika disantap setelah menempuh perjalanan panjang dan anda merasa kelelahan. Sup Tanjung dibuat dari tulang kaki sapi yang masih menyisakan daging disajikan dengan irisan tomat setengah matang, potongan wortel dan kentang. Bagi anda yang menyukai sensasi gurih dari campuran rempah-rempah di dalamnya maka sangat tepat memilih seporsi makanan ini. Ada banyak pelanggan yang datang ke Restoran Sup Tanjung Pertama M1 di Pekanbaru guna bisa menikmati semangkok segarnya sup ini yang seporsi dijual seharga Rp. 30.000.

5/ Gulai Belacan

Gulai Belacan adalah salah satu hidangan yang bahan utamanya terbuat dari udang besar segar yang diolah dengan bumbu khas dan kuah santan yang sangat kental. Bumbu gulai belacan ini terdiri dari campuran beberapa rempah seperti lada, asam Jawa dan juga keniri. Udang yang digunakan untuk bahan utama gulai ini diambil dari air tawar maupun air laut. Anda hanya cukup merogoh kocek mulai Rp. 15 ribu sudah dapat menikmati semangkok gulai belacan terenak di Riau yaitu di RM Depo Senah tepatnya di Jalan Thamrin No. 76 Riau.

6/ Cincalok

Makanan khas Riau yang terakhir adalah cincalok. Hidangan ini dibuat dari udang berukuran kecil yang sebelumnya mengalami proses fermentasi. Caranya adalah udang dicuci dengan air laut yang bersih selanjutnya dicampur dengan garam dan didiamkan dalam wadah tembikar lalu ditutup selama 30 hari. Cincalok biasa disajikan dengan sambal terasi atau ikan asin dan bisa menjadi menu pendamping paling nikmat untuk dimakan dengan sepiring nasi putih hangat. Jangan ragu untuk mencicipi cincalok paling enak di Riau yakni ada di Toko Wan Hua yang berlokasi di daerah Pekanbaru (Pasar Mitra Raya-Batam Center). Kisaran harganya mulai dari Rp. 20.000 per pack.

Selamat mencoba.

Tags Wisata

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel