Suka Masakan Pedas ? Ini Rekomendasi yang Wajib Anda Coba

26 Apr 2022 16:00 1111 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Suka Masakan Pedas ? Ini Rekomendasi Yang Wajib Anda Coba

Seperti diketahui bahwa Indonesia adalah salah satu surga bagi para penikmat makanan pedas. Tersedia mulai dari makanan berat hingga beragam camilan yang memberikan sensasi pedas dari cabai maupun lada kerap hadir untuk meramaikan sensasi tersendiri di mulut. Kuliner serba pedas ini tersebar di berbagai penjuru Nusantara. Nah kalau anda sedang ingin mencicipi sensasi meledak-ledak rasa pedas di mulut dan bingung menentukan pilihan, berikut di bawah ini beberapa rekomendasi yang mudah ditemukan.

1/ Seblak

Makanan ini asalnya dari daerah Pasundan yang saat ini semakin banyak ditemukan di daerah-daerah lainnya di Indonesia. Seblak menjadi salah satu camilan pedas yang mampu mengenyangkan perut dan sangat digemari oleh kawula muda. Seiring dengan berkembangnya zaman, seblak yang awalnya adalah merupakan salah satu masakan tradisional bertransformasi menjadi kudapan modern. Bahan utama seblak adalah kerupuk basah yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi sajian yang memiliki tekstur kenyal. Sebagai isian tambahan adalah dicampur dengan beberapa sayuran segar dan bahan lainnya yang menjadi sumber protein seperti telur, daging sapi atau daging ayam. Untuk menyesuaikan dengan selera konsumen kekinian, banyak penjual seblak yang memodifikasi masakan ini dengan menambahkan sosis, keju dan yang lainnya.  

2/ Plecing Kangkung

Jika anda sedang ingin makan sayuran yang memiliki cita rasa super pedas maka cocok sekali jika mencicipi plecing kangkung dengan sepiring nasi hangat dan ditemani dengan lauk seperti daging ayam bakar. Ini adalah salah satu makanan khas warga Lombok di Nusa Tenggara Barat yang menyuguhkan menu segar dan super pedas yang tak main-main. Plecing kangkung terdiri dari sayur kangkung rebus dan sambal cabai tomat terasi yang disiramkan di bagian atas kangkung. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan dengan taburan kacang tanah digoreng atau ikan teri. Meskipun terlihat sederhana namun sensasi sambal plecing dengan bumbunya yang sangat khas ini tak akan membuat anda lupa diri untuk makan hingga tiga kali.

3. Ayam Rica-Rica

Masakan super pedas yang satu ini berasal dari Kota Manado di Sulawesi Utara yang sudah sangat populer di seluruh Nusantara. Saat ini sudah ada banyak tempat makan yang menawarkan menu utama berupa ayam rica-rica. Di daerah asalnya sendiri selain menjadi makanan yang lazim dijumpai sehari-hari, ayam rica-rica juga merupakan salah satu sajian khas wajib ada saat malam perayaan Natal. Rica-rica berasal dari Bahasa Manado yang memiliki makna pedas atau cabai. Untuk mendapatkan cita rasa pedas yang khas, bumbu rica-rica biasanya menambahkan cabai merah atau cabai hijau, bawang putih, bawang merah, gula dan garam yang ditumbuk kasar. Sebagai penyeimbang dan pelengkap, saat ini ayam rica-rica diberi tambahan sayuran segar seperti irisan mentimun, kol segar lalu ditaburi dengan bawang merah.

4/ Dendeng Balado

Anda beralih ke kuliner khas Sumatera Barat, di sini ada satu masakan pedas yang sangat populer di seluruh Nusantara karena banyak yang menyukai yaitu dendeng balado adalah pilihan makanan bercita rasa pedas namun lezat di lidah. Dendeng sendiri merupakan salah satu sajian yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis-tipis dan lebar lalu dilumuri bumbu khusus dan dijemur hingga kering barulah bisa digoreng dan disajikan. Selain dijadikan sebagai bumbu balado, dendeng juga bisa diolah menjadi dendeng lambok, dendeng baracik dan dendeng batokok. Dendeng balado cocok menjadi teman makan nasi putih hangat. Sangat mudah menjumpai dendeng balado di seputaran daerah Sumatera Barat ini terutama di pasar-pasar tradisional dan tepat difungsikan sebagai oleh-oleh.

5/ Bubur Pedas

Yang terakhir adalah bubur pedas merupakan salah satu alternatif makanan pedas berikutnya yang berasal dari Kalimantan tepatnya di daerah Sambas, Kalimantan Barat. Dulunya makanan yang berasal dari Suku Melayu ini adalah makanan yang hanya diperuntukkan untuk keluarga para raja dan bangsawan dimana hanya dimasak pada acara-acara adat atau acara yang sangat sakral. Dalam membuat bubur pedas, beras terlebih dahulu ditumbuk hingga menjadi halus. Selanjutnya sebagai pelengkap ditambahkan aneka bumbu rempah dan sayuran seperti kangkung, pakis dan daun kesum. Lebih nikmat jika disantap dengan taburan bawang goreng, ikan teri, kacang tanah goreng, jeruk nipis dan kecap manis pedas.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel